Kamis, 23 April 2015

Animism


Sering melihat anak-anak yang menjadikan boneka atau mainan lainnya sebagai teman? Pernah melihat mereka berbicara seolah-olah boneka atau mainan itu hidup? Gejala ini disebut Animism.

Animism adalah kesalahan logika yang seringkali terjadi pada anak, menganggap benda mati memiliki perasaan atau motif.

Biasanya ini akan hilang seiring bertambahnya usia dan kedewasaan sang anak, tetapi bagaimana dengan masa kini?

Beberapa kasus Animism bertahan lebih lama, biasanya karena lingkungan sosial yang tidak bersahabat. Ingat tokoh Mr. Bean yang fenomenal? Dia selalu ditemani bonekanya kemanapun dia pergi.

Hal tersebut benar-benar terjadi di dunia nyata untuk beberapa orang. Aku pernah melihat di korea selatan seorang gadis 20an tahun yang memiliki 4 boneka yang dianggapnya sebagai saudara kandungnya.

Di matanya mereka bisa tidur, makan bahkan buang air besar. Dia sangat terikat pada keempat boneka itu lebih dari keluarganya sendiri.

Ada juga beberapa orang yang terikat pada kendaraan mereka seperti motor atau mobil, dan masa kini yang populer adalah pada ponsel mereka.

Animism dapat dipulihkan ketika lingkungan sosial yang baik dan dukungan dari keluarga terdekat.

3 komentar:

  1. kak kalo seseorang yang punya teman khayalan dan nganggep mereka itu beneran hidup itu sama atau beda sm animism? katanya kan ada anak-anak yg pas masa kecil kayak punya temen imajinasi gitu. aku ada sih temen, dia pernah cerita kalo dia punya temen imajinasi dan sampe skrg dia udh kuliah masih tetep ada

    BalasHapus
  2. Hm.. itu berbeda dan butuh penjelasan panjang, nanti aku buat tulisan soal itu ya :)

    BalasHapus
  3. siip. ditunggu artikelnya ya kak! :3

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)