Selasa, 17 Februari 2015

Sugar Rush dan Sugar Crash

Kurangi konsumsi gula, Kamu sudah manis


Beberapa waktu lalu ada seorang teman menghubungi saya melalui email, dia mengatakan apa rahasia saya tidak mudah lelah walaupun obesitas. Dia termasuk orang yang kurus, tetapi akhir-akhir dia merasa sangat lelah dan lesu.

Aku kemudian berpikir sejenak, seingatku dia sangat lincah dan memiliki stamina yang baik. Aku kemudian membalas emailnya, Apa mungkin kamu mengalami Sugar Rush?

Kebanyakan orang obesitas biasanya selalu terlihat lelah, dan lemas. Banyak yang berpikir obesitas membuat stamina menurun, sebenarnya stamina tidak menurun hanya karena setiap gerakan tubuh memiliki berat yang ekstra maka stamina yang dipakai juga ekstra.

Jika kalian pernah melihat kehidupan atlet Sumo maka kalian akan mengetahui bahwa bahkan orang yang memiliki berat badan yang besar pun bisa memiliki stamina yang baik.

Ada cukup banyak faktor yang membuat orang gemuk mudah lelah atau terlihat lelah seharian, seperti mendengkur, jenis minuman yang dikonsumsi, kegiatan dan salah satunya juga adalah Sugar Rush.

Sugar Rush dan Sugar Crash adalah kondisi dimana ketika seseorang mengkonsumsi glukosa dalam jumlah yang besar. Kebanyakan adalah ketika mengkomsumsi karbohidrat dalam jumlah besar maka kandungan glukosa yang dikonsumsi juga tinggi.

Efek Sugar Rush adalah meningkatnya kandungan gula dalam darah yang menyebabkan tubuh menjadi lebih bertenaga, disaat yang sama tubuh akan mengeluarkan Dopamine, ini yang mengakibatkan efek ketagihan tubuh terhadap gula.

Ketika dopamine dilepaskan tentu saja perasaan akan menjadi bahagia dan bersemangat, ditambah kekuatan besar yang muncul dari efek Sugar Rush ini. Efek ini tidak berlangsung lama, hanya sekitar 30 menit atau kurang kemudian dia akan memasuki kondisi Sugar Crash.

Sugar Crash adalah ketika tubuh mengeluarkan insulin dalam jumlah besar untuk mengurangi kadar gula dalam darah, ketika ini terjadi karena naik dan turunnya kadar gula secara dratis menyebabkan tubuh lesu, lemah dan kelelahan.

Jika kalian merasa tubuh lemas secara tiba-tiba dan tidak menemukan alasan yang jelas, cobalah kurangi konsumsi gula. Hal ini seringkali terlewatkan oleh Dokter jika kasusnya ringan, sehingga hanya akan diberi vitamin atau antibiotik saja.

Biasanya hal ini terjadi ketika stress, dan jika anda adalah stress eater, maka harus hati-hati terhadap kondisi ini. Semoga tulisan ini bermanfaat. :)

2 komentar:

  1. kalau sugar rush berkelanjutan, bisa menyebabkan diabetes ga?

    BalasHapus
  2. @Khusna : Sugar Rush jika pada moment 30 menitnya digunakan untuk berolahraga atau kegiatan yang memakan banyak tenaga, resiko diabetesnya kecil tapi jika dilakukan rutin secara menahun akan terkena diabetes.

    Jika digunakan sebagai candu saja, maka resiko diabetesnya akan sangat tinggi :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)