Kamis, 21 Mei 2015

Ventriloquist Seni Suara Perut



Jika kamu seumuran atau lebih tua dariku maka harusnya kalian ingat di masa kecil kalian ada Ria Enes dengan boneka Susannya menjadi penyanyi cilik. Sejak itulah aku takut boneka dengan mata melotot.

Awalnya kupikir Susan adalah boneka yang hidup, belakangan baru kutau ada hal yang disebut Ventriloquist.

Aku sebenarnya tidak menyukai pertunjukan Ventriloquist, karena boneka yang mereka gunakan benar-benar menyeramkan. Perlahan-lahan itu mulai berubah ketika diajak menonton pertunjukan-pertunjukan Ventriloquist modern yang bonekanya lebih enak dilihat dan pertunjukan mereka sangat lucu.

Salah satu favoritku adalah Finalis dari Britain Got Talent yaitu Steve Hewlett dengan bonekanya Arthur.


Ventriloquisme atau Ventriloquism adalah seni berbicara tanpa menggerakkan bibir. Berasal dari kata Latin venter yang berarti perut, loqui yang berarti berbicara, dan ism yang berarti ilmu atau paham, ventriloquisme sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara dari perut.

Awalnya, ventriloquis adalah praktik keagamaan.Orang-orang Yunani menyebutnya gastromancy ( bahasa Yunani : εγγαστριμυθία). Suara-suara yang dihasilkan oleh perut dianggap menjadi suara-suara arwah / orang mati yang mengambil tempat tinggal di perut para ventriloquis. Ventriloquis kemudian akan menafsirkan suara, karena mereka dianggap mampu berbicara kepada orang mati, serta meramalkan masa depan. Saat itu, para penganut animisme tersebut mempercayai jika para pendeta kuil itu dapat membuat orang mati berbicara.

Salah satu kelompok tercatat paling awal yang memanfaatkan teknik ini adalah Pythia (bahasa Yunani: Πυθία), seorang pendeta wanita di kuil Apollo di Delphi, yang bertindak sebagai saluran Orakel Delfi.Pythia

Pythia (Python) kemudian menjadi salah satu kata yang paling umum digunakan di Yahudi klasik dan Kristen awal untuk menunjuk satu perbuatan nujum (peramal masa depan). Beberapa versi bahasa Inggris awal Alkitab untuk menerjemahkan kata gastromancy dalam Septuaginta di Kisah Para Rasul, yaitu mengenai seorang perempuan yang mempunyai roh yang dapat berbicara mengenai masa depan.

Salah satu gastromancer (pendeta kuil yang memakai ventriloquis) paling sukses adalah Eurykles, seorang pendeta kuil di Athena, dalam bukunya disebut Euryklides yang dihormati oleh para gastromancer.

 Dalam Abad Pertengahan, ventriloquis itu dianggap sebagai sihir. Namun pada abad ke-19, ventriloquis lebih diteriman sebagai pertunjukan panggung. Dengan bermunculan para ventriloquis dunia, ventriloquis tidak dipakai lagi dalam praktik keagamaan.

Orang yang dapat menggunakan ventriloquism disebut sebagai ventriloquis, yaitu seorang yang ahli berbicara atau bersuara sedemikian rupa sehingga seolah-olah berasal dari sesuatu atau orang lain atau bahkan bersuara dari tempat yang agak jauh. Dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai ahli suara perut atau ahli sulap suara.

Seni ventriloquism dapat digunakan untuk menghibur, mengajar, serta berpromosi. Pertunjukkan seorang ventriloquis digemari mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua karena pada umumnya dibawakan dalam bentuk komedi.

Ada 2 jenis Ventriloquism yaitu:

1. Near Ventriloquism atau suara perut jarak dekat. Suara perut jarak dekat digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis) menggunakan keahliannya untuk membuat satu (atau lebih) boneka atau benda yang berada di dekatnya untuk dapat mengeluarkan suara atau bahkan berbicara.

2. Distant Ventriloquism atau suara perut jarak jauh. Suara perut jarak jauh digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis) menggunakan keahliannya untuk membuat suara yang seolah-olah berasal dari tempat yang jauh atau dari ruangan yang lain.

2 komentar:

  1. Oalaaah ternyata begitu toh. Soalnya sebelum baca tulisan ini aku masih bertanya-tanya kok bisa bonekanya bicara xD

    BalasHapus
  2. Serem banget dong kalau bisa ngomong sendiri :p

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)