Selasa, 11 Agustus 2015

Hyperthymesia Syndom Ingatan Super


Jika mendengar kata Hyperthymesia, sebagian besar orang akan menaikan salah satu alisnya atau langsung bertanya apakah itu? Setelah dijelaskan mayoritas akan mengatakan andai mereka memilikinya, mereka tidak ingin disembuhkan.

Hyperthymesia memang termasuk 10 besar kondisi yang tidak ingin disembuhkan menurut riset, tetapi tentunya riset ini tidak bisa dibilang akurat. Alasannya? Hanya ada 20 hingga 25 orang saja yang pernah tercatat memilikinya.



Hyperthymesia adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki ingatan super (autobiographycal memory),yang berarti mereka dapat mengingat sebagian besar pengalaman pribadi dan kejadian dalam kehidupan mereka.Hanya ada 20 kasus mengenai hal ini dalam sejarah umat manusia,tapi mereka yang mempunyai kemampuan ini menceritakan hal yang mengerikan.

tentang hal ini.Setiap orang yang telah terdiagnosa mempunyai memori yang hyper-active yang dapat mengingat setiap detil tidak peduli berapa menit dalam kehidupan mereka yang menghantui mereka pada saat mereka terbangun.


Jangan samakan mereka dengan orang yang mempunyai ingatan photographic,Hyperthymesia ini tidak dapat menghentikan ingatan mereka untuk memanggil kembali setiap kejadian yang telah mereka alami dalam kehidupan mereka.


Peneliti dari Universitas California pertama menceritakan rincian mengerikan dari seorang pasien yang mereka sebut AJ pada tahun 2006. Rincian kasus itu dijelaskan dalam majalah Neurocase. Sampai saat itu, memori ini umumnya dipandang sebagai sesuatu dilebih-lebihkan oleh pasien itu sendiri. Setelah laporan itu, puluhan lainnya keluar mengklaim memiliki kondisi yang sama. Namun, hanya 20 kasus telah dicatat hingga saat ini yang benar benar merupakan Hyperthymesia.


Perbedaan utama antara hyperthymesics dan mereka dengan memori biasa adalah ketidaksadaran alami yang dialami penderita. Mereka yang memiliki gangguan tiba-tiba melihat kejadian biasa seperti tanggal pada kalender dan mengasosiasikan setiap peristiwa secara tidak sadar. Sementara kebanyakan orang mengingat peristiwa penting seperti ulang tahun mereka, Natal, dan hari mereka bertemu seorang teman lama, hyperthymesic akan mengingat setiap hari, tidak peduli seberapa siap anda untuk mengingatnya kembali hal yang sama.

Mungkin ini terdengar seperti karunia yang luar biasa, mereka yang berada pada kondisi tersebut telah melaporkan hal ini sebagai kutukan. Mereka menemukan diri mereka terus-menerus terganggu saat mereka menjalani kehidupan sehari-hari mereka tidak pernah cukup mampu untuk hidup di saat ini karena mereka terus menerus mengenang kejadian berulang yang telah terjadi.Ini semacam lingkaran yang memakan kesadaran diri mereka untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari dalam suatu jangkar yang terus menerus akan diingat sepanjang hidupnya.Hal ini menghambat mereka untuk menjadi lebih produktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Penelitian lebih lanjut pada mereka yang menderita dari kondisi tersebut dilakukan dengan test IQ sederhana untuk studi kasus yang luas yang melibatkan sejarah panjang mereka, kehidupan mereka sebelum insiden mulai terjadi,jurnal pribadi,jurnal dari teman, dan bahkan pertanyaan acak dirancang untuk menentukan apakah mereka dapat mengingat dengan tepat apa yang yang terjadi pada tanggal yang juga telah diacak. Pada akhirnya, orang-orang dengan kenangan Super akhirnya menemukan bahwa bakat mereka lebih merupakan beban daripada sebuah karunia.

Kondisi tidak dapat dugunakan untuk menghafal berbagai fakta dan informasi.Selain mampu mengingat informasi yang dipelajari, hyperthymesia meninggalkan penderita dengan aliran terganggu dari apa yang disebut "yg berhubungan dgn riwayat hidup sendiri" kenangan, kenangan yang berarti pengalaman. Mereka merasa hampir mustahil untuk menerapkan bakat mereka untuk informasi abstrak atau fakta dalam belajar, Hal ini membuat mereka normal atau di bawah kemampuan menghafal rata-rata manusia biasa.


Penyakit ini sangatlah langka,tapi ini memang keanehan yang belum dapat dijelaskan dan salah satu misteri terbesar otak manusia. 
 
Pada intinya, kemampuan ini sama sekali tidak membantu dalam proses belajar, seperti mengingat informasi yang penting namun sebaliknya membuat bayang-bayang masa lalu selalu menghantui mereka.
 
Bayangkan kalau remaja Indonesia yang galau karena mantan memiliki ini, maka dia tidak akan pernah bisa move on, hehe.
 
Jadi menurut kalian, apa masih mau memiliki kemampuan ini?

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)