Selasa, 21 Oktober 2014

Tiga Pertanyaan Kaisar - Leo Tolstoy

http://fc09.deviantart.net/fs70/i/2012/322/5/6/sage_agastya_by_molee-d3c57fd.jpg 
 Kebijaksanaan akan datang bagi orang yang mencarinya

Kisah ini adalah sebuah cerita yang sangat populer sejak dahulu kala. Saya sendiri sudah membaca berbagai versi cerita ini, baik pendek maupun panjang. Cerita karangan Leo Tolstoy ini adalah salah satu kisah terbaik yang tidak pernah saya lupakan.

Dalam kisah Tiga pertanyaan Kaisar yang terbilang cukup pendek ini, tersimpan sebuah kebijaksanaan yang membutuhkan waktu seumur hidup untuk mencarinya. Bagi yang belum pernah membaca, saya sajikan kisah ini dalam bentuk singkat yang saya kutip dari buku Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya dari Ajahn Brahm.


 

Dahulu kala seorang kaisar sedang mencari sebuah falsafah hidup. Dia memerlukan kebijaksanaan sebagai pedoman dan untuk mengembangkan dirinya. Agama dan falsafah yg ada pada saat itu tidak memuaskannya. Jadi dia mencari falsafahnya sendiri melalui pengalaman hidup.

Akhirnya dia menyadari bahwa dia hanya memerlukan jawaban atas tiga pertanyaan mendasar. Dengan tiga jawaban ini, dia akan mendapatkan semua pedoman kebijaksanaan yg diperlukannya. Tiga pertanyaan itu adalah :

1. Kapankah waktu yg paling penting?

2. Siapakah orang yg paling penting?

3. Apakah hal yg paling penting dilakukan?

Setelah melalui pencarian panjang, yg merupakan bagian terpanjang dalam cerita aslinya, akhirnya dia menemukan jawabannya saat mengunjungi seorang pertapa. Menurut anda, apa jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut? Tolong lihat lagi pertanyaaannya. Heninglah sejenak, sebelum anda melanjutkan membaca.

Berikut Jawabannya:
1. Kapankah waktu yg paling penting? Saat ini
2. Siapakah orang yg paling penting? Orang yg sedang bersama kita
3. Apakah hal yg paling penting untuk dilakukan? Peduli.


Aku sendiri pertama kali membaca kisah ini saat bangku SMA, kemudian mendengar kisah ini secara lisan dari beberapa orang berbeda, kemudian pada Buku Si Cacing dan yang terakhir adalah di Buku Legend of Legends, dimana kisah ini di ilustasikan dalam bentuk cerita bergambar.

Tiga Pertanyaan Kaisar sendiri cukup sering kuceritakan pada orang lain, terutama mereka yang masih bingung menjalani hidup.

Kapankah Waktu paling penting? Saat ini, sebagian besar orang sudah tau jawaban ini tetapi belum memahaminya. Begitu banyak orang yang tidak menyadari bahwa waktu yang benar-benar kita miliki adalah saat ini. Kebanyakan dari kita masih sibuk memikirkan masa lalu atau ketakutan akan masa depan. 

Seberapa sering anda berada di satu tempat tetapi pikiran anda berada di tempat lain? Seberapa sering ketika anda harusnya tidur tetapi pikiran anda masih terjebak dengan kejadian-kejadian hari itu?

Dengan kesadaran mampu hidup di saat ini, menyadari pentingnya saat ini. Maka hidup kita akan terbebas dari penyesalan dan ketakutan yang tidak perlu. Ini yang selalu kuingat saat mulai tersesat di masa lalu, atau berusaha menjelajahi masa depan. Aku akan kembali ke saat ini, dimana aku seharusnya berada.

Siapakah orang yang paling penting? Orang yang sedang bersama anda. Ya, orang yang paling penting adalah orang yang saat ini bersama anda, karena apapun yang anda akan lakukan, dialah yang memiliki peranan penting.

Sering kita lihat, ketika seseorang sedang bersama teman-temannya dia masih sibuk memikirkan orang lain. Dewasa ini, kita bisa lihat orang sibuk dengan gadget (Handphone, Tablet, Laptop) mereka saat sedang berkumpul dengan orang lain. Anda pernah bayangan saat anda sedang membutuhkan seseorang, dia ada disamping anda tetapi tidak memberikan perhatian pada anda? Karena itulah orang yang paling penting adalah orang yang sedang bersama kita.

Siapakah orang yang paling bersama kita? Diri kita sendiri, karena itu kita juga harus mencintai dan merawat diri kita sendiri. Berapa banyak orang yang lupa memberikan cinta dan perhatian untuk dirinya sendiri? Apakah anda termasuk salah satunya? Kita harus belajar memberikan cinta untuk diri kita, karena kita pantas mendapatkannya. Agar kita tidak selalu depresi, dan merasa kecil dengan berharap orang lain memberikan hal itu kepada kita.

Kita dapat memberikan diri kita sendiri hal yang pantas kita dapatkan. Mulailah menghargai diri sendiri.

Perbuatan apa yang paling penting? Peduli. Sederhana, tetapi di masa modern ini sangat sulit di dapatkan. Kapan terakhir kita benar-benar peduli dengan orang lain? Benar-benar meluangkan waktu dan pikiran kita untuk orang lain? Atau bahkan untuk diri sendiri?

Dengan peduli kita dapat mengubah dunia, membawa kebahagiaan dan kebaikan di dunia ini. Peduli kepada diri sendiri juga adalah hal yang sangat penting dan seringkali kita lupa akan hal itu.

Kisah Leo Tolstoy ini, benar-benar telah menjadi bagian dari hidupku. Kuharap, ini juga berarti untuk kalian yang membacanya.

* Ilustrasi Petapa di atas adalah Petapa Agastya, penemu bela diri pertama di dunia Kalaripayattu dan Bahasa Tamil, Beliau juga dipercaya masih hidup hingga sekarang

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)