Rabu, 01 April 2015

Maret yang Nyata

Kenyataan adalah kumpulan konsep yang diyakini seseorang,
karena itu kenyataan setiap orang bisa jadi berbeda.


Ini mungkin salah satu artikel paling sulit perjuangannya untuk kutulis, bukan karena membutuhkan data yang banyak atau penelitian yang dalam melainkan karena Internet yang super lambat.
 
Catatan review bulanan ini harusnya kutulis tanggal 30 maret, tetapi akibat kondisi Internet yang memprihatinkan aku harus menundanya hingga hari ini.
 
Mengapa maret kali ini kusebut Maret yang Nyata? Sedikit banyak bulan ini mengajarkanku sekali lagi tentang apa yang kita sebut kenyataan.
 
Sejak tanggal 9 Maret 2015, aku merasakan Internet di rumahku mundur sebanyak 5 tahun, dimana sangat banyak putus sambung yang membuatku kesulitan menggunakannya untuk beraktivitas seperti kuceritakan di tulisanku beberapa waktu yang lalu.
 
Kupikir itu adalah kondisi yang terburuk hingga sabtu kemarin, Internetku mundur hingga 20 tahun. Aku belum pernah merasakan sambungan internet yang begitu lambat, apa kalian berpikir aku berlebihan? Kecepatan internetku hari itu hingga hari senin adalah 8-25kbps, itu artinya 1-3kB perdetik. Untuk membuka google membutuhkan waktu sekitar 3 menit, bayangkan membuka website modern yang penuh gambar dan script.
 
Sisi baiknya memang aku lebih banyak melakukan kegiatan produktif lainnya, seperti menambah waktuku membaca dan berkarya. Sisi buruknya, hal-hal yang harus kukerjakan menjadi terganggu, apa yang telah kurencanakan bulan ini harus berantakan. Blog ini akhirnya menjadi tidak terurus dengan baik, aku juga tidak bisa melakukan blogwalking sejak 11 Maret. Ada 20 tulisan yang gagal tayang dibulan ini juga.
 
Biasanya ketika aku melakukan riset, sebagian besar data berasal dari pencarian di Internet. Kini aku harus membongkar banyak buku untuk melakukan riset, satu sisi hal itu menyenangkan tetapi terlalu memakan banyak waktu. Hal biasanya membutuhkan waktu hanya satu jam, kini menjadi 3 hingga 4 jam.
 
Tidak banyak yang bisa kuceritakan tentang dunia blog bulan maret ini, karena lebih banyak kulakukan di dunia nyata. Aku berharap bisa berkarya lebih di bulan April ini, dan internetku segera membaik.
 
Maaf kepada para pembaca yang ingin membaca lebih banyak tulisan di blog ini, mulai bulan ini akan kuusahakan menulis lebih banyak, Semoga hari kalian menyenangkan. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)