Jumat, 07 Agustus 2015

Kumpulan Teka Teki Riddle



Kata Riddle mungkin tidak asing untuk sebagian orang, jika anda pengemar Harry Potter maka anda mungkin mengingat nama Tom Riddle, tetapi bukan tokoh itu yang dimaksud.

Riddle adalah sekumpulan kata dan kalimat yang disusun sedemikian rupa untuk menyembunyikan sebuah rahasia dengan bentuk yang memusingkan, membingungkan, menjerumuskan, menyesatkan serta mendistorsi pikiran anda ke dalam ketidaktahuan. Biasanya cerita yang dibuat di dalam riddle ini begitu kuat, sampai - sampai kita dapat merasakan suasana cerita dan lebih terpacu untuk mencari tahu dan menyelesaikannya. Dalam menjawabnya pun kita tidak boleh asal, kita harus tahu apa permasalahan yang dicari dan dalam menjawab harus ada alasan yang kuat, masuk akal serta memiliki jawaban yang obyektif sehingga dapat diterima dengan baik.
Jangan salah, riddle ini nggak cuma permainan teka - teki iseng belaka. Riddle ini juga termasuk salah satu dari kategori Brain's Food atau Makanan Otak. Brain's Food ini sangat berguna dalam melatih daya pikir atau kekuatan kita dalam berpikir.
 
Sebagai Trivia dan mungkin spoiler Tom Riddle atau nama lengkapnya Tom Marvolo Riddle adalah sebuah nama yang merupakan bentuk teka-teki (riddle) tersembunyi yang disisipkan oleh J.K. Rowling karena jika disusun namanya bisa membentuk kalimat I Am Lord Voldemort.
 
Tulisan ini sekaligus bentuk publikasi kategori baru di blog ini yaitu Brain Games.
 
BMW
bmw-i8-coupe-left-front-1 - Copy



Seorang pria berpakaian rapi masuk ke sebuah bank dan disambut costumer servicenya.

“Ada yang bisa saya bantu, Pak?”

“Saya ingin meminjam uang $ 100.”

Sang pegawai bank merasa jumlah itu terlalu kecil, namun mengikuti permintaan pria itu. “Lalu apa yang akan Bapak gunakan sebagai jaminan.”

“Itu, mobil BMW saya di luar.”

Pegawai bank itu terkejut, “Hah? Apa Bapak serius? Dengan mobil semewah itu Bapak bisa meminjam uang sebesar $ 300.000!”

“Namun saya hanya butuh $ 100 saja.”

Petugas bank itu dengan keheranan tetap mengikuti permintaan pria itu. Setelah menandatangani meterai, pria itu menyerahkan mobilnya untuk disimpan oleh pihak bank dengan keamanan ketat.

Setelah 6 minggu berlalu, pria itu kembali ke bank, mengembalikan uang $ 100 yang dipinjamnya bersama bunga sebesar $ 3.

“Liburan selama 6 minggu ini adalah liburan terbaik saya!” katanya puas.


OBROLAN DI CHATROOM

IMG_8347


>> Blues2001

Ada yang tinggal sendiri di apartemen? Aku punya pengalaman aneh.

>> Dino91

Aku tinggal di apartemen. Ada apa emang? Jangan bilang gedungmu berhantu.

>> Blues2001

Tidak. Lebih aneh lagi. Aku menemukan gulungan kertas di depan pintuku tiap pagi. Isinya hanya angka-angka acak. Namun setiap hari angka-angka itu bertambah.

>> Dino91

Mungkin orang iseng

>> CatEye

Kau yakin kertas itu bukan untuk kamar di sebelahmu?

>> Blues2001

Tidak. Kamar di sebelahku kosong semua.

>> Dino91

Ada CCTV kan?

>> Blues2001

Itu masalahnya. CCTV di lorong depan kamarku tidak menyala. Aku sudah komplain tapi tak ditanggapi sama manajemen gedung.

>> CatEye

Kau melihat ada orang yang menaruhnya?

>> Blues2001

Nah malam kemarin aku begadang sampai subuh menunggu di depan pintu, tapi aku ketiduran dan baru bangun siang. Dan lagi-lagi kertas itu ada di bawah pintuku!

