Rabu, 17 Desember 2014

Bahagia dengan Metode AFL

http://www.quickmeme.com/img/05/058d7dfd0d0e73fa47488025ec0f73c83790c8b79b2a35387d3ce8541fae4921.jpg 
Akui, Maafkan dan Belajar

Berdasarkan pengalamanku selama beberapa tahun, aku menemukan bahwa manusia adalah makhluk yang senang menyiksa dirinya, mereka sangat ingin dihukum dan ketika tidak ada yang menghukumnya maka dia akan menghukum dirinya sendiri, akhirnya dia menjadi tidak bahagia.

Manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan konflik, sebagian besar akan menumpuk pikirannya dengan hal-hal tersebut yang berujung pada tekanan batin atau hal yang mungkin lebih buruk.

Stress adalah sebuah ladang industri terbesar di dunia saat ini, dia membuat perusahaan obat, kosmetik dan dunia hiburan serta terapi tumbuh dengan sangat pesat. Ironisnya semua hal itu tidak benar-benar menyembuhkan stress.

Mengapa dapat demikian? Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang sangat suka menyalahkan dirinya sendiri. Ketika terjadinya suatu konflik, mereka sadari atau tidak bahwa konflik itu bisa terjadi ketika kedua belah pihak turut ambil bagian di dalamnya. Mungkin pada saat konflik itu terjadi kalian tidak merasa bersalah, tetapi karena lingkungan sosial atau suara hati kalian maka rasa bersalah akan muncul.

Rasa bersalah itu buruk? Tentu saja tidak, itu hal yang baik. Hal yang buruk adalah larut dalam rasa bersalah itu. Kenapa orang dapat larut dalam sebuah rasa bersalah? Sebenarnya itu karena konsep dunia dimana ketika orang yang bersalah harus menerima hukuman.

Biasanya orang-orang yang larut dalam rasa bersalah adalah orang yang tidak bisa menyampaikan masalahnya pada orang lain. Dia pendam sendiri dan akhirnya menyakiti dirinya sendiri. Ketika tidak ada orang yang menghukumnya maka dia akan mulai menghukum dirinya sendiri.

Celakanya, mereka tidak pernah merasa hukuman yang diberikan diri mereka sendiri cukup. Mulailah stress berkepanjangan dimulai. Mereka akan mulai menghibur diri, ketika itu sudah tidak lagi cukup maka mereka mulai mengkonsumsi obat-obat, perlahan hal itu tidak lagi membantu. Maka mereka akan pergi ke terapis dan menghabiskan uang jutaan bahkan belasan juta. Jika mereka menemukan terapis yang tepat maka mereka akan membaik, Sayangnya sekarang semakin sulit mencari terapis yang demikian.

Anda mungkin memiliki sahabat, keluarga atau mungkin anda sendiri yang mengalami hal ini. Biasanya sebagian besar adalah masalah cinta dan keluarga. Ada sebuah cara atau metode yang memiliki keberhasilan tinggi dalam menangani kasus ini.

Metode ini dikenal sebagai Metode AFL yaitu Aknowledge, Forgive and Learn artinya Akui, Maafkan dan Belajar.

Metode ini memiliki tiga tahap, tahapan yang paling sederhana dan pertama adalah Akui bahwa ini semua sudah terjadi, bahwa sudah ada kesalahan yang telah dilakukan. Biasanya semua orang mencapai tahap ini dengan mudah.

Tahap kedua adalah dimana kesulitan dimulai yaitu memaafkan, mulailah dengan memaafkan orang lain terlebih dahulu kemudian memaafkan diri anda sendiri. Sadari bahwa anda berhak dan pantas bahagia, lakukan kegiatan yang anda senangi dan berhenti berpikir bahwa anda tidak pantas melakukan itu, Bahagia adalah sesuatu yang tabu. Hentikan hal itu, anda pantas untuk bahagia dan mendapat cinta yang baru, jika kasusnya adalah hubungan.

Tahap kedua biasa memakan waktu 2minggu sampai 1 bulan. Tidak ada proses yang instant dalam masalah batin ini.

Tahap ketiga adalah proses yang paling panjang yaitu Belajar, jadikan setiap pengalaman sebagai pembelajaran agar tidak terjadi hal yang sama kedepannya atau ketika terjadi hal yang sama sekalipun anda sudah tau cara mengatasinya.

Tahap ketiga memakan waktu tahunan bahkan seumur hidup, karena sebuah pengalaman selalu mengajarkan kita cara menjalani sisa hidup kita dengan lebih baik lagi.

Semoga metode ini dapat membuat hidup anda lebih baik dan bahagia :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)