Senin, 17 November 2014

Power of Words - Kekuatan dari Kata-kata

http://www.campaignbrief.com/assets_c/2013/04/30meRt2khWcDX0Vp4sawaEHyITo5mjZIza_bo2ZgQdU-thumb-400x266-107438.jpg 
 Kata-kata dapat menjadi Inspirasi dan Harapan sekaligus Penghancur


Kita hidup sebagai manusia tentunya selalu bertemu dengan kata-kata. Baik itu disampaikan secara lisan maupun tertulis. Sebuah kata dapat menjadi harapan hidup seseorang, sekaligus menjadi penghancur hidupnya.

Pengalaman menganjarkanku bahwa kata-kata memiliki kekuatan yang sangat besar, orang yang menguasai kata-katanya dengan baik akan mendapatkan banyak hal dalam hidupnya.

Kata adalah bagian besar dari komunikasi, dan sepanjang sejarah kita dapat membuktikan bahwa cara paling besar dalam merubah sesuatu sebagian besar hanya melalui komunikasi dan tulisan.

Banyak yang mengatakan bahwa, "Jangan bicara saja, yang penting tindakan."

Sebenarnya ketika orang menyampaikan kata-katanya secara lisan ataupun tulisan, itu sudah sebuah tindakan. Bahkan banyak orang yang telah mendapatkan hasilnya secara langsung hanya dengan kata-kata.

Seorang Jendral perang hanya dengan sebuah pidato dapat membakar semangat perang puluhan bahkan ratusan ribu prajuritnya. Seorang pemimpin melalui pidatonya mendapatkan rasa hormat dari rakyatnya. Banyak juga tokoh-tokoh yang terus dikenang selama ratusan bahkan ribuan tahun melalui tulisannya.

Para nabi dan penemu Agama semuanya diingat melalui kata-kata yang mereka ucapkan.

Kata-kata bisa menjadi harapan, melaluinya orang-orang mulai yakin akan sesuatu yang lebih baik, tidak menyerah dan membawa kebahagiaan. Sebaliknya kata-kata juga telah banyak membuat orang menjadi kecewa, sedih, marah dan hancur.

Jika kata-kata yang baik ibarat hujan maka kata-kata yang buruk seperti petir. Mereka berasal sama-sama dari langit, tetapi memiliki peran yang berbeda. Kita harus ingat bahwa hujan yang menumbuhkan tanaman, bukan petir.

Ibu Teresa pernah mengatakan bahwa kata-kata yang baik bisa jadi singkat dan mudah, tetapi suaranya akan teringat selamanya bagi mereka yang merasakannya.

Aku adalah salah satu praktisi ilmu komunikasi, sekaligus juga penulis. Kekuatan kata dapat begitu dirasakan ketika kita dekat dengan bidang-bidang ini.

Sebagai seorang terapis psikologis juga, cukup banyak kasus orang yang terganggu mentalnya karena kata-kata orang lain kepada dirinya. Hinaan atau lebih seringnya verbal bully membekas pada diri seseorang.

Luka fisik yang orang torehkan dengan senjata atau benda lainnya dapat disembuhkan, dan suatu hari sakitnya pasti hilang. Berbeda dengan luka nonfisik yang diakibatkan kekuatan kata, itu dapat membekas seumur hidupnya.

Aku selalu mengingat kata-kata Nelson Mandela, bahwa Kata-kata bisa sangat menyembuhkan tetapi juga bisa sangat menyakiti, gunakanlah dengan bijak.

Mari kita gunakan kata-kata yang kita pelajari dengan bijak dan tidak melukai orang lain.

http://static1.quoteswave.com/wp-content/uploads/2013/04/Your-words-have-great-power.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)