Rabu, 28 Januari 2015

Sejarah dan Pengertian Meme Internet

http://th09.deviantart.net/fs70/PRE/i/2010/276/7/d/forever_alone_by_lysgaard-d300icd.png 
Forever Alone


Apa kalian tau meme? Jika kalian aktif di jejaring sosial maupun internet secara luas, biasanya sudah mengenal dan menikmati yang namanya Meme.

Kata yang dibaca Mim ini adalah sebuah fenomena Internet atau dunia maya yang masih terus berkembang. Tujuan Meme sendiri sebenarnya beragam namun lebih dominan untuk menghibur.

Meme bisa dikatakan sebagai sebuah seni modern, dimana orinsil dari dunia maya dan hanya dimainkan melalui media elektronik. Memang terkadang ada sedikit meme yang dapat dimainkan secara materi dunia nyata namun lebih mengena ketika ditampilkan oleh media eletronik.

Fenomena yang sering disebut temanku sebagai Komedi foto ini usianya tergolong masih sangat baru. Mengapa fenomena ini bisa begitu populer dan terus berkembang?

Jika kita pelajari lebih jauh, Meme berdiri untuk dua arti yaitu Meme pada arti harafiahnya dan Meme yang berada di Internet, terkadang orang menyebutnya Rage Comic atau Meme Comic.

Kata meme pertama kali dikenalkan oleh Dawkins melalui bukunya The Selfish Gene pada tahun 1976. Istilah meme berasal dari bahasa Yunani "mimeme" (sesuatu yang menyerupai/menirukan), dan terdengar serupa dengan gen (gene). 

Dawkins memakai istilah ini untuk mendefinisikan lahirnya budaya dengan anggapan terjadinya merupakan bentukan dari banyak replikator. Hipotesisnya adalah manusia seharusnya melihat kelahiran budaya berasal dari banyaknya bentukan replikator, yang umumnya mereplikasi melalui hubungan dengan manusian, yang telah berevolusi sebagai peniru (walaupun tidak sempurna) (copy) informasi maupun prilaku yang efisien. 

Meme tidak selalu terkopi secara sempurna, bahkan dapat hilang, tercampur atau bahkan berubah dikarenakan pengaruh dari ide lainnya, sehingga menjadikan suatu meme yang baru. Meme tersebut (meme yang baru) dapat menjadi lebih baik (atau buruk) sebagai replikator dibandingkan dengan meme sebelumnya, hal inilah yang menjadi kerangka hipotesis dari evolusi budaya, analogi tersebut membimbing kita menuju evolusi biologi yang berbasiskan gen.

Berbeda dengan Meme yang biasa kita lihat di Internet bukan? Meme di internet dapat didefinisikan sebagai berikut.

Internet Meme adalah sesuatu yang menjadi terkenal melalui internet seperti gambar, video, atau bahkan orang. Internet meme biasanya tercipta saat seseorang membuat atau mengunggah sesuatu di internet, dan menyebar secara luas.

Biasanya kita menikmati Meme dalam bentuk gambar.

Setiap meme memiliki sejarah dan fungsinya masing-masing, berikut beberapa meme yang terkena.

Sejarah
Troll Face adalah meme yang berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu dari meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Yang sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter yang bernama 'Rape Rodent'. Kini, Ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan.
Gambar diatas pertamakalinya dibuat di MS Paint oleh user bernama Whyne di 4chan yang diupload pada 19 September 2008. Whyne menggunakan gambar ini untuk membuat komiknya yang bernama "Rape Rodent" 

Fungsi
Mengekspresikan bahwa seorang karakter dalam komik sedang menjahili tokoh komik lain.
Menjahili seorang user (pembaca rage comics/meme)
Karena tidak semua 'troll' (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula 'failed-troll face' yang mengekspresikan ekspresi sedih karena gagal menjahili.


 
Bitch Please/Yao Ming face salah satu bagian dari Rage Comic dari wajah pemain basket profesional Yao Ming dengan senyumannya. Menjelaskan untuk meremehkan masukan orang lain. Gambar ini pertama berasal dari foto Yao Ming pada May 2009. Pada 11 Juli 2010, sebuah post yg dibuat oleh downlow di Reddit, dan menuliskan sedikit deskripsi "Bitch Please"





 

Gambar yang mengekspresikan kesendirian dan Kekecewaan terhadap dunia.  Meme ini biasa buat ngatain orang yang single.



Gambar ini merupakan salah satu gambar terkenal dari bagian Rage Guy comic. Komik pertama dimana terdapat gambar ini muncul dari FunnyJunk dalam komik April Fools 28 May 2010.
variasi :
















Sejarah

“You Don’t Say?” adalah cuplikan dari wajah Nicholas Cage dalam filmnya yang berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, ditunjukkan bahwa Nicholas Cage sedang menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, akhirnya mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics

Fungsi

Meme “You Don’t Say” sendiri berfungsi untuk mengekspresikan tanggapan terhadap:

Pernyataan lazim yang bahkan nenek-nek ngupil pun pasti tau.

Pertanyaan retoris yang sudah pasti jawabannya, sehingga

orang yang ditanyai lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik.


Gambar yang menunjukkan jika sesuatu (Perkataan/Lukisan/Illustrasi/dll) memilik arti lain. (Atau Ngeres). Gambar ini muncul pertama kali di 9gag, dan mulai populer sejak itu.



Sejarah
Sebenarnya belum diketahui siapa tokoh asli orang ini, namun seorang redditor mengaku bahwa tokoh ini adalah dia, bernama Kyle. Ia mengaku foto itu diambil saat ia kelas 7 dan ia pada saat dibawah tekanan kepala sekolahnya.

Fungsi

Penggambaran orang yang sangat sial.



Meme juga sangat populer dan terkenal di Indonesia, bahkan cukup banyak meme buatan Indonesia yang populer digunakan di dunia maya. Beberapa di antaranya :


Tokoh Meme Asli Indonesia
 
 Meme Pak Jaya, ada yang mengatakan bahwa tokoh di balik meme ini adalah seorang tukang bakso yang difoto Manca Ilyasa, fungsi meme ini adalah mengalahkan Meme Troll Face.

Tokoh Meme Asli Indonesia

 Meme Maddog lain lagi, Meme yang diambil dari tokoh film The Raid si Yayan Ruhian ini mungkin salah satu meme yang populer di Indonesia. Fungsinya adalah mengekspresikan sesuatu yang greget. Seperti contoh gambar di atas. Bisa dikatakan saingannya Meme Chuck Norris.

 
Tokoh Meme Asli Indonesia
 
Meme Amin Richman ini tidak diketahui siapa tokoh dibalik meme tersebut. Fungsinya adalah si Amin ini orang yang kayanya mungkin melebihi Bill Gates, jadi meme ini biasanya berbau Glamourisme.


 Dan masih banyak lagi Meme Indonesia lainnya. Nah setidaknya kalian sudah sedikit banyak lebih tau tentang fenomena Internet ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)