Minggu, 05 Juli 2015

Sindrom Cotard - Cotard's Syndrome



Di zaman modern seperti ini, sudah bukan hal aneh lagi jika orang-orang mengetahui tentang zombie atau mayat hidup. Jika dulu zombie lebih terkesan seperti Jiangshi atau vampir cina, kini zombie lebih populer karena disebabkan virus.

Banyak film yang mengangkat tema zombie ini, bahkan salah satu serial populer di US, Walking Dead bisa mencapai popularitasnya berkat tema ini. Tetapi taukah kamu bahwa ada sebuah kondisi psikologis yang membuat orang merasa dirinya seperti zombie?

Sindrom Cotard atau yang dikenal juga dengan Walking Corpse Syndrome (WCS) merupakan salah satu kelainan neuropsikiatrik yang jarang terjadi. Penderita sindrom ini akan merasa bahwa ia sudah mati dan tidak ada di dunia lagi.  Penderita sindrom ini mengalami delusi bahwa dirinya mati atau tidak tercipta di dunia ini. Penderita juga kadang menceritakan bahwa dirinya sedang di akhirat akibat mati karena penyakit tertentu. Orang dengan sindrom Cotard juga merasa bahwa ia sudah kehilangan darah atau organ internalnya serta bagian-bagian tubuh yang sudah membusuk, padahal sebenarnya orang tersebut tidak kehilangan apapun.

Cotard's Syndrome adalah salah satu kelainan neuropsychiatric yang langka terjadi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa. Sekedar info, sindrom ini diberi nama sesuai dengan penemunya yaitu, Jules Cotard yang menemukan kasus unik ini pada 1880.

Kondisi ini juga telah dikaitkan dengan gangguan lain seperti skizofrenia dan gangguan bipolar. Selain kelainan mental, kondisi ini dapat terjadi ketika ada masalah dengan otak, seperti cedera pada kepala.
 
Gejala-gejala sindrom Cotard adalah sebagai berikut:
  1. Depresi
  2. Memiliki pikiran untuk bunuh diri
  3. Selalu berpikiran negatif
  4. Percaya bahwa tubuhnya sudah tidak ada dan sudah mati
  5. Percaya tubuhnya tidak memiliki darah, organ internal dan membusuk
Karena sindrom Cotard sangat langka, maka belum ada perawatan yang tepat untuk mengatasi kondisi aneh ini.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)