Senin, 31 Agustus 2015

Kumpulan Tabu dan Kepercayaan Orang Tionghua #2



Di luar dugaan ternyata tulisan sebelumnya cukup populer, aku bertanya ke beberapa orang tentang tabu yang mereka ketahui agar serial tulisan ini semakin lengkap. Bagi yang belum membaca tulisan sebelumnya bisa membaca di Kumpulan Tabu dan Kepercayaan Orang Tionghua #1.

Mari kita bahas yang masih seputar kehamilan.

Pasca Lahiran

Jika perempuan zaman sekarang bisa mandi saat cuaca panas dan makan buah dingin sambil santai dengan kipas angin atau AC berbeda dengan wanita Tionghua zaman dulu. Bukan hanya waktu hamil, setelah melahirkanpun banyak tabu yang tidak boleh dilanggar.

Tidak boleh mandi air dingin, terkena angin dingin juga tidak boleh karena diyakini bisa terkena radang sendi.

Selain itu hingga usia bayinya sampai satu bulan, sang ibu tidak boleh menginjakan kakinya keluar rumah dan juga tidak bisa berpesta. Jika gempa bumi atau kebakaran gimana ya?

Yang terakhir adalah tidak boleh berhubungan intim setelah melahirkan karena bisa membawa sial serta penyakit mistik kepada suami. Kini kita memahami bahwa ada alasan medis untuk itu.

Masa Kehamilan

Ada beberapa tabu tambahan untuk tulisan sebelumnya. Wanita yang sedang hamil diyakini tidak boleh untuk melihat benda atau hewan yang buruk rupa karena diyakini akan mempengaruhi rupa anak mereka, sehingga ke kebun binatang adalah ide yang buruk.

Seorang calon Ibu juga tidak boleh mengatakan hal-hal yang buruk dan kotor, hal ini diyakini membuat anaknya akan bodoh, nakal bahkan gila.

Tidak melakukan kegiatan yang bisa membuat dirinya ketakutan, dalam masa ini seperti menonton film horror karena bisa membunuh bayi dalam kandungan.

Tabu-tabu ini sebenarnya untuk membuat wanita hamil berpikir hal-hal baik dan positif agar proses kehamilannya juga baik.

Tanggal 5 Bulan 5 dan Kelahiran

Dalam kalender Lunar, tanggal 5 bulan 5 dikenal sebagai hari setan. Kebenaran hari ini baru terjadi beberapa hari lalu. Diyakini seorang anak yang lahir di tanggal ini akan membawa kesialan yang amat besar bagi keluarganya dan jika anaknya perempuan akan membuat Ibunya meninggal karena sakit.

Di zaman dulu banyak orang tua yang tega membuang anak mereka ke sungai bahkan ke gunung untuk terhindar dari kesialan. Sedikit orang tua yang waras akan membawa anaknya ke kuil untuk menjadi Rohaniawan/wati.

Kenyataannya setiap manusia lahir dengan bersih, tabu seperti ini telah menelan begitu banyak korban di masa lalu.

Anak Shio Macan

Orang Tionghua sangat menyakini bahwa ke 12 Zodiak China mempengaruhi kelahiran dan peruntungan seseorang. Di antara 12 Shio, Macan dikenal paling ganas dan tidak bersahabat. Jika di tahun Naga akan banyak orang yang melakukan upacara dan pesta, di tahun Macan sesepuh akan melarang perayaan yang mewah karena takut menganggu macan.

Yang paling ditakuti orang Tionghua zaman dahulu adalah memiliki anak di tahun Macan, kebanyakan dari mereka akan berusaha mengugurkan kandungan mereka karena diyakini jika seorang anak pria bershio Macan lahir, dia akan sulit dibesarkan dan nakal. Ketika dewasa dia akan menjadi sangat bengis dan kejam.

Lebih parah lagi jika seorang putri yang lahir di tahun Macan, dia tidak akan dianggap manusia karena sifatnya yang luar biasa kejam, apalagi jika lahir di tengah malam maka dia adalah Macan pemakan laki-laki yang tidak bisa menikah karena menghabisi setiap pria yang dia dekati, jika menikahpun tidak akan bertahan lama.

