Rabu, 17 Juni 2015

Status Quo Sikap Anti Perubahan

Ketika kamu bisa menerima perubahan,
Kamu bisa membuatnya menjadi sebuah peluang


Status Quo adalah sebuah kondisi statistik yang dibuat untuk menjaga stabilitas agar tidak terjadinya perubahan demi keuntungan beberapa pihak. Status Quo juga dapat ditujukan bagi individu maupun kelompok yang berusaha mempertahankan keuntungan dan hak-hak istimewa walaupun harus merugikan orang banyak.

Status Quo sekilas memang terlihat mirip dengan zona nyaman tetapi sebenarnya berbeda, kondisi ini dapat ditemukan di dalam kehidupan sosial, politik, dan bisnis.

Ada banyak contoh status quo itu sendiri, dalam sosial misalnya adalah sekelompok orang yang hanya ingin bergaul dengan kelompok mereka sendiri. Mereka tidak membiarkan orang baru menjadi bagian dari mereka dan juga mempertahankan orang-orang lama untuk tidak pergi.

Friendzone yang populer bisa termasuk sebagai status quo, karena pihak yang memberikan friendzone tetap mendapatkan hak-hak yang dia inginkan tanpa memberi lebih, berbeda jika melanjutkan kehubungan pasangan.
Dalam politik, kita bisa melihat kondisi post power syndrom, dimana yang dulunya pernah berkuasa di pemerintahan berusaha tetap  memiliki kekuasaan itu dengan berbagai cara. Indonesia sendiri pernah merasakan ini di era Presiden Soeharto.

Begitu juga kursi ketua Parpol yang selalu diduduki orang yang sama selama beberapa periode adalah contoh dari Status Quo.

Berbeda lagi dalam dunia bisnis, Status Quo seringkali berhubungan dengan strategi bisnis. Mereka mempertahankan metode lama yang terbukti mampu menjalankan bisnis daripada metode baru yang mungkin bisa meningkatkan keuntungan.

Terkadang ada juga status quo dimana seorang atasan tidak ingin bawahannya naik jabatan apalagi melewati dirinya. Sehingga berusaha mempersulit bawahannya untuk naik jabatan.

Budaya Status Quo kini semakin kental dalam masyarakat Indonesia, padahal budaya inilah yang membuat baik perekonomian dan perkembangan negara-negara maju menurun.

Perubahan tidak akan menjadi buruk, bahkan bisa menjadi peluang jika kita siap menghadapi dan menerimanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)