Minggu, 23 Agustus 2015

Struktur Otak Manusia dan Fungsinya


Otak Manusia adalah sesuatu yang luar biasa dan setiap orang memiliknya namun hanya sedikit orang yang benar-benar menghargai otaknya.

Santo Augustus pernah mengatakan, "Manusia berpergian untuk mengagumi puncak gunung, ombak yang tinggi, muara sungai yang jauh, luasnya lautan, perputaran bintang-bintang, namun mereka melupakan dirinya tanpa rasa kagum."

Hal ini terbukti dengan banyaknya manusia yang tidak mengembangkan otak mereka, malah melakukan sesuatu yang bisa merusaknya seperti obat narkotika.

Ada banyak pembagian struktur otak, disini yang kubahas adalah pembagian struktur otak yang meliputi otak tripartit, Hemisfer kiri dan Hemisfer kanan.

Otak tripartit terdiri dari otak reptil, otak mamalia dan otak neo-korteks.

1. Otak Reptil

Otak reptil terletak pada dasar otak. Bagian otak ini sama persis dengan bagian otak yang dimiliki reptil, seperti kadal atau buaya. Karenanya, ia disebut otak reptil.

Adapun fungsi atau tugas otak reptil adalah sebagai berikut:

a. Mengendalikan fungsi-fungsi motor sensorik, yakni untuk mengetahui rangsangan yang berasal dari panca indera.

b. Mempertahankan hidup secara naluriah, yang terfokus pada makanan, tempat tinggal, perkembangbiakan, dan perlindungan diri. Ketika Anda mengaiami suatu bahaya, misalnya, otak reptil ini memberikan komando kepada anggota tubuh Anda yang lain untuk menghadapi atau lari dari situasi berbahaya tersebut.


2. Otak Mamalia

Otak mamalia atau sistem limbik terletak di sekeliling otak reptil, berada di bagian tengah otak Anda. Bagian ini dimiliki oleh semua jenis mamalia. Karenanya, ia disebut otak mamalia.

Ada pun fungi atau tugas otak mamalia adalah sebagai berikut:

a. Sebagai tempat menyimpan memori Anda.

b. Mengendalikan bioritme Anda, seperti pola tidur, lapar, haus, tekanan darah, detak jantung, gairah seksual, temperatur, kimia tubuh, metabolisme, dan sistem kekebalan.

c.Sebagai pusat perasaan atau emosi. la dapat mengendalikan semua bagian anggota tubuh Anda. Karenanya, keadaan emosi