Selain itu orang Shio Macan tidak boleh menatap anak bayi bahkan jika itu anak mereka sendiri karena dapat membuat anak-anak itu terluka secara emosional bahkan mati mendadak.

Tentunya hal ini tidak benar, banyak orang Shio Macan yang baik dan bijaksana. Sedangkan orang yang jahat dan kejam terdapat dalam setiap Shio.

Anak-Anak yang Bodoh

Orang Tionghua menyakini bahwa ada beberapa hal yang bisa membuat seorang anak tumbuh menjadi bodoh atau kurang rezekinya.

Pertama adalah seorang anak tidak boleh merangkak dibawah kaki atau rok perempuan, hal ini akan menyebabkan dia menjadi tidak bisa membaca dan menulis serta tidak tumbuh dengan baik atau pendek.

Selain itu tidak boleh memakan telur yang berasal dari dalam perut hewan yang mati atau diambil paksa, misalnya saat memotong ayam ternyata ada telur dalam perutnya. Anak tidak boleh mengkonsumsi telur ini karena bisa membuatnya berhenti tumbuh dan bodoh.

Anak yang masih kecil juga tidak boleh dipuji secara berlebihan. Jika anda memuji seorang anak berlebihan mungkin orang tua keturunan Tionghua zaman dulu akan segera menjauhkannya dari anda. Mereka menyakini bahwa jika seorang anak dipuji berlebihan, para hantu akan iri dan mengutuk anak itu agar bodoh dan lainnya. Hm.. Mirip kisah putri tidur dan beberapa putri disney lainnya bukan?

Terakhir jika anda dari keluarga yang mampu, sebaiknya tidak memberikan anak anda pakaian bekas karena bisa membuat rezekinya surut. Biasanya jika bekas saudara kandung masih boleh tetapi bekas orang lain diyakini tidak baik.

Soal Bertamu

Masyarakat Tionghua sebenarnya sangat suka menjamu tamu, mereka dibesarkan untuk melayani tamu dengan ramah dan baik tetapi hal ini juga membuat mereka menjadi tamu yang rewel. Dalam bertamu juga banyak aturan yang dimiliki oleh orang Tionghua, beberapa diantaranya adalah..

Tidak boleh membersihkan meja atau menyapu saat sedang ada tamu, ini berarti anda mengusir mereka secara halus. Saat tamu sedang berbicara tidak boleh batuk, mengupil atau menguap karena itu menghina mereka.

Jika anda memiliki anak atau hewan peliharaan yang berbuat nakal, jangan membentak atau menegur mereka di depan tamu karena mereka akan merasa itu ditujukan pada mereka. Yang paling penting jika seorang tamu pulang saat matahari sudah tenggelam, anda harus memberikan sesuatu untuk dia bawa pulang, biasanya makanan seperti buah. Jika anda tidak memiliki apa-apa setidaknya dia harus pulang dengan mulut terasa manis, teh manis adalah pilihan yang baik.

Ini tentunya berkaitan dengan etika dalam bersosial, anda tentu ingin diperlakukan dengan baik saat bertamu bukan? Jadi berbaik hatilah ketika menerima tamu.

Bertamu

Jika ada tabu dalam melayani tamu, lain lagi halnya tabu dalam bertamu. Sangat disarankan untuk tidak bertamu secara mendadak atau tanpa janji terlebih dahulu karena anda dapat datang diwaktu yang tidak tepat.

Biasanya orang Tionghua senang dikunjungi saat malam hari, seperti makan malam bersama kemudian berbincang kejadian hari itu. Walau masyarakat saat ini memiliki pandangan berbeda.

Jika sudah membuat janji pastikan anda tepat waktu, tidak terlambat dan juga tidak terlalu awal. Ketika datang sebaiknya cukup mengetuk pintu atau membunyikan bel, jika pintu sudah terbuka sedikit baru memanggil satu kali dan menunggu jawaban.

Selain itu pastikan untuk tidak menginjak pembatas pintu, karena itu merupakan nadi rumah dalam fengshui. Ingat untuk menyalami pemilik rumah dan saat sedang bersalaman tidak melihat kesana kemari seolah mencari barang hilang.

