Sabtu, 22 Agustus 2015

Empat Jenis Memori Manusia

Memori Manusia selalu menjadi hal yang menarik bagi ilmuwan, setelah mengetahui bahwa memori sebenarnya adalah sistem kerja berbagai bagian otak, kini berbagai cara digunakan untuk memaksimalkan kemampuan memori manusia.

Memori atau Ingatan sebenarnya dapat dibagi menjadi empat jenis, jika biasanya memori dibagi dari jangka waktunya seperti Short-term atau Long-term memory, empat jenis memori ini berdasarkan cara kerja ingatan manusia.

Yang pertama adalah Memori Prosedural, perannya adalah mengingat secara tak sadar seperti cara bernafas, berlari, makan, bermain piano, menjaga keseimbangan, mengendari mobil dan menendang bola. Kemampuan memori ini paling mendasar sekaligus paling sulit dilatih namun bisa terganggu oleh gangguan otak atau syaraf tertentu.

Memori Semantik atau Jendela Dunia pada otak kita, fungsinya adalah menyimpan wawasan yang bersifat fakta dunia atau hal yang kita ketahui tentang dunia seperti Menara Eiffel berada di Paris, Kangguru berasal dari Australia atau Sushi berasal dari Jepang.

Memori Episodik si penyimpan masa lalu, memori ini menyimpan kejadian dan peristiwa di masa lalu tetapi tidak selalu akurat. Ini memori yang paling lemah namun sekaligus paling mudah untuk dilatih.

Memori Prospektif, ini sistem memori yang mengumpulkan data serta menentukan apa yang anda lakukan di masa depan tetapi biasanya sama sekali tidak akurat.

Dengan mengenal keempat memori ini kita bisa memahami kenapa seseorang yang lupa ingatan tidak menjadi bodoh, karena ketika terjadinya amnesia yang terganggu adalah memori episodik sementara memori semantiknya dapat bekerja dengan baik atau seorang yang menderita amnesia tetap bisa bermain piano dan menerbangkan pesawat terbang disebabkan memori proseduralnya dapat mengingat hal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)