>> CatEye

Haha seperti adegan Spongebob

>> Dino91

Seperti apa angkanya

>>Blues2001

Hanya angka acak. Aku tak tahu maksudnya. Ini sudah dimulai dua minggu lalu, sejak Senin. Ini dia angkanya

2215215822102225022601302225

214721522230223402350547

>>Dino91

Bentar ... ini hari Minggu kan? Dan tadi malam kau begadang?

>>CatEye

Bro, kurasa kau harus segera pergi dari sana.
 
DIARY

diary_446
Gadis itu masih berusia 11 tahun ketika meninggal. Kakaknya yang tinggal di luar negeri pulang untuk pemakamannya dan merasa sangat sedih. Seusai pemakaman, ia masuk ke kamar gadis itu dan menemukan diarinya. Diari itu masih kosong, hanya ada satu halaman yang ditulisi gadis itu semasa hidup.
Umurku 11 tahun.
Bunga favoritku adalah lily putih.
Ibu orangnya galak namun ia selalu memasakkan makanan enak.
Hari kesukaanku adalah Minggu sebab tidak ada sekolah.
Usiaku akan jadi 12 tahun tahun depan. Semoga akan ada pesta.
Namaku Sayuri – Chan
Ulang tahunku setiap 29 Februari
Bulan favoritku adalah Maret sebab bunga sakura mulai mekar.
Ikan bakar adalah makanan favoritku
Desember selalu turun salju dan halaman terlihat putih.
Ujian sekolah adalah hal yang paling kubenci. Hu’uh!
Kakak, tolong baca pesanku.
Aku tak ingin menjadi dewasa. Aku ingin jadi anak kecil selamanya.
Kakak itu tersenyum membaca tulisan adiknya yang terkesan lucu itu. Ya adikku, aku sudah membacanya, ucapnya dalam hati. Kau sudah menjadi anak kecil selamanya.
 


EMPAT SAHABAT

friendship-93a


Aku dan Mr. A, Mr. B, dan Mr. C adalah empat sahabat karib. Kami selalu bersama-sama dan pulang kerja juga dalam satu mobil.

A: “Sebentar lagi kita semua akan berpisah karena pindah kerja. Apa kalian akan baik-baik saja?”

B: “Tentu saja. Toh aku sudah tidak bisa bekerja di perusahaan itu lagi.”

Aku: “Bos benar-benar marah ya gara2 kita menabrakkan mobil perusahaan haha. Kurasa lebih baik keluar daripada menunggu bos memecat kita.”

C: “Sialan! Itu semua gara2 kucing!”

Aku: “Aku pecinta kucing jadi aku lebih menyayangkan kucing yang kita tabrak ketimbang mobil yang hancur haha.”

A: “Semoga saja dia langsung mati dan tak merasakan rasa sakit.”

B: “Hei, apa kalian sudah membeli bunga?”

Aku: “Weleh ... untuk kucing yang kita tabrak? Oh ... aku tahu, itu untuk bos sebagai ucapan permintaan maaf ya? Mungkin mulai sekarang kita lebih baik naik kereta api ketimbang naik mobil.”

C: “Sudah. Aku benar2 mengambil pelajaran dari peristiwa ini dan lebih baik menggunakan kereta api lain kali.”

Aku: “Hei! Itu tadi yang kukatakan!”

A: “Kita jangan lewat tempat itu lagi ya. Aku sudah kapok.”

Aku: “Ah, kalian ini bagaimana? Terus kalian mengantarku pulang lewat jalan mana dong?”

B: “Kurasa aku akan berhenti naik mobil dan ganti pakai sepeda motor saja.”

Aku: “Eh, kalau begitu aku nebeng kamu aja ya.”

C: “Kamu enak punya sepeda motor. Aku hanya punya sepeda di rumah.”

B: “Haha beres nanti kuantar.”

Aku: “Sudah ah aku diam saja. Kalian pasti marah gara2 aku mengendarai mobil saat itu."
 
HAMSTER

hamster-1760


Aku baru saja membeli hamster Syria yang unyu2. Ada dua ekor yang aku beli, soalnya aku tak bisa memilih warna mana yang lebih bagus. Aku menaruh mereka di dalam kandang dan tak lupa mengunci mereka.

Namun keesokan harinya aku menemukan hanya tinggal satu ekor di dalam kandang. Salah satunya pasti kabur. Aku dan orang tuaku segera mencari hamster itu kemana-mana. Namun kami tak menemukannya.

