Sabtu, 13 Desember 2014

All About : I, Me, and Myself Part One

http://fc02.deviantart.net/fs71/i/2010/158/4/f/Kamen_Rider_Skull_by_lunadivervii.png 
Saa, omae no tsumi o kazoero!
(Now, Count your Sins!)

 Pernah melihat tulisan serupa tetapi tidak sama dengan tulisan ini? Biasanya tulisan seperti ini berjudul Tentang Penulis, 20 Fakta tentang Aku, 100 Hal yang kalian tidak tau tentang diriku dan sejenisnya.

Maksud dari tulisan ini sebenarnya bukan bertujuan untuk narsis, membesarkan ego, atau hal kecil lainnya. Tulisan seperti ini dimaksudkan seberapa kenal kamu dengan dirimu? Apa kamu benar-benar mengenal dirimu? Apa kamu sudah benar-benar menghargai dirimu?


Terkadang orang sulit menyampaikan keahlian, bakat ataupun minatnya. Kesulitan untuk mengenalkan atau mempresentasikan dirinya kepada orang lain. Apa hal ini tidak penting? Salah! Hal seperti ini sangat penting, terutama dalam dunia kerja dan psikologis.

Kamu harus benar-benar mengenal dirimu, sampai hal terkecil sekalipun. Sehingga ketika terjadi sesuatu pada dirimu, maka kamu tau apa yang harus kamu lakukan. Yang paling dasar tentunya biodata dirimu, Terkadang ada banyak orang yang enggan menyebut namanya sendiri.

Aku sendiri mempunyai seorang sahabat yang menolak menggunakan namanya sendiri, dia selalu memperkenalkan dirinya dengan nama Akira. Setiap orang akan mengenalnya sebagai Akira.

Di luar sana juga banyak orang yang demikian, mereka kurang memberikan waktu untuk diri sendiri. Bahasa modernnya adalah Me Time. Kenali dirimu, Hargai dirimu, Tau kelebihan, kelemahan dan potensi dirimu sendiri, maka kamu akan jadi manusia yang lebih lagi.

Dan sedikit hal yang kubagi disini tentang diriku :

1. Ron adalah nama asli, setidaknya sebagian dari nama asliku. Nama lahir, Nama di Akte kelahiran, Nama di KTP ku semua berbeda, intinya sama Ron tetapi ada salah huruf dan pengurangan nama yang terlalu panjang.

2. Di usiaku yang masih 20-an tahun, aku sering dikira sebagai bapak dua anak karena raut wajah dan suaraku yang memang lebih tua dari orang seumuranku. Kemungkinan karena selama masa remaja aku adalah orang yang pemarah, sehingga suaraku menjadi kasar secara permanen.

3. Aku seorang Leo, seperti Leo lainnya aku sangat suka berpergian bersama orang lain sekaligus sangat suka menikmati waktuku sendirian atau bersama pasangan.

4. Aku bergolongan darah B, Ya aku sangat bebas dan tidak menyukai aturan.

5. Aku pada dasarnya Koleris, tetapi sejak mendalami empat kepribadian, aku memiliki karakter Sanguin, Melankolis dan Plegmatis secara kolektif.

6. Seperti yang dijelaskan 3 nomor sebelumnya, dengan kombinasi ketiganya aku bisa menjadi orang yang sangat santai sekaligus sangat serius. Sahabat yang menyenangkan sekaligus Atasan yang sangat tegas. Aku orang yang menganut Work Hard Play Hard.

7. Aku adalah orang yang tinggi dan berat badan hampir segaris lurus, tinggiku 188cm dan beratku juga 3 digit selama 5 tahun terakhir. Bekerja di depan komputer memang mengerikan.

8. Warna favorit adalah Merah, karena itu warna darah! Hehe, karena dulu ingin jadi power ranger merah. Biru karena membawa ketenangan.

9. Hobiku sangat sederhana, yaitu membaca dan menonton. Banyak yang berpikir hobi ini murah kan? Sayangnya tidak untukku, karena aku pembaca hampir semua jenis buku, budget belanja bukuku selalu melebihi budget biaya makan, hiks. Kenapa buku bagus terbit setiap bulan?! Hobi itu mahal, tetapi tidak bisa ditinggalkan.

10. Aku makan hampir semua jenis makanan yang ada, seingatku tidak ada makanan yang tidak kusuka. Aku pernah 2 tahun Vegan diikuti dengan 5 tahun Vegetarian, jadi sekitar 7 tahun tidak makan daging sama sekali. Apa beda Vegan dan Vegetarian? Vegan tidak memakan produk susu dan telur, intinya lebih hijau dibanding daripada Vegetarian, pernah mencoba menjadi Fruitarian, hanya bertahan sebulan. Buah mahal disini :(

11. Anak Sulung dari dua bersaudara, Hubunganku dengan adikku bisa di ibaratkan seperti Uchiha Itachi dan Uchiha Sasuke. Yang tidak baca Naruto, maksudnya sering ribut tapi saling menyayangi.

12. Sekolah formal hanya hingga bangku SMA, tetapi tidak pernah belajar dalam sekolah kehidupan ini, karena tidak berfokus pada suatu bidang bisa mendapatkan pengalaman menarik dari berbagai bidang yang pernah di ikuti.

13. Aktif dalam organisasi nirlaba, dulunya. Organisasi yang diikuti meliputi Kaderisasi, Keagamaan, Sosial, Pecinta Alam, Pemuda, Pengembangan Diri. Berhenti karena terlalu sering melihat orang yang berorganisasi untuk cari jodoh atau modus lainnya. Saat ini aktif di organisasi dan kelompok yang dibentuk sendiri.

14. Salah satu kegiatan saat ini adalah menjadi terapis tanpa gelar, bisa menjadi terapis juga suatu ketidak sengajaan. Praktisi Kejiwaan yang mengemban misi membuat dunia ini dihuni oleh lebih banyak manusia dengan kejiwaan yang baik.

15. Bukan perokok, dan tidak masalah dengan perokok karena memiliki Ayah yang perokok aktif selama lebih dari 30 tahun tetapi jika bertemu aku dengan pasanganku, aku pasti minta kamu yang perokok mematikan rokoknya.

16. Bukan Alkoholik apalagi Pemakai Narkoba (Gimana kekasih tidak Sayang? Asik), di usia 15 tahun pernah penasaran bagaimana rasanya mabuk. Setelah minum 30-an botol Gu****** bukannya mabuk malah sibuk bolak balik wc untuk kencing, sepertinya kuat minumnya menurun dari Ayah. Sejak saat itu hanya minum Wine saja, itupun jarang.

17. Pencinta teh, punya harapan untuk meminum semua jenis teh yang ada di dunia ini. Teh kesukaan adalah White Tea, Thailand Tea, dan Green Tea.

18. Walaupun tidak terlihat dari luar, tetapi penikmat Anime dan Tokusatsu, Kamen Rider kesukaan saat ini adalah Skull, yang menjadi ilustrasi tulisan ini. Entah kenapa terasa begitu Manly.

19. Pernah tergila-gila dan bergabung dengan Pemuja Kerang Ajaib. Semua sembah Kerang Ajaib!

20. Anak Indonesia yang percaya dan masih percaya adanya Santa Claus.

21. Bersambung ke part berikutnya ya :)

2 komentar:

  1. wah hebat!
    kamu bisa menjelaskan diri kamu sedemikian detail
    disaat gak banyak orang bisa melukanya.
    dua jempol untuk kamu

    BalasHapus
  2. Terimakasih :D

    Aku cukup mencintai diriku, terutama dalam hal makan, hehe

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)