Selasa, 30 Juni 2015

Juni Penuh Fantasi

Ketika batas adalah imajinasimu sendiri


Bulan Juni tiba pada penghujungnya, blog ini sempat 10 hari tidak mempublikasikan postingan. Di bulan ini cukup banyak yang terjadi padaku tetapi akhirnya aku melakukan sesuatu yang telah kuinginkan sejak tahun 2011, Menulis buku fantasy.

Salah satu impian terbesar para pembaca buku fantasy adalah membuat buku fantasy mereka sendiri. Yang paling menakjubkan dari genre ini adalah kita membuat sebuah dunia baru, dunia yang kita inginkan dan orang-orang serta makhluk yang hidup di dalam dunia itu.

Seperti banyak penulis fantasy lain, tentunya yang memicuku untuk menulis genre ini adalah keindahan yang telah berhasil kurasakan berkat J.K. Rowling melalui Harry Potternya, tetapi aku tidak ingin membuat dunia tentang sihir, tidak hanya sihir.

Di tahun 2005, aku mengenal sebuah genre fantasy yang disebut Sci-fi Fantasy, ya mengabungkan antara Sci-fi dengan elemen Fantasy, lebih spesifiknya adalah Literatur RPG.

Literatur RPG tentu masih jarang dikenal luas oleh sebagian besar masyarakat kita karena termasuk jenis sastra modern yang baru populer dikalangan tertentu saja. Alasannya sederhana, untuk menikmatinya seseorang harus memiliki pengalaman bermain RPG. Baik itu RPG biasa, MMORPG atau sejenisnya.

Literatur RPG yang paling populer adalah yang berkaitan dengan Virtual Reality, sebuah permainan yang bisa membuat pemainnya benar-benar masuk ke dunia yang baru.

Jika kalian adalah penonton Anime atau Light Novel tentu ini sangat tidak asing, terutama dengan populernya Sword Art Online dan Log Horizon beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya Lit. RPG sudah ada jauh lebih lama dari yang kita bayangkan. Sebut saja 1/2 Prince dari China dan Yureka dari Korea. Keduanya berasal dari tahun 2000-an awal.

Saat ini yang benar-benar mempopulerkan genre ini sendiri adalah Novel terlaris di korea The Legendary Moonlight Sculptor dan Ark.

Selama ini, aku selalu berpikir bahwa nanti saja baru menulisnya. Nanti dan nanti karena tidak percaya diri dengan kemampuan menulis dan ide yang akan dikembangkan sampai akhirnya suatu hari di bulan Juni aku mengatakan pada diriku. Saatnya adalah hari ini.

Aku kemudian menantang diriku sendiri, selama 7 hari berapa jauh yang bisa kutulis. Kupikir aku akan mendapatkan sekitar 5 Bab, ternyata malah 16 Bab. Totalnya adalah sekitar 250 Halaman A4, dalam seminggu. Ini rekor terbaikku.
 
Aku telah merencanakan serial fantasyku yang berjudul Tales of Earthria sejak beberapa tahun yang lalu, walau belum menulis aku terus melakukan revisi ide cerita dan memperluas kerangka cerita. Aku sangat bahagia ketika akhirnya berhasil menghidupkan karakter yang hanya ada dalam kepalaku menjadi sebuah cerita yang mengalir.
 
Mulai saat ini aku akan kembali membagi waktuku untuk menulis blog dan novelku. Nantinya akan dibuat menjadi Webnovel, semoga bisa bertahan sampai puluhan buku.
 
Blog ini walaupun ditinggal cukup lama tetapi berhasil meningkat dalam segi Alexa rank menjadi 2,7 juta dan juga peningkatan pengunjung. Kuharap ke depannya bisa lebih baik lagi dan bermamfaat.
 
Sebagai penutup, inilah 5 Tulisan Terbaik di bulan Juni 2015
 

2 komentar:

  1. Hehe...bulan Juni saya jg tak rutin menulis, padahal cerita dan fotonya sdh tersedia, Santai deh... yg penting keinginan menullis masih punya. Btw Alexa sempet melorot juga pas bulan Mei, drastis! g tau kenapa? Dan sekarang menuju perbaikan.Smg bisa kembali ke awal, 1.9.Soalnya diangka 2 jutaan suka lelet banget turunnya.3 kali ngalami seperti itu. Sukses terus ya Ron...:)

    BalasHapus
  2. Biasanya sih karena ada kata kunci yang kuat di blog kita melemah, seperti kemarin punyaku melorot karena beberapa kata kunci andalan sempat turun, setelah dinaikin lagi baru deh membaik seperti sekarang.

    Sukses terus juga untuk Kak Tia :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)