Minggu, 23 Agustus 2015

Berkomunikasi Secara Efektif di Luar Kepala

Bagi sebagian besar orang pidato, wawancara dan presentasi adalah sesuatu yang menakutkan. Secara sederhana itu disebabkan kemampuan komunikasi yang kurang atau masalah percaya diri. 

Beberapa teman yang bertanya kepadaku rahasia melakukan presentasi atau pidato yang baik selalu kujawab kuncinya adalah percaya diri dan untuk bisa percaya diri harus mampu berkomunikasi dengan baik. Salah satu cara melatih komunikasi yang baik adalah dengan berkomunikasi efektif di luar kepala.

Apa maksudnya? Ini ada 9 poin yang akan membantu anda dalam berkomunikasi di pidato, wawancara dan presentasi.

1. Pastikan anda membuat gambar dengan kata-kata yang akan anda gunakan. Otak menyukai gambar yang aneh, dramatis dan menarik. Gunakan simile dan metaphor untuk membantu menciptakan gambar di dalam kepala.

2. Gunakan tiga modalitas dengan memberikan penonton anda sesuatu yang dapat dilihat, didengar dan dilakukan.

3. Sertakan informasi tersebut dan tampilkan sedemikian rupa agar tampak menarik bagi kedua sisi otak. Anda bisa membuat sebuah pidato dengan struktur yang logis tetapi isi dengan ide-ide kreatif yang melibatkan sebanyak mungkin indera penonton anda.

4. Posisikan diri anda sebagai penonton, kata-kata apa yang bisa menyentuh dan mempengaruhi mereka secara emosional.

5. Perhatian penonton biasanya terpusat pada awal dan akhir, jadi penting untuk membuat pembuka dan penutup menjadi sangat menarik. Gunakan kata-kata yang menyenangkan atau gambar yang menarik saat presentasi.

6. Sebelum melakukan presentasi atau wawancara apapun, simulasikan hal tersebut di kepala anda dan simulasi itu menunjukan keberhasilan anda dalam melakukannya. Betapa baik, siap dan menariknya anda di mata penonton. Resapi hal itu dan berlatih untuk mencapai hasil itu.

7.  Kuasai materi sebelum melakukan komunikasi, pastikan anda sudah membentuk rute atau gambaran pembicaraan sehingga tidak perlu membawa kertas maupun hal lain yang menganggu jalannya komunikasi.

8. Jika menggunakan bantuan visual usahakan untuk setiap bagiannya memiliki makna, seperti warna visual itu sehingga dapat memberikan pengaruh yang maksimal. Jika menggunakan gambar sebaiknya kurangi kata-kata karena sebuah gambar bisa menyampaikan 1000 kata.

9. Bersikap positif dan berpikir positif, bangun rasa kepercayaan diri dan yakin bahwa anda mampu melakukannya dengan baik.

Sembilan hal ini jika dilakukan dengan baik akan membuat anda bisa berkomunikasi dengan efektif di luar kepala. Jika diperhatikan untuk melakukan presentasi, pidato maupun wawancara yang terpenting adalah kesiapan dan pengalaman. Jika sudah melakukan kedua hal itu maka akan terbentuk kebiasaan serta rasa percaya diri yang baik. Semoga berhasil!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)