Senin, 04 Mei 2015

Menulis itu...

Jika kau menunggu saat kau ingin menulis, maka kau tidak akan pernah menulis


Beberapa hari ini aku tidak menulis di blog ini, aku berpikir banyak hal dan salah satu hal tersebut adalah pertanyaan dari seseorang yang penting bagiku. Kenapa kau menulis dan apa arti menulis bagiku?

Pertanyaan itu membuatku berpikir sangat lama, kemudian aku menjawabnya seperti ini.

Aku bukan penulis yang baik, setidaknya belum. Aku menulis tanpa ilmu sastra yang memadai apalagi ilmu menulis, tetapi aku terus mempelajarinya. Bahasaku mungkin tidak semenarik penulis legendaris, senior atau bahkan penulis yang lebih muda dariku.

Aku belum menemukan gaya menulis yang benar-benar sesuai dengan keinginanku. Aku pernah mencoba berbagai gaya menulis, dari formal hingga komedi dan saat ini gaya menulis inilah yang paling kunikmati.

Aku senang berkomunikasi dan aku berusaha berkomunikasi dengan tulisanku. Apapun media yang kugunakan untuk menulis baik buku, maupun media online.

Jika ditanya kenapa? Aku tidak tau. Aku pernah berada di masa dimana tidak ingin menulis sama sekali beberapa tahun. Ketika memulainya lagi itu sangat sulit, bahkan hingga hari ini. Bagiku menulis harus rutin karena jika ditinggal satu hari, maka kita akan sulit memulainya lagi. Seperti 3 hari terakhir, aku berpikir akan menulis dan akan menulis tetapi akhirnya tidak kulakukan.

Aku bingung hal apa yang akan kutulis, kesulitan ide menulis? Tidak, justru sebaliknya, terlalu banyak yang ingin kutulis sampai aku bingung harus mulai darimana.

Yang pasti aku menulis karena aku membaca, aku tersentuh oleh karya-karya penulis lain dan dengan tulisan aku berusaha menyentuh banyak orang. Aku berniat menggunakan media online lebih luas lagi, dan tidak terbatas tulisan tetapi juga pesan melalui gambar/foto. Mungkin mudah mengatakan bahwa aku tidak punya waktu, tapi sebenarnya aku memilikinya tetapi tidak mengelolanya dengan baik.

Aku ingin menulis banyak hal yang kupikir bermanfaat dan membuat diriku lebih baik. Tulisan ini sekaligus menjadi catatanku agar aku selalu bisa mengingatnya. Aku memiliki banyak buku jurnal, catatan bahkan diary. Aku memiliki buku tulis favoritku bahkan jenis pen yang kusuka.

Menulis itu bagiku sebuah passion, sebuah cara untuk merubah hidupmu karena ketika kamu ingin aktif menulis maka kamu harus banyak membaca, atau menggali lebih dalam bidang yang kamu tulis. Dengan demikian wawasanmu akan bertambah.

Tentu saja terkadang tidak semua hal itu baik, apa yang kamu tulis akan benar-benar mempengaruhi karakter dan hidupmu karena itulah tulisanmu sebaiknya positif dan mengembangkanmu.

Seperti kukatakan sebelumnya menulis tidak mudah, dan tidak akan pernah mudah tetapi jika kita mulai merasakan manfaatnya, mulai menikmatinya maka kita akan memetik banyak manfaat. Aku sendiri masih sering kesulitan konsisten untuk menulis bahkan membaca pun semakin sulit karena kegiatan lainnya tetapi aku terus berusaha untuk lebih mencintai dunia menulis.

Menulis itu berkarya, aku ingin meninggalkan sesuatu yang menjadi bukti bahwa aku ada. Aku mungkin belum bisa jadi penemu besar ataupun penghasil karya-karya kelas dunia, tetapi aku terus melatih diriku berkarya di berbagai kesempatan dengan menulis.

Hidupku saat ini adalah berkat banyak tulisan yang menginspirasiku, bahkan mengubah hidupku. Aku juga berharap tulisan-tulisanku bisa menjadi bagian dari hidup orang lain, mengubah hidupnya lebih baik.

Seringkali aku melihat ketika blogwalking banyak yang menulis kesedihannya, kesepian, dan hal-hal lain yang menjadi beban baginya. Ketika aku membuka situs-situs hiburan meme seperti 9gag,1cak dan lainnya sebenarnya bisa kita rasakan bahwa banyak dari mereka yang berusaha menghibur diri disana karena kesepian, diasingkan dan lainnya. Aku pernah di posisi itu, dan aku tidak ingin duduk diam tetapi beraksi melakukan perubahan, dan jalanku adalah dengan menulis dan berkarya.

Bagi kalian sendiri yang juga menulis di blog, media sosial atau lainnya. Kenapa kalian menulis? Untuk kalian, menulis itu apa? :)

Jika ada yang menulis tema yang sama, tuliskan alamat tulisan kalian di kolom komentar ya, aku tertarik untuk membacanya :)

Selamat malam, dan semoga hari kalian indah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)