Rabu, 04 Maret 2015

My Stupid Friend - Prologue

Kebodohan tidak memiliki batasan - Albert Einstein


Bagaimana jika kamu memiliki seorang teman yang memiliki cara berpikir yang tidak biasa? Seolah-olah kata bodoh diciptakan untuknya. Apa kalian memiliki seorang sahabat seperti itu?

My Stupid Friend adalah kumpulan tulisan tentang seorang temanku yang kita sebut saja Ryu (bukan nama sebenarnya). Ryu adalah seorang pria yang terlihat sangat normal jika dilihat dengan mata telanjang, tetapi bagi mereka yang bisa melihat siapa dia sebenarnya dan berinteraksi dengannya maka aku yakin itu akan jadi moment tidak terlupakan dalam hidupmu.

Kumpulan tulisan ini pernah dipublikasikan di facebook sekitar tahun 2010, dan ternyata cukup populer. Beberapa diantara para pembaca mengatakan bahwa serial ini terinspirasi dari My Stupid Boss karya Chaos@work. Sebenarnya tidak demikian, MSB pertama terbit tahun 2009 sedangkan tulisan kami dibuat dari 2006 hingga 2008 dan beberapa lanjutannya di tahun 2010.

Kalian mungkin menilaiku berlebihan, atau bahkan mengumbar aib sahabat sendiri adalah perbuatan buruk. Well, sebenarnya bukan demikian. Sebelum menilaiku demikian mari kita gali sedikit lebih dalam.

Aku mulai mengenal Ryu sekitar tahun 2004, itu artinya aku mengenalnya lebih dari 1/3 hidupku. Dia adalah salah satu sahabat terbaikku, dan dia juga penyumbang terbesar kebotakan dini yang kualami. Ketika berada di luar seringkali kami berargumen, orang akan berpikir kami sedang bertengkar dan bukan sekali dua kali orang mendekati kami untuk menghentikan argumen kami. Sebenarnya setelah berargumen sealot apapun, kami akan kembali tertawa bersama setelahnya.

Aku sebenarnya tidak percaya bahwa ada manusia yang bodoh, karena bodoh adalah orang yang tidak mau belajar dan berkembang serta mengulang kesalahan yang sama tetapi jika ada satu orang yang harus kukatakan sebagai orang bodoh, maka Ryu orangnya.

Kisah yang kualami bersama selama lebih dari 10 tahun terakhir ini sebagian besar adalah ajaib, dengan cara yang unik Ryu mengajarkanku banyak hal dan juga menempa kesabaranku. 
Entah kenapa karena terbiasa dengannya, orang yang sangat menyebalkan sekalipun kini dapat kuhadapi dengan senyuman dan perasaan santai. Mengingat Ryu berhasil membuat seorang pria berumur 28 tahun yang sehat, bugar dan memiliki pola hidup yang sehat (diet, fitness) memiliki sakit jantung hanya karena bergaul dengannya selama kurang lebih 6 bulan, aku kadang kagum dengan diriku sendiri karena masih hidup setelah selama ini mengenalnya.

Jika kalian berpikir tidak sopan menulis kisah tanpa diketahui orangnya, sebenarnya dia tidak peduli. Ketika kami pertama kali menulis cerita tersebut, kami membiarkannya membaca tulisan itu dan meminta izinnya. Hasilnya? Dia tertawa terbahak-bahak sambil mengatakan bahwa si A dalam tulisan tersebut adalah orang yang sangat bodoh, padahal si A adalah dia sendiri. Dia bahkan tidak menyadari bahwa dialah yang berada dalam kisah tersebut, setelah kami katakan bahwa dia adalah si A yang dia lakukan hanya mengeleng kepala, aku tidak pernah melakukan itu katanya.

Tulisan-tulisan My Stupid Friend bukan ditujukan untuk menjatuhkan personal tertentu melainkan memberikan sebuah kisah yang menurut kami memberikan sebuah kesan, hiburan dan pelajaran berharga dengan cara tidak biasa.

Selama ini aku telah menemui banyak orang, namun belum ada yang kutemukan seperti dia. Kalian akan mengerti setelah membaca kisah-kisahnya.

Tulisan ini sekaligus menjadi daftar isi untuk semua tulisan My Stupid Friend yang akan terbit.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)