Senin, 03 November 2014

Mary Sue - Gary Sue - Karakter Fiksi yang Sempurna

http://fc00.deviantart.net/fs70/f/2014/206/b/e/shizuka_and_nobita_cosplay_elsa_and_jack_by_doraemonbasil-d7sb2qi.jpg 
Ketidak sempurnaan kita yang membuat diri kita belajar menjadi lebih baik

 Bagi mereka yang akrab dengan dunia menulis, terutama fanfiction pasti sangat familiar dengan kedua istilah ini.

Mary Sue atau Gary Sue adalah istilah populer dari fanfiction yang menjelaskan tentang seorang karakter yang begitu sempurna secara fisik maupun batinnya. Dia seperti karakter yang menguasai dunia dalam sebuah cerita. Seharusnya karakter hidup di dalam dunia, bukan dunia itu yang hidup dalam karakter.

Dalam menulis karya fiksi, kita sering membuat karakter. Kebanyakan orang awalnya kesulitan membuat karakter utama dalam ceritanya, sehingga dia menciptakan dirinya menjadi tokoh novel dengan karakter yang sempurna.

Contoh : Seorang gadis yang dari ujung rambut sampai ujung kaki sempurna fisiknya, cantik. Karakternya super baik, dan juga sangat pintar. Dia dapat melakukan apapun dengan sempurna. Jika ini ada dalam sebuah cerita, Bagaimana menurut anda sebagai pembaca?

Penciptaan karakter Mary/ Gary Sue disebut sebagai kegagalan karakter, dan ini yang kadang membuat tulisan kita sulit diterima. Aku sendiri kesulitan untuk membuat karakter yang berimbang.

Menurut salah satu penulis yang sudah menerbitkan belasan buku, dia memberikan beberapa tips menulis kepada saya. Ada dua point penting dalam pembuatan karakter untuk menghindari pembentukan karakter seperti Mary/Gary Sue.

Pertama, karakter yang kita buat bukan cerminan diri kita. Jadi tidak menggunakan nama yang sama dengan kita.
Kedua, kita harus berani "kejam" terhadap karakter kita.

Terkadang hal ini terlihat sederhana namun sulit dilakukan, terutama dalam membuat tokoh protagonis, dia harus terlihat berimbang, tetapi juga harus lebih menonjol dari karakter lainnya. Kita harus tetap dalam karakternya, dan juga hubungan antar karakter juga harus jelas prosesnya.

Dalam pembuatan karakter-karakter di novelku sendiri, aku menggunakan metode ilmiah. Aku membentuk karakter setiap pemain menjadi jelas walaupun tidak disebutkan secara mendetail dalam cerita. Aku menciptakan karakter berdasarkan zodiak, golongan darah, kepribadian, dan juga psikologi karakter. Membuat mereka sehidup mungkin, tetapi kadang masih mengandung unsur Gary atau Mary Sue.

Menurutku karakter Gary/Mary Sue ini sebenarnya bisa menjadi daya tarik pembaca selama dia tidak terlalu banyak muncul-pemeran sampingan dan juga tidak terlalu dijelaskan dengan detail kesempurnaannya.

Aku punya impian menerbitkan sebuah novel yang memiliki karakter Gary Sue di dalamnya, dan dapat diterima para pembaca. Karakter ini kubuat 2 tahun lalu, dia bukanlah karakter yang memiliki kekuatan super, dia lebih mengandalkan kecerdasannya yang luar biasa, dan beberapa kemampuan yang benar-benar dapat dimiliki manusia biasa. Karakter ini kubuat menjadi Villain- Antagonis, karena lebih menantang dibuat demikian. Kuharap suatu hari impian itu akan tercapai.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)