Hal yang penting adalah tidak berkeliling rumah tanpa izin pemilik rumah, karena ini sangat tidak sopan. Saat pemilik rumah sedang membuat minuman untuk anda sebaiknya duduk dengan tenang dan baik. Selain itu tidak baik berkunjung jika anda sedang dalam suasana berkabung, karena dianggap membawa nasib buruk.

Memberikan Hadiah Jam

Setiap orang pasti menyukai hadiah, tetapi dalam tradisi Tionghua ada sebuah tabu dalam memberikan hadiah jam.

Bagi anda yang menikmati waktu indah bersama seorang kekasih atau keluarga mungkin anda berpikir memberikan hadiah jam tangan adalah ide yang bagus, tetapi hal ini bisa sangat berbeda dalam tradisi.

Kata jam dan akhir kehidupan terdengar sama dalam bahasa China, sehingga memberikan jam seolah mengatakan bahwa anda ingin berpisah dengan kematian, dan tentunya itu kurang ajar.

Jadi bagaimana menghadiahkan jam kepada seseorang? Berikan jam sebagai hadiah tambahan ketika anda memberikan sebuah buku, itu artinya menjadi sebuah permulaan dan sebuah akhir yang memiliki arti baik dalam sebuah hubungan.

Seni Memberi

Ada alasan kenapa dalam setiap acara baik bahagia maupun sedih, Orang Tionghua lebih suka memberikan ang pao dalam acara itu, bisa dibilang amplop yang berisi uang. Sebabnya adalah karena begitu banyak larangan dan arti terselubung dalam setiap benda dalam tradisi dan bahasa Chinese maka untuk memberikan hadiah pada orang lain sangat sulit dan dapat disebut sebagai Seni Memberi.

Ya, membutuhkan sebuah seni dan wawasan tersendiri untuk memberikan hadiah yang tepat dalam berbagai macam acara. Memberikan ang pao sendiri juga ada aturannya, jumlah uangnya harus genap untuk situasi bahagia dan ganjil untuk situasi sedih jika anda terbalik maka jangan heran sandal melayang ke kepala anda.

Contoh lain adalah memberi payung pada seorang kekasih yang belum menikah adalah tabu karena itu artinya perpisahan. Memberi senjata tajam seperti pisau atau gunting pada teman adalah pemutusan persahabatan, Sapu tangan sebagai hadiah ulang tahun berarti mendoakan kematian dan masih banyak hal lainnya karena itu orang Tionghua kuno menolak dititip buah tangan saat berpergian.

Buah Pear

Jika seseorang sedang sakit dan terbaring di rumah sakit biasanya anda akan membawakan buah kepadanya atau sesuatu lain untuk menghiburnya bukan? Kecuali anda menganggap diri anda hadiah itu sendiri.

Dalam tradisi Tionghua, memberikan orang yang sedang sakit parah buah pear adalah cara paling halus untuk menyumpahinya mati. Alasannya buah pear memiliki bunyi yang sama dengan keberangkatan dalam bahasa Mandarin.

Selain itu buah pear juga digunakan untuk seseorang yang tidak berani memutuskan pasangannya. Memotong buah pear menjadi dua di depan pasanganmu adalah menandakan putus hubungan. Mirip-mirip alasan sekarang aku mau fokus belajar dulu dan sejenisnya.

Merayakan Ulang Tahun Lebih Awal

Biasanya di masyarakat modern saat ini, dikarenakan banyak alasan atau kesibukan seseorang merayakan ulang tahunnya tidak pada hari aslinya. Bukan tidak mungkin sebelum hari ulang tahun itu tiba dia sudah merayakannya. Hal ini bagi orang Tionghua sangat tabu.

Anda boleh merayakan ulang tahun anda berkali-kali setelah melewati hari ulang tahun tersebut tetapi tidak boleh sebelum hari itu tiba. Diyakini hal ini membuat usia anda menjadi "jauh" lebih pendek dari seharusnya karena mendahului langit.

Pada dasarnya manusia masa kini tidak menyukai perayaan ulang tahun karena menandakan usia yang semakin tua kecuali anda orang yang terkenal.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)