Senin, 26 Januari 2015

Coulrophobia - Ketakutan Berlebih pada Badut

http://th03.deviantart.net/fs71/PRE/i/2012/307/9/d/clown_girl_by_pinkaphotography-d5ju56q.jpg 
Apa yang lebih lucu dari seorang badut?


Badut adalah sebuah profesi yang fungsinya menghibur orang banyak, tetapi bagi sebagian orang Badut adalah sebuah mimpi buruk yang menakutkan.

Ketakutan berlebihan terhadap Badut disebut sebagai Coulrophobia. Biasanya ini dapat terjadi karena adanya trauma pada masa kecil namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia lebih tua.

Saya pernah menangani kasus coulrophobia beberapa kali, dan ada satu kasus yang unik. Saya sebelumnya sudah meminta izinnya untuk mengisahkan kembali kisah ini.

Begini kisahnya.

Jika seorang penderita Coulrophobia biasanya hanya takut terhadap badut yang berdandan seperti Joker, kasus yang satu ini cukup unik. Sebut saja namanya Mawar, walaupun dia seorang pria.

Mawar ini memiliki ketakutan pada semua hal berbau kostum, bahkan kostum kamen rider. Awalnya hanya badut saja, kemudian mulai meningkat seiring waktu dengan cepat hingga ke tahap seperti ini.

Hal yang terlihat sederhana kadang bisa menimbulkan trauma mendalam. Suatu hari saat dia sedang berlibur ke satu kota terpencil di Indonesia, di malam hari dia merasa lapar. Hotel tempat dia menginap tidak menyediakan room service untuk memesan makanan, karena itu dia keluar untuk mencari makan.

Suasana saat itu sudah gelap gulita, maklum kota kecil seperti ini memang sepi. Dia melihat sebuah warung nasi goreng tidak jauh dari hotel, saat hendak menyeberang jalan menuju ke warung tersebut, dia melihat seseorang mendekatinya.

Tidak dia sangka ternyata orang tersebut adalah seorang badut yang membawa sesuatu ditangan kanannya. Lebih parahnya lagi badut itu tiba-tiba mengejarnya. Dia dengan cepat berlari kembali ke hotel sambil berteriak minta tolong.

Dia akhirnya berhasil lolos dari si Badut, dia tidak pernah tau apa yang sebenarnya dipegang oleh si badut tersebut. Dia kemudian mendapat informasi dari staff hotel bahwa memang disekitar sana ada seorang badut gila yang senang mengejar orang, itu berita buruk bukan?

Awalnya dia tidak menyadari bahwa hal tersebut telah menjadi trauma untuknya, dia kemudian memendam kisah itu sendirian selama bertahun-tahun. Hampir satu tahun kemudian dia baru menyadari bahwa dia mulai ketakutan berlebihan terhadap badut atau hal berbau badut, namun dia terlalu malu untuk mengakui dan menceritakan ketakutannya pada orang lain.

Bagaimana mungkin pria macho sepertinya takut dengan badut? Itu yang dia pikirkan. Hal tersebut berlarut-larut hingga akhirnya dia berkonsultasi denganku.

Saat dia berkonsultasi denganku, dia sudah berada pada titik terparah Coulrophobia yang pernah kutangani. Dia mengatakan bahwa dia takut apapun yang berkostum, sesuatu yang dia tidak tau siapa di dalamnya. Bahkan dia takut dengan topeng, untungnya dia belum sampai takut dengan orang yang perutnya buncit atau dia harus mencari terapis selain diriku.

Setelah konsultasi yang cukup lama, aku menemukan penyebab ketakutannya. Dia berpikir bahwa orang-orang dalam kostum atau dibalik topeng itu bisa saja si Badut yang dulu mengejarnya. Ketakutan dia telah berubah menjadi paranoid dan stress berlebih.

Jika kalian memiliki phobia apapun, sebaiknya tidak dipendam seorang diri agar bisa ditangani dengan baik. Penangan kejiwaan tidak melulu harus mahal, kalian bisa meringankannya dengan berbagi bersama orang yang kalian percayai.

Jika ada yang mau bertanya tentang phobia tertentu dan butuh konsultasi bebas biaya, hubungi aku di blog ini. Selama aku bisa menyediakan waktu pasti aku bantu. :)

6 komentar:

  1. Ada ya yang phobia dengan badut
    aq ada takut binatang juga karena sebuah peristiwa hehe
    salam kenal Ron :)

    BalasHapus
  2. Iya, banyak juga phobia terhadap binatang :)

    Salam kenal suzy, Terimakasih sudah mampir :))

    BalasHapus
  3. Aku agoraphobia. Kalau lagi di tempat rame, lama-kelamaan suka ngerasa cemas, deg-degan & gemeteran. Rasanya pengen cepet-cepet kabur.
    Sama badut juga takut, soalnya mindsetnya badut itu mukanya nyeremin terus suka nyulik orang. Tapi kalo sama karakter Joker di Batman aku gak takut :D

    BalasHapus
  4. Aku juga phobia badut, tapi aneh nya aku baru merasakan dan baru tau sejak SMA jadi baru sekitar beberapa tahun yang lalu, awalnya aku cuma merasa takut biasa, tapi karena aku sempet bekerja pada tempat yang setiap hari aku harus bertemu badut, ketakutan ku semakin parah sampai sekarang aku sering nangis klo ada badut, detak jantung ku berdetak kencang setiap ketemu badut, tepat nya badut dengan kostum lengkap, aku gak berani deket", tutup mata banget, itu kenapa yahh? Gimana cara menghilangkan nya?

    BalasHapus
  5. Halo Yolanda kalau dari reaksi kamu, kemungkinan belum tahap phobia tetapi lebih ke paranoia. Bisa jadi banyak faktor, kamu membaca banyak pembunuhan oleh orang asing, kamu tidak terbiasa dengan orang yang berdandan penuh warna dan sebagainya.

    Terapi yang tepat untuk kamu, mulailah dengan melihat atraksi badut lucu tapi mereka tidak mengenakan kostum kemudian melihat badut yang diperankan anak-anak kecil, semoga bisa membantu :)

    BalasHapus
  6. takut ama badut tapi nggak tau sejak kapan dan kenapa,jadi tiap ada badut meskipun baru dikit aja kliatan tangan lgsg refleks nutup muka smpe kdg saking cepetnya ky nampar muka cuma buat nutupin mata,jantung berdegup kencang trus kebayang2 terus ama sosok badutnya

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)