Minggu, 23 Agustus 2015

Proprioception Kemampuan Luar Biasa Tubuh Manusia

Proprioception adalah sebuah istilah yang mungkin masih asing di telinga banyak orang. Proprioception ini sendiri digunakan dalam beberapa bidang keilmuan dan memiliki peran yang berbeda bagi setiap bidang tersebut.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan salah seorang pembaca blog ini. Dia menemukan banyak arti dari Proprioception, yang mana yang benar?


Seperti yang ditulis di atas, istilah ini digunakan dalam beberapa bidang. Dalam kedokteran misalnya, Proprioception adalah persepsi rangsangan yang berhubungan dengan posisi, postur tubuh, keseimbangan, atau kondisi dalam tubuh.

Dalam hal ini proprioception berkaitan dengan rehabilitasi seseorang pasca-kecelakaan atau operasi, tes yang dilakukan untuk menguji Proprioception seseorang adalah dengan menggunakan martil pada kaki, seperti yang sering muncul di film.

Bagaimana dalam psikologi? Proprioception dalam psikologi adalah kemampuan otak untuk mengetahui letak tubuh tanpa melihatnya.

Apa pernah mendengar seseorang yang memiliki masalah kejiwaan yang percaya bahwa bagian tubuhnya seharusnya sudah hilang atau diamputasi sehingga dia selalu mencoba memotong tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Hal ini menyangkut Proprioception secara psikologis.

Semoga terjawab ya pertanyaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)