Senin, 26 Januari 2015

Bloopers - Kesalahan dalam Adegan

http://water.epa.gov/learn/kids/drinkingwater/images/blooperspage_01.gif 
Setiap orang melakukan kesalahan


Pernah mendengar kata Bloopers? Bagi kalian yang biasanya subscribe beberapa V-loger di youtube, mungkin tidak asing dengan kata ini. Mereka biasanya akan memberikan video bloopers mereka sebagai hiburan di channelnya.

Apa sih sebenarnya bloopers itu?

Bloopers memiliki arti harafiah sebagai Mistake Scene, yaitu dimana sebuah adegan itu salah pengambilan gambarnya ataupun aktingnya. Intinya pengambilan itu berada diluar skenario.

Pada masa dahulu, sebuah bloopers dijadikan sebagai suatu hal yang tabu. Mereka adalah bentuk kritikan dan ledekan kepada suatu film, dianggap sebagai sebuah kecatatan, namun hal itu berubah di zaman ini.

Bloopers dulu biasanya diambil dan ditayangkan secara tidak sengaja, artinya kru pembuatan dan pengeditan film tidak menyadari kesalahan tersebut sampai berada di layar lebar. Saat ini bloopers lebih bersifat sebagai hiburan.

Ya, Bloopers kini seperti behind the scene singkat yang disajikan secara humoris. Kini film-film hollywood seringkali menampilkan bloopers dibagian credit film. Ya, siapa sih yang melihat layar hitam penuh deretan nama itu? Karena itu mereka memberikan layar jendela kecil berisi behind the scene yang biasanya lucu dan mengelitik.

Saat ini semua film layar lebar sudah mulai mengikuti hal tersebut, bahkan di Indonesia. 

Berbeda halnya dengan di youtube, biasanya para V-loger sengaja mengumpulkan adegan-adegan kesalahan mereka kemudian disusun menjadi sebuah video baru yang menarik, setiap channel yang kusubscibe memiliki ini. Mereka menyebutnya dengan dua nama yaitu Bloopers dan Behind The Scene.

Tujuannya sederhana, yaitu menghibur sekaligus mengingat kita bahwa video-video yang mereka unggah membutuhkan kerja keras dan waktu dalam pembuatannya. Sehingga kita bisa menghargai usaha mereka secara lebih.

Dalam kehidupan kita juga pasti memiliki "bloopers", nah tinggal pilihan kita apakah membuat hal itu menjadi bahan keluhan dan kesedihan atau menghibur dan menginspirasi untuk kedepannya.

Tetap Semangat! :D

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)