Sabtu, 01 November 2014

Diary : I'm B Gata

 
My Life, My Rule - One Rule is to be Happy
 
Hari ini aku baru menyelesaikan naskah novel keduaku yang berjudul Clown. Tadinya mau nulis beberapa hal, tetapi akhirnya kutunda untuk besok saja.
 
 
 
I'm B Gata memiliki arti Aku tipe B. Maksudnya tipe B? Golongan Darahku B maksudnya. Golongan darah diyakini adalah satu faktor yang membangun karakter seseorang, karakter yang dimaksud disini adalah karakter dasar manusia.

Apa benar karakter manusia dibentuk oleh shio, zodiak, bulan lahir, golongan darah? Sebenarnya iya, sampai cukup jauh hal itu benar. Saya telah mempelajari metafisika, ilmu tafsir dan sains, dan juga telah melakukan studi kepada banyak orang tentang kebenaran hal ini.

Sebenarnya setiap manusia memiliki karakter dasar, atau karakter lahir yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Mengapa seiring berjalannya waktu, ketika orang semakin dewasa mereka semakin merasa hal-hal seperti ini tidak tepat atau bahkan hanya bohong belaka.

Hal itu disebabkan karena karakter orang yang berkembang, sekitar hampir 30% orang memiliki karakter yang statis atau tidak berubah sama sekali dari karakter dasarnya hingga usia 17 tahun, sedangkan di atas usia tersebut, hanya kurang dari 2% yang tidak mengalami perubahan berarti. Orang seperti ini biasanya ketika bertemu dengan teman yang sudah bertahun-tahun berpisah, komentar pertamanya adalah, "Kamu itu dari dulu tidak pernah berubah ya, masih begini saja."

Di antara semua jenis faktor pembentukan karakter yang kita kenal, Zodiak adalah yang paling populer, berkat horoskopnya, tetapi apa yang sebenarnya paling menentukan karakter seseorang? Kebanyakan orang menjawab lingkungannya. Tepat sekali, karena jawaban itu secara tidak langsung mengatakan bahwa golongan darah adalah faktor terbesar.
 
Lho kok bisa demikian? Jawabannya sangat mudah, berbeda dengan zodiak dan shio yang berjumlah 12, sama dengan bulan lahir. Golongan darah hanya ada 4, sehingga cakupannya menjadi lebih sempit dan sederhana. Pengaruh lingkungan yang paling besar bukan? Pernah dengar karakter orang tua menurun ke anak, itu ada benarnya. Seorang anak pasti akan mengikuti golongan darah salah satu orang tuanya, dan ada hal yang tidak berubah dari karakter orang sesuai golongan darahnya, yaitu dalam merawat anak-anaknya.

Setiap golongan darah memiliki cara merawat anak yang sangat unik, ini yang membuat golongan darah menjadi faktor kuat membangun karakter.

Saya sendiri terlahir dengan golongan darah B dari Ibu berdarah 0 dan Ayah berdarah B. Zodiakku adalah Leo, dengan perlindungan shio Kambing. Jika anda mempelajari cukup banyak bidang keilmuan ini, anda akan melihat bahwa saya orang yang sangat santai di dunia, sekaligus paling meledak-ledak. Saya tumbuh dengan kepribadian Koleris. Hingga tahun 2010 saya adalah orang yang sangat membutuhkan Anger Management, sampai saya menciptakan Anger Management untuk diri saya sendiri.

Setelah saya mempelajari berbagai keilmuan, dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan, karakter saya perlahan berubah. Saya belajar untuk membangun ulang karakter kita sendiri.

Berkat pembelajaran dan praktik bertahun-tahun, saya berhasil menutupi kekurangan-kekurangan seorang Leo, memperbaiki cara kerja mereka yang lahir dibawah Shio Kambing, dan juga menguasai ke empat kepribadian. Saya bisa mengatur diri saya menjadi seorang Sanguin, Melankolis, Koleris maupun Plegmatis tergantung kondisi dan situasi.

Hal ini membuat saya menyadari bahwa potensi kemampuan manusia sebenarnya sangat besar, tetapi setelah saya berhasil membuat semua itu, justru karakter keseharian saya menjadi lebih menonjol sesuai dengan golongan darah B. Riang, Santai, Individualis menjadi ciri keseharian saya, dan saya merasa bahagia dengan keadaan itu, saat itulah saya merasa menjadi diri saya sendiri seutuhnya.

Ilustrasi di atas diambil dari komik korea tentang golongan darah yang dibuat Realcrazyman, Ini salah komik paling populer di dunia internet, saya yakin sebagian besar sudah pernah membacanya. Bagi kalian yang ingin memasang gambar kartun golongan darah kalian di blog atau sebagai profil sosial media, saya lampirkan keempat karakter yang ada. A-Gata-kun, B-Gata-kun, O-Gata-kun, dan AB-Gata-kun
 
 
 
 
 

 
 
 
 

8 komentar:

  1. Hai, thanks sudah camper di blogku beberapa waktu yang lalu. ^^ Saran yang bagus. I tried but it's never be easy. Aku juga penulis, tapi jarang update blog.

    Blogmu keren banget. Rajin sekali isinya. Hehehe.

    BalasHapus
  2. Semoga jadi lebih mudah dalam menulis ya, Terimakasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  3. halo salam kenal, terimakasih telah berkunjung ke blog saya.
    Blognya menarik isinya, semangat!!
    Kebetulan saya juga B, menarik ulasannya :)

    BalasHapus
  4. Makasih sudah berkunjung balik Hildha :D

    Kamu juga semangat ya :D

    BalasHapus
  5. aku AB :3
    makanya kadang kayak hidup di dunianya sendiri gitu .-.
    ngebahas tentang efek barnum, yang kayak gini bisa terpengaruh sama efek itu nggak sih? apa aja yang bisa dibilang terpengaruh sama efek barnum itu?

    BalasHapus
  6. Efek barnum itu jika seseorang percaya pada satu kondisi tunggal, artinya sifat kamu hanya dipengaruhi oleh satu kondisi saja dalam hal ini gol. darah. Padahal karakter seseorang dipengaruhi sangat banyak faktor seperti genetika, zodiak, shio, tanggal lahir, lingkungan dan masih banyak lagi. :)

    BalasHapus
  7. Makasih sudah meninggalkan jejak di blog ku.
    Salam kenal.
    O ya ternyata kita sama ya. Aku juga golongan darah B, Shio Kambing, Zodiac Leo.
    Tapi, sepertinya lebih ke kepribadian campuran Melankolis-Sanguis
    Dan memang benar golongan darah lebih berpengaruh.

    BalasHapus
  8. Salam kenal juga Harumi :)

    Iya lebih sering golongan darah berperan kuat

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)