Senin, 27 Oktober 2014

Barnum Effect - Forrer Effect - Efek Barnum

 
Kamu adalah Apa yang Kamu Percaya
Paulo Coelho

Bagi sebagian besar orang, istilah Barnum Effect mungkin masih sangat asing, apalagi Forrer Effect. Sebenarnya apa sih yang dimaksud hal tersebut?

Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan istilah di atas, tetapi saya yakin anda sudah familiar dengan ramalan, horoskop, shio, fengshui, tarot, dan sejenisnya. Apa hubungan hal tersebut dengan istilah ilmiah cabang psikologi ini?

Sebenarnya sebagian besar bentuk ramalan, membaca karakter ataupun sejenisnya adalah manipulasi psikologi. Ya, ini realita bahwa sebagian besar hal tersebut sebenarnya apa yang kita sebut Barnum Effect.

Efek Barnum atau Efek Forrer adalah manipulasi pikiran berupa kata-kata yang ditunjukan pada seseorang berdasarkan sesuatu (ramalan,horoskop,shio,feng shui,dsb) yang pada dasarnya kata-kata tersebut berlaku pada sebagian besar orang.

Efek Barnum ini membuat otak kita memikirkan hal di masa lalu yang berkaitan tentang ramalan yang kita baca/dengarkan padahal sebagian besar orang akan mengalaminya. Saat kita telah teringat kejadian itu, akhirnya kita mempercayai ramalan tersebut, padahal kita cuma mengingat kejadian yang telah berlalu, itulah Barnum Effect.

Penjelasan Resminya adalah sebagai berikut :

Efek Barnum atau dikenal juga dengan nama Efek Forer merupakan teori yang berdasar pada observasi Phineas Taylor Barnum bahwa semua manusia memiliki beberapa kesamaan, yang kemudian dibuktikan melalui demonstrasi psikolog Amerika, Bertram R. Forer.

Efek Barnum sendiri merupakan sebuah manipulasi psikologis dimana variabel-variabel yang sebenarnya berlaku secara umum pada setiap orang dimanipulasi dalam cara agar kondisi tersebut terlihat seolah-olah berlaku khusus untuk orang tersebut secara pribadi.

Singkatnya, Efek Barnum adalah kecenderungan dimana orang-orang mengatakan suatu ramalan kepribadian mereka tepat, yang pada kenyataannya kepribadian tersebut tidaklah spesifik dan dapat diterapkan ke semua orang.

Hal ini didukung dengan demonstrasi yang dilakukan oleh R. Forer terhadap 39 muridnya.

DEMONSTRASI YANG DILAKUKAN BERTRAM R. FORER

demonstrasi forer

Pada tahun 1984, ia memberitahukan murid-muridnya bahwa mereka akan mendapatkan analisis kepribadian berdasar pada hasil tes dan mereka akan mengatakan seberapa akurat hal tersebut dalam rentang 0-5. Yang tidak diketahui murid-muridnya adalah masing-masing dari mereka mendapatkan analisis yang sama, yakni:
  1. Anda merasa perlu untuk disukai dan dikagumi orang lain, tapi pada saat yang sama Anda juga cenderung kritis terhadap diri Anda.
  2. Anda mempunyai kapasitas besar terpendam yang sebenarnya bisa Anda kerahkan demi kesuksesan Anda
  3. Meski Anda memililiki sisi lemah dalam kepribadian, tapi Anda biasanya berhasil untuk mengkompensasinya
  4. Dari luar Anda terlihat sebagai seseorang yang berdisiplin dan percaya diri, namun di dalam Anda adalah seorang yang was-was dan tidak percaya diri
  5. Terkadang Anda memiliki keraguan serius apakah Anda sudah membuat keputusan atau sudah bertindak benar atau tidak
  6. Dalam kapasitas tertentu, Anda lebih memilih sesuatu yang berbeda dan merasa gusar dengan kekangan dan pembatasan
  7. Anda merasa bangga menjadi seorang pemikir independen dan tidak pernah menerima pernyataan orang lain tanpa alasan yang memuaskan
  8. Anda juga menilai tidak bijaksana jika terlalu jujur dalam mengungkapkan diri terhadap orang lain
  9. Terkadang Anda adalah seorang agresif, ramah dan sosial, ada pula kalanya tertutup, waspada dan pendiam
  10. Terkadang apa yang Anda inginkan tidak begitu realistis
  11. Merasa aman dan nyaman adalah sebuah tujuan utama Anda
Apakah setelah Anda membaca ini, Anda merasa ini seperti diri Anda? Ya, ini karena pernyataan di atas adalah pernyataan yang dapat diimplementasikan ke semua orang.

Rata-rata tingkat keakuratan dari analisis ini sendiri adalah 4.26, yang dimana setelah dibandingkan analisis Forer sama persis untuk setiap muridnya. Berikut hasil analisinya.

analisis demonstrasi forer 

Anda mungkin bertanya, lalu apa untungnya mengetahui Barnum Effect. Bagi anda yang belum pernah merasakan hal seperti yang akan saya ceritakan ini, maka bersyukurlah dan jangan pernah terjebak hal tersebut.

Cukup banyak orang yang rela mengeluarkan uang jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta hanya untuk ramalan yang ternyata tidak lebih dari Barnum Effect. Sebagian besar orang yang ikut kegiatan ekstrim seperti pemujaan terhadap supranatural, cult-cult tertentu bahkan kelompok-kelompok spiritual yang bisa saya bilang menyesatkan berawal hanya dari Barnum Effect.

Sebagian besar orang yang telah mengetahui Barnum Effect tidak akan mudah, atau bahkan sangat sulit untuk terpengaruh lagi oleh Barnum Effect, karena sekarang anda telah mengerti cara kerjanya. Semoga hal ini bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)