Selasa, 25 Agustus 2015

5 Prinsip Reiki - Dr. Mikao Usui


Dr. Mikao Usui adalah seorang praktisi reiki yang menggunakan energi untuk melakukan penyembuhan, tetapi disini aku tidak membahas tentang reiki melainkan prinsip reiki yang menurutku baik.

Aku mengenal 5 prinsip reiki ini beberapa tahun lalu, tertulis disebuah kertas lalu ditempel di dinding dengan rapi di ruang kerja seorang teman. Aku membacanya dan merasa ini hal yang baik.

Adapun 5 Prinsip Reiki adalah..

Just for today I will not angry Just for today I will not worry
Just for today I will be grateful
Just for today I will do my work honestly
Just for today I will be kind to every living thing


Just for today I will not angry

Marah adalah salah satu bentuk emosi negatif, pernahkah anda merasakan satu hari dimana anda tidak perlu marah? Jika pernah maka anda akan mengerti bagaimana bahagianya jika satu hari tanpa kemarahan.

Mungkin ada yang bilang kemarahan itu positif, sebenarnya itu tidak benar. Dalam sisi pandang ilmu apapun terutama ilmu kejiwaan, marah bukan hal yang baik dan tentu saja memendam kemarahan juga tidak baik. Belajar untuk melepas kemarahan itu.

Cara termudah untuk mengurangi kemarahan adalah mengurangi melihat, mendengar dan berbicara yang tidak baik. Di jepang, hal ini dikisahkan dalam kisah 3 monyet bijaksana - Mizaru, Mikazaru, Mazaru.

Just for today I will not worry

Manusia adalah makhluk yang sangat senang khawatir dan 90% hal yang dikhawatirkan tidak terjadi. Kekhawatiran selalu membuat tidur tidak nyaman dan menjauhkan kebahagiaan.

Mengurangi kekhawatiran adalah dengan mempersiapkan diri dengan baik, menerima masa depan dan melakukan semua hal sebaik mungkin.

Just for today I will be grateful
Salah satu hal yang paling dilupakan manusia adalah bersyukur. Ketika tidak bersyukur berarti tidak menghargai apa yang telah dimiliki dan dicapai. Hal ini juga menjauhkan diri dari kebahagiaan.

Dengan bersyukur kita akan belajar menghargai diri sendiri dan merasa cukup, karena dunia ini selalu bisa memenuhi kebutuhan semua orang tetapi tidak keserakahan satu orang.

Just for today I will do my work honestly

Harga kejujuran hanya diketahui mereka yang merasakan pahitnya pengkhianatan dan kepalsuan tetapi tidak perlu menunggu merasakan hal tersebut untuk memulai kehidupan yang jujur.

Hidup yang jujur juga mengurangi kekhawatiran, menandakan rasa syukur dan tentunya membuat orang bisa memberikan kepercayaan.
  
Just for today I will be kind to every living thing
Manusia pada dasarnya sangat suka menghakimi orang lain, hal ini terus membudaya dan menguat di zaman ini. Niat untuk menghakimi membuat orang lain sulit untuk berbuat baik kepada makhluk hidup lainnya. Padahal hanya dengan kebaikan kita bisa membuat hidup ini lebih baik.

Kehidupan seringkali seperti cermin, apa yang kau berikan pada dunia akan berbalik padamu. Tidak segera tapi pasti. Jadi berbaiklah pada makhluk lainnya.

Dalam kehidupan yang terpenting adalah saat ini, karena hanya itulah waktu yang benar-benar kamu miliki. Bukan masa lalu bukan pula masa depan. Itulah maksud dari Just for today, setidaknya hanya untuk hari ini lakukan itu dan ulangi prinsip ini setiap harinya jika hari esok datang.

2 komentar:

  1. Sy suka dgn tulisan ini, dan tulisan ini bermanfaat bagi pembacanya^^

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)