Minggu, 23 Agustus 2015

Somniloquy Fenomena Mengigau saat Tidur


Aku adalah seseorang yang sangat sensitif terhadap suara, membuat kamar tidurku tidak memiliki jam dinding analog. Hal ini membuatku punya pengalaman buruk tidak bisa tidur berhari-hari saat liburan karena tidur sekamar dengan seorang teman yang memiliki Somniloquy atau Sleep Talking, biasa dikenal orang Indonesia dengan sebutan mengigau.

Berbicara saat tidur atau mengigau dengan kata-kata yang tidak jelas seringkali kita dapati pada anggota keluarga, teman, sahabat atau bahkan pernah kita alami sendiri secara "tidak sadar". Berbicara saat tidur atau Mengigau adalah masalah umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. 


Mungkin istilah SOMNILOQUY terdengar begitu asing di telinga anda. Akan tetapi untuk ahli medis istilah ini sangat familiar bagi mereka, karena somniloquy adalah salah satu istilah medis bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam tidur. SOMNILOQUY adalah suatu bentuk masalah tidur yang dikenal sebagai parasomnia yang juga merupakan gangguan tidur seperti berjalan sambil tidur,anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur, gigi menggiling, dan sindrom kaki gelisah. 
Tidak ada yang tahu persis apa penyebab beberapa orang mengigau, tetapi mungkin saja hal ini terkait dengan faktor-faktor fisik dan psikologis, termasuk kekurangan gizi, stres, dan kurang tidur.Orang lebih cenderung untuk berbicara saat tidur ketika mereka mengalami demam tinggi atau sakit. Jenis obat tertentu juga bisa membuat orang mengigau, terutama obat yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti depresi atau skizofrenia dan obat nyeri. Alkohol juga bisa membuat anda lebih mudah mengigau.
Stres merupakan faktor yang menyebabkan beberapa orang mengigau selama tidur. Orang dewasa sering mengigau jika stress dan mengigaunya menghilang ketika stres/masalahnya terselesaikan. Mengigau tampaknya juga merupakan turunan, jadi jika ibu dan ayah anda  mengigau selama tidur, ada kemungkinan besar bahwa anda juga akan mengigau.
Solusi
 
Jangan mengkonsumsi kafein dan alkohol. Temukan aktivitas yang membantu Anda menghadapi stres yang lebih baik seperti yoga atau meditasi. Olahraga yang teratur juga bermanfaat.
 
Mengigau saat tidur biasanya tidak berbahaya dan jarang menunjukkan masalah kesehatan yang serius, tetapi bisa berarti anda perlu untuk tidur lebih banyak dan jangan terlalu stress.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)