Kamis, 28 Mei 2015

Empat Psikologi Warna



Setiap orang biasanya memiliki warna favorit, entah itu untuk pakaian atau benda lain miliknya. Sebenarnya ada sebuah mekanisme unik yang bekerja pada otak kita saat melihat warna, dan ini adalah sebagian kecil dari mekanisme tersebut.

Empat Jenis Warna menurut Psikologi

Warna dapat digunakan sebagai alat interaksi yang penting dalam percetakan atau desain dengan pesan yang bagus, biasanya untuk brosur, koran, iklan, layout website dan publikasi lainnya. Warna boleh dikatakan sebagai komunikasi non-verbal yang dapat membentuk reaksi physical dan emosional kepribadian. Terdapat tiga jenis warna :

Cool color, biasanya akan memancarkan efek ketenangan, dingin, impersonal, kenyamanan, sifat pemeliharaan dan, dan seperti antiseptic. Termasuk Cool color :

Biru : berarti kuat, penting, damai, cerdas
Hijau : berarti tumbuh, sehat, lingkungan, harmoni

Warm color, biasanya membawa sisi emosional, seperti mulai dari optimism hingga kekerasan yang kuat. Warna merah, kuning, pink atau oranye dapat membuat kegemparan ataupun kemarahan. Termasuk dalam Warm color :

Merah : berarti love, nafsu, panas, kegembiraan, power
Pink : berarti manis, menyenangkan, romantis, lembut, lucu
Kuning : berarti ceria, gembira, menyenangkan, kenangan
Emas : berarti kaya, terang, tradisional, boros
Oranye : berarti energy, perubahan yang hangat, kesehatan

Perpaduan Cool dan Warm color, biasanya memadukan ketenangan dan keramaian. Warna yang muncul dari perpaduan keduanya, seperti biru dan merah atau biru dengan kuning. Untuk hijau di bawah ini, lebih kepada perpaduan dari Cool dan Warm color. Termasuk perpaduan Warm dan Cool color :

Ungu : berarti royal, indah, romantis, suci
Lavender (lembayung muda) : berarti anggun, elegan, lembut, feminin
Hijau : berarti tumbuh, sehat, lingkungan, harmoni
Turquoise (biru-hijau) : berarti feminine, pintar, kemunduran
Beige (abu-abu coklat) : berarti konservatif, santai

Neutral color, biasanya akan membantu memfokuskan warna lain atau menurunkan warna yang mungkin sangat kuat melebihi yang lain. Untuk warna hitam, coklat, emas, beige lebih ke warna warm color, sedangkan putih, silver, dan abu-abu lebih mengarah ke cool color. Untuk Warm dan Cool color tersebut, lebih fleksibel daripada merha ataupun biru. Termasuk Neutral color :

Hitam : berarti konservatif, misterius, pintar
Abu-abu : berarti formal, konservatif, cerdas
Silver : berarti halus, glamour, kaya
Putih : berarti murni, polos, kelembutan
Gading : berarti sunyi, elegan, menyenangkan
Coklat : berarti membumi, simple, friendly, sehat
Beige : berarti konservatif, santai

1 komentar:

  1. Saya suka pink magenta ...hehe, artinya nggak jelas yaa... nggak condong kemana-mana :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)