Akhirnya aku membeli satu lagi hamster. Kali ini aku menaruhnya dalam kotak yang sama dan memastikan aku benar2 menguncinya. Namun tetap saja ketika aku mengeceknya keesokan harinya, lagi2 satu ekor hilang, kali ini justru hamster yang kubeli pertama kali. Kotak itupun masih terkunci ketika aku membukanya.

Aneh sekali. Aku segera menceritakannya pada orang tuaku. Kurasa kami harus pindah. Kurasa ada hantu atau bahkan stalker yang masuk ke rumah ini. 
 
TERKUNCI DI PERPUSTAKAAN

187mtrbnyi9gjjpg


Seorang gadis sedang mencari buku yang menjadi bahan tugasnya selama libur musim panas. Kata penjaga perpustakaan, buku itu ada di rak2 ini, namun ia tetap tak menemukannya. Ia mencari hingga malam ketika tak ada satupun murid yang ada di sana. Begitu sadar hari sudah larut malam, ia akhirnya menyerah. Namun ketika tiba di pintu depan, ternyata perpustakaan sudah terkunci. Karena pintu dan dinding yang tebal, tak ada seorangpun mendengar teriakannya.

Gadis itupun meringkuk sendirian di dalam perpustakaan. Ia terkunci di dalam sana selama liburan musim panas.

Begitu liburan berakhir dan perpustakaan dibuka kembali, semua orang terkejut menemukan mayat gadis itu di dalamnya. Sebelum meninggal, ia menulis sesuatu di salah satu buku yang dibacanya, semacam diari.

“Aku tak takut berada di sini. Ada banyak buku bagus yang bisa aku baca. Perpustakaan ini juga tak seram. Namun yang kutakutkan hanyalah mata menakutkan yang mengintip dari lubang kunci.” 
 
BONEKA VOODOO

voodoo-dolls-wallpaper


Aku tak tahu apakah kutukan boneka voodoo ini benar-benar efektif, tapi kurasa tak ada salahnya mencoba.

Aku benar-benar benci dengan guruku. Ia selalu saja memberiku nilai jelek padahal aku sudah belajar semalaman. Menurut website yang aku baca, kutukan boneka voodoo bisa terjadi apabila kita menggunakan barang-barang yang dimiliki oleh orang yang ingin kita kutuk.

Boneka sih aku punya, yang kurang tinggal barang milik si guru ini. Pada suatu hari aku melihat sisir tergeletak di mejanya dengan beberapa helai rambut masih menggantung di sisir itu. Haha dasar tua bangka, rambutnya sudah mulai rontok. Aku kemudian mengambilnya diam-diam dan mengikatkannya di boneka voodoo itu.

Nah sekarang kita bisa melakukan apapun yang kita mau pada boneka itu dan orang tersebut akan merasakan apa yang terjadi pada boneka tersebut. Apa ya yang enak? Kalo menjatuhkan boneka ini di lantai lima, pasti guru itu bakal remuk semua tulangnya. Kalo kupotong-potong pakai silet, pasti guru itu langsung berdarah-darah. Ah tidak ... cara itu kurang sadis. Akan kubakar saja boneka itu biar ia tahu rasanya terbakar panasnya api neraka hahaha.

Aku tak sabar melakukannya malam ini. 
 
GARA-GARA KECOA

cockroach-cosmetics-


“WAAAAA ADA KECOA!!!”

“Aaaah, kamu itu berisik banget! Emang ada berapa banyak kecoanya? Sepuluh?”

“Cuman satu tapi aku BENCI kecoak! Sumpah rumahmu tuh jorok banget!”

“Kalau nggak mau di sini ya pergi saja! Cepetan bunuh kecoanya! Pake sapu atau apa kek!”

“Ah sialan! Ini pertama kalinya aku membunuh kecoa. Hih!”

“BUK BUK BUK!!!”

“HEH HEH! Serius kamu membunuhnya pakai itu! Lihat tuh darahnya keluar semua! Aaaah ... sialan karpetku kotor semua deh!”

“Memangnya aku harus bunuh pakai apa? Pisau?”

“Ya paling nggak kau nggak perlu memukulnya sekeras itu kan? Gimana cara kita membuangnya sekarang?”

“Ih, ogah ... aku nggak mau menyentuhnya. Jijik! Isi perutnya sampai keluar semua tuh.”

“Kamu dong yang tanggung jawab membersihkan! Kamu kan yang membunuhnya. Ini ... pakai koran saja.”

“Ah apes .... kalau tahu bakal serepot ini nantinya, gue bakal nggak menuruti saranmu!”  
 
PETAK UMPET

old_fridge


Beberapa anak SD sedang bermain petak umpet di dekat rumah mereka. Satu anak mendapat giliran jaga, sedangkan yang lain langsung berlari mencari tempat untuk bersembunyi. Seorang anak menyusup ke tempat pembuangan sampah dan melihat sebuah kulkas terbengkalai. Ia membukanya dan isinya sudah kosong, jadi ia berpikir untuk bersembunyi di sana.

Pasti takkan ada yang menemukanku di sini, pikirnya.  


Bagaimana? Sudah berhasil menjawab semua? Jika penasaran dengan jawaban dari kisah-kisah tersebut, telah kusiapkan kunci jawabannya.

Riddle kukumpulkan dari berbagai sumber seperti buku, website dan kisah-kisah teman. Nantikan bagian duanya. :)


Kumpulan Jawaban :

BMW : Pria itu menitipkan mobil BMW dengan aman selama 6 minggu dan hanya perlu membayar $3.

Obrolan di Chatroom : Angka tersebut jika disusun akan menjadi 
22:15 21:58 22:10 22:25 02:26 01:30 22:25
21:47 21:52 22:30 22:34 02:35 05:47
Ada seseorang yang memperhatikan jam tidurnya.
 
 Diary : Jika membaca huruf awal dari setiap yang ditulis di diary maka akan terbaca AKU DIBUNUH IBU

Empat Sahabat : Si Aku sebenarnya sudah mati karena kecelakaan itu, karena itulah tidak ada yang menyambung omongannya. Bunga itu untuk dirinya.

Hamster : Ini pengetahuan umum bahwa Hamster dapat bersikap kanibal jika kelaparan, si aku lupa memberikan makanan. Jika memelihara Hamster jangan lupa diberi makan ya. :)

Terkunci di Perpustakaan : Penjaga Perpustakaan sengaja menunjukan rak yang salah agar dapat mengunci gadis itu di dalam.

Boneka Voodo : Untuk berhasil, Boneka voodo bisa berhasil jika menggunakan barang-barang milik bersangkutan, termasuk bonekanya. Dia memakai bonekanya sendiri jadi yang akan terbakar adalah dirinya sendiri.

Kecoa : Terjadi dua pembunuhan disini, yang pertama kecoa dan kedua manusia. Setelah bunyi Buk adalah dua kejadian berbeda ditempat sama.

Petak Umpet : Jika tidak ada yang menemukannya maka si anak akan mati karena kulkas sulit dibuka dari dalam.

6 komentar:

  1. baca ceritanya asyik! banyak-banyakin brain gamesnya kak!
    yang bisa aku tebak si hamster itu pasti mati dimakan sama salah satu hamsternya.
    yang voodoo sempet nebak bisa dia sendiri yang mati cuma nggak tau faktanya kalo bonekanya harus boneka si yang mau dibunuh itu.
    yang di perpustakaan, mata di balik lubang kunci itu mata penjaga perustakaannya itu kan ya?

    BalasHapus
  2. Iya mata penjaga perpustakaan.

    Di usahakan nanti banyak brain gamesnya, udah disiapin sejak lama ini. :)

    BalasHapus
  3. "Boneka Voodo : Untuk berhasil, Boneka voodo bisa berhasil jika menggunakan barang-barang milik bersangkutan, termasuk bonekanya. Dia memakai bonekanya sendiri jadi yang akan terbakar adalah dirinya sendiri"

    Itu gw baru tau lho. Dari dulu gw kira cuma perlu barang-barangnya doank tapi bonekanya bikin sendiri.

    BalasHapus
  4. Boneka biasa dibuat dari kain pakaian bekas target, isinya bisa bermacam-macam dan untuk menjahitnya menjadi boneka pun butuh rambut si target, benangnya diganti rambut.

    Makanya repot banget sebenarnya, lebih gampang santet indonesia, haha

    BalasHapus
  5. Jahit pake rambut juga susah lho. Rambut kan ga sekuat benang, harus disambung-sambung juga karena pendek-pendek.
    Udah gitu kalo targetnya mengalami kebotakan, dia aman dari voodoo ya.

    Orang sana mau nyantet aja ribet amet ya. Hahahaha...

    BalasHapus
  6. Iya, makanya orang botak rata-rata hidupnya panjang.

    Karena ribet makanya punah, haha.

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)