Minggu, 10 Mei 2015

Memiliki Me Time yang Ideal

Kamu memiliki seluruh waktumu, tetapi berapa banyak yang kau berikan untuk dirimu sendiri?


Aku termasuk orang yang yakin bahwa hidup produktif dan bahagia dapat diraih oleh seseorang yang hidup optimal dan dapat memberikan waktu untuk dirinya sendiri, atau populer disebut Me Time.

Ketika seseorang beranjak dewasa, atau keadaan mulai menuntutnya untuk menghabiskan banyak waktu kepada pekerjaan, orang lain atau hal-hal yang membutuhkan banyak waktu maka munculah sebuah kebutuhan yang sering kali terlupakan yaitu Me Time.

Seseorang yang memiliki Me Time yang ideal biasanya menjalani hidup lebih bahagia daripada yang tidak. Apakah kalian termasuk yang mengelola Me Time dengan ideal?

Seringkali orang mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki waktu untuk bersenang, ataupun memiliki hobi. Dia terlalu sibuk dengan kegiatan atau pekerjaannya, bahkan waktu untuk keluarga sulit dimiliki. Itu semuanya tidak benar.

Sibuk adalah nama lain dari malas di masa kini, kita tidak pernah sibuk yang ada adalah prioritas. Sepadat apapun jadwalmu, jika kamu ingin melakukan sesuatu maka kamu akan melakukannya. Sibuk adalah pengaturan jadwal dan waktu yang buruk serta penyebab utama stress yang tidak perlu.

Banyak sahabat yang mengeluhkan bahwa dia merasa hidupnya kosong, lelah bahkan sudah tidak kuat untuk menjalani semua rutinitasnya. Setidaknya mereka memiliki waktu untuk mengeluh dan bercerita kepadaku, maka aku yakin mereka bisa memiliki Me Time.

"Ron, aku lelah aku mau berhenti aja, udah nggak kuat begini terus!" setelah dia tenang aku menjelaskan, "Sebaiknya kamu coba memberikan Me Time kepada dirimu sendiri."

Besoknya, "Nggak membantu Ron! Udah dua mangkok aku makan tidak berubah lebih baik!" dengan wajah bingung, "Me Time apa yang kamu maksud?" Ternyata dia mendengar Mie Tiam (Mie manis).

Supaya nantinya tidak seperti temanku itu, mari mengenal Me Time.

Me Time adalah waktu yang kita berikan pada diri sendiri, biasanya untuk bersenang-senang atau relaksasi. Me Time seringkali diisi dengan kegiatan positif, hobi ataupun istirahat. Banyak yang berpikir waktu yang dibutuhkan untuk Me Time sangat lama, karena itu mereka berpikir tidak memiliki waktu padahal Me Time yang ideal juga bisa kok dilakukan hanya 15 menit setiap harinya.

Pada umumnya orang menggunakan hari minggu untuk Me Timenya, mereka yang menggunakan pola seperti ini akan kesulitan ketika memiliki keluarga sendiri atau pasangan karena itu akan menjadi family time.

Aku sendiri mengelola Me Time ku minimal 15 menit hingga 1 jam setiap harinya. Pada hari tertentu aku bisa melebihi waktu tersebut, tergantung tekanan yang sedang dihadapi.

Beberapa contoh Me Time yang tidak membutuhkan waktu yang banyak adalah :

1. Membaca Buku : Usahakan jangan membaca buku fiksi atau novel karena waktu 15 menit tidak akan cukup dan membuatmu penasaran dengan kelanjutannya. Biasakan buku yang ringan, motivasi, pengembangan diri atau menghibur, sehingga dapat dibaca sepotong-sepotong.

2. Power Nap : Lupakan segalanya dan baringkan badan sambil memejamkan mata selama 15 menit. Anda tidak tidur tapi merasakan nikmatnya kasur atau kondisi berbaring anda. Ketika bangun anda akan merasa segar kembali.

3. Mandi Busa : Yang belum pernah, pasti tidak merasakan nikmat dan relaksnya mandi busa. Hehe.

4. Berkendara : Menggunakan motor, mobil atau bahkan berjalan kaki sejenak sambil memandang lingkungan sekitar akan meringankan beban pikiran.

5. Mendengarkan musik : Ini sering dilakukan orang pada umumnya, sayangnya seringkali orang mendengarkannya sambil bekerja sehingga hasilnya tidak maksimal.

Masih banyak cara untuk menikmati Me Time, Bagaimana dengan caramu?


2 komentar:

  1. Me time saya sederhana ... hanya ingin berbaring di kamar sejuk, ditemani suara aquarium yang cantik, segelas capucino hangat, sambil menulis atau baca. Apalagi kalau ada hujan....wow banget ! :) Me time sangat mahal bila sudah berkeluarga.

    BalasHapus
  2. Biasanya kalau sudah berkeluarga lebih ke family time :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)