Rabu, 06 Mei 2015

Berani Mati? Hidup lebih Butuh Keberanian

Keberanian bukanlah tidak takut apapun, Keberanian adalah mampu mengatasi ketakutan


Selama hidup, salah satu pencarianku adalah tentang arti keberanian. Apakah sebenarnya arti dari keberanian?

Aku dikenalkan pertama kali tentang keberanian adalah dari film Power Ranger, tentang sekelompok pemuda yang berani melawan kejahatan, tetapi kemudian kusadari keberanian mereka muncul karena mereka tidak sendiri.

Aku kembali diajarkan tentang keberanian, saat mempelajari sejarah perjuangan kemerdakaan dan zaman kerajaan. Begitu banyak orang yang berani mempertaruhkan nyawanya demi mencapai keinginannya.

Kita tiba di zaman ini, dimana kebanyakan manusia berdiri sendiri kesepian, dan perjuangan yang penuh dengan kepalsuan.

Banyak yang bilang berani mati karena cinta, atau karena seseorang. Terkadang mereka bilang demi keadilan, atau bahkan kebenaran.

Yang kusadari, di zaman ini keberanian untuk mati bukan suatu hal yang membanggakan bahkan mungkin tidak dapat lagi disebut keberanian. Berani mati kadang hanya kata-kata tanpa aksi, kalaupun benar maka kematian itu tidak akan merubah apapun atau menyelesaikan masalah yang ada.

Misalnya seseorang berani mati demi orang yang dicintainya, dan akhirnya dia benar mati. Bukankah orang yang ditinggalkan akan sedih dan merasa bersalah untuk waktu yang sangat lama jika juga mencintainya? Jika tidak, maka kematian itu sia-sia.

Berani hidup lebih bisa dikatakan sebagai keberanian sejati. Berapa banyak orang yang mengatakan demikian?

Hidup terkadang bisa begitu kejam, menyakitkan dan penuh masalah. Banyak yang memilih mati karena tidak kuat menghadapinya, tetapi sedikit orang memiliki keberanian untuk berjuang dan berhasil melewatinya.

Aku pun pernah merasakan dan melihat banyak orang pada fase demikian, ketika hidup menjadi hampa dan kosong, apa kamu memiliki keberanian untuk terus menjalaninya?

Ketika kehidupan mengujimu dan menimpakan padamu begitu banyak masalah, apa kamu berani terus berjuang hingga selesai?

Apa arti keberanian sejati untukmu dan apa kamu sudah menemukannya? Karena keberanian sejati akan membuat kehidupan dan langkahmu lebih ringan.

Keberanian seperti payung, dia tidak menghentikan hujan tapi membuat kita bisa berdiri dibawahnya.

1 komentar:

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)