Selasa, 18 November 2014

Tomat itu Buah atau Sayur?

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/Bright_red_tomato_and_cross_section02.jpg/220px-Bright_red_tomato_and_cross_section02.jpg 
Warnanya Merah dan Rasanya Asam Manis

 Siapa disini yang suka makan buah tomat? Aku suka sebuah tomat segar yang dipotong untuk menemaniku makan nasi goreng, rasanya jadi lebih enak.

Pernah mendengar pertanyaan legendaris Tomat itu buah atau Sayur? Pertanyaan ini bahkan sempat menjadi iklan susu karena kepopulerannya.
Tomat yang warnanya merah ini telah tersebar diseluruh dunia, tidak sedikit orang yang suka memakannya sebagai sebuah lauk ataupun dimakan mentah. Keunikan cara penyajian dan menyantapnya menimbulkan pertanyaan legendaris itu.

Bagi anda yang belum tau jawabannya tidak perlu malu, karena pertanyaan ini pernah membuat heboh lebih dari 100 tahun lalu. Pertanyaan sederhana itu ternyata pernah menjadi kontroversi hebat yang bahkan harus diselesaikan melalui jalur hukum dan diputuskan oleh Mahkamah Agung. Jadi Bagaimana jawabannya?

Secara botanikal tomat termasuk sebagai buah-buahan, karena memiliki biji. Sesederhana itu tetapi dari sisi kuliner memiliki cara pandang yang berbeda. Buah pada dasarnya dipakai untuk makanan penutup, ataupun terpisah dari makanan utama. Padahal tomat sering hadir sebagai sayuran dalam hidangan utama.

Menurut orang barat, sungguh aneh jika buah disajikan sebagai hidangan utama. Ibaratnya anda makan nasi dengan lauk apel atau jeruk. Berbeda di Indonesia yang lebih fleksibel, misalnya buah nangka yang disayur, ataupun nasi yang dimakan dengan durian.

Perdebatan itu berujung sampai ke pengadilan, dan akhirnya diputuskan bahwa Tomat adalah sayuran secara hukum, sehingga akan dikenakan pajak impor sayuran dimulai tahun 1893.

Nah, bagi anda tomat itu buah atau sayur?

1 komentar:

  1. menurutku tomat itu sayur. eh tapi buah juga sih #labil

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)