Minggu, 02 November 2014

KEPO - Knowing Every Particular Object

 
Mengetahui adalah langkah untuk mengerti dan memahami

"Kepo banget sih kamu?" Pernah dengar kalimat seperti itu? Kepo adalah salah satu istilah gaul atau bahasa slang yang ada di Indonesia. Sebenarnya apa sih arti Kepo dan asalnya?


Saya masih ingat waktu pertama kali seorang teman menanyakankan pada saya, "Ron kamu tau arti Kepo?" Saat itu adalah tahun 2006, belum sepopuler sekarang istilah Kepo tersebut.

Ketika itu saya menjawab bahwa KEPO adalah Knowing Every Particular Object, artinya mengetahui semuanya. Ini dimaksudkan seseorang yang menguasai suatu bidang tertentu, yang benar-benar mengetahui bidangnya, singkatan ini populer di internet sekitar tahun 2005.

Beberapa tahun kemudian, tiba-tiba saya mendengar dua ibu-ibu yang sedang bergosip di sebuah restoran. Ketika mereka sedang bergosip, mereka tiba-tiba mengeluarkan kata-kata, "Jangan Kepo dong." pada saat itu mereka menggunakan bahasa Hokkien.

Saya menjadi tertarik, kenapa dalam bahasa Hokkien ada kata Kepo. Saya kemudian bertanya kepada Ayah saya yang keturunan Hokkien, beliau lalu menjelaskan bahwa itu adalah Idiom untuk orang yang ingin tau sesuatu atau suka bergosip. Istilah Indonesianya mungkin Mau Tau Banget. Kepo versi Hokkien sendiri diambil dari kata "Ke" - dibaca Khe- yang artinya bertanya, dan Po -Popo- artinya Nenek.

Tetapi diantara semua istilah yang pernah saya dengar tentang Kepo, hanya ada satu yang menurut saya paling lucu. Ketika Kepo benar-benar populer di media sosial seperti twitter dan mulai masuk ke film-film Indonesia, seorang teman menebak Kepo adalah Ketemu Pocong. Entah apa yang dipikirkannya saat itu, kupikir dia adalah satu-satunya yang berpikir demikian, ternyata saat Kepo belum dikenal luas arti sebenarnya, cukup banyak yang mengartikan Kepo itu Ketemu Pocong, hehe.

Saya menyarakan anda menjadi KEPO, tentunya KEPO yang pertama yaitu mengetahui semuanya dalam suatu bidang yang anda tekuni. Be KEPO!

3 komentar:

  1. Hehehe..jadi melebar kalo bicara KEPO yaa.. saya baru tau arti singkatan yang sesungguhnya :)

    BalasHapus
  2. Hahaha setuju! Be KEPO in the real meaning.
    Terima kasih udah mampir ke blog saya ya. Sukses terus :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)