Senin, 24 Agustus 2015

Pro Scientia et Amor dan Mens sana In corpore Sano



Pro Scientia et Amor dan Mens sana In Corpore Sano adalah dua semboyan yang sering kudengar dan menjadi landasan SMA tempat kumenimba ilmu.

Kedua kutipan dari bahasa latin itu selalu terdengar "cheesy" tetapi belakangan kutau hal itu tidak benar.

Pro Scientia et Amor artinya Untuk Ilmu dan Cinta Kasih. Awalnya tidak ada hubungan antara kedua hal ini menurutku, tetapi akhirnya aku menyadari bahwa Ilmu dan Cinta Kasih harus saling melengkapi.

Ilmu tanpa Cinta Kasih akan membawa kita pada percobaan-percobaan mengerikan yang tidak manusiawi, kejahatan-kejahatan yang buruk dan penyalahan gunaan ilmu pengetahuan. Bom Atom dan Bom Nuklir adalah sedikit dari banyak contoh ketidak seimbangannya Ilmu dan Cinta Kasih.

Mens sana In Corpore Sano artinya adalah "Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat." Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga. Begitu pula sebaliknya.

Jika kita mempelajari psikologi maka hal ini sangat benar adanya. Kesehatan jiwa sangat penting untuk kesehatan fisik, begitu pula sebaliknya sehingga menjalani pola hidup yang sehat demi mendapat kehidupan yang maksimal memang penting.

Kedua kutipan ini kini menjadi salah satu pedoman hidupku dan tentunya membuatku tidak pernah melupakan masa-masa sekolahku.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)