Selasa, 10 Februari 2015

Moteki - Masa Populer dalam Kehidupan

Seiring bertambah populernya kamu, bertambah juga orang yang tidak menyukaimu


Moteki adalah sebuah istilah yang berasal dari negara sakura, arti harafiahnya sendiri adalah Populer. Orang Jepang yakin bahwa setiap orang memiliki setidaknya dua hingga tiga kali masa seperti ini dalam kehidupannya.

Apa kalian pernah merasakannya?

Moteki memiliki arti yang cukup luas, populer disini belum tentu karena hal baik. Belum tentu juga berhubungan dengan masuk media.

Masa Moteki adalah ketika tiba-tiba anda begitu diperhatikan oleh orang sekitar anda atau secara luas, biasanya lawan jenis. Ada juga yang bersifat karir, ketika anda tiba-tiba terus menerus berhasil dalam sebuah pekerjaan yang anda geluti.

Biasanya orang yang akan memasuki masa Moteki anda mengalami banyak kejadian tidak menyenangkan, hingga sampai titik balik kehidupannya, begitu yang dipercaya orang Jepang. 

Hal ini seringkali disampaikan oleh motivator-motivator, kata-kata bijak dan banyak kasus yang memang bisa kita lihat. Kesulitan hidup membuat orang biasa disiapkan untuk sesuatu yang luar biasa, itu lah yang sering mereka katakan.

Justru cukup banyak orang yang meraih kesuksesan ketika berada dalam titik paling rendah dalam hidup mereka. Ketika mereka bangkit biasanya akan mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik dari sebelumnya, Ini yang disebut orang Jepang sebagai Moteki.

Ada yang perlu diingat, bahwa Moteki bersifat hanya sementara. Orang disana menyakini bahwa masa ini harus dilakukan dengan baik, dimana kita harus beradaptasi untuk mempertahankan apa yang kita raih.

Mendapatkan kesuksesan adalah satu hal, mempertahankannya adalah hal yang lain. Misalnya seperti berpacaran atau menikah, lebih sulit mempertahankan sebuah hubungan daripada memulainya. Begitu juga dengan popularitas, kesuksesan dan kekayaan, butuh karakter yang tepat untuk mempertahankan semua itu.

Tidak sedikit mereka yang telah meraih kesuksesan usaha kemudian bangkrut karena tidak hati-hati dalam mengelola keuangan. Mereka yang populer mendadak dengan youtube atau media lainnya hanya bertahan sebentar kemudian redup dan hilang kabarnya, yang paling menyakitkan adalah hubungan kasih yang akhirnya berpisah karena kurangnya kesiapan dalam berhubungan.

Tulisan ini dimaksudkan untuk mengajak kita jangan pernah menyerah walaupun dilanda kesulitan, Mari terus melatih diri, mempersiapkan diri ketika moment itu datang maka kita dapat menjaganya dengan baik.

2 komentar:

  1. Reminder yang bagus Kak. Lebih mudah mendapatkan daripada mempertahankan. Itulah sebabnya kita harus pandai-pandai memanfaatkan saat telah mendapatkannya ya :)

    BalasHapus
  2. Benar banget Hilda, Semoga tulisannya bermamfaat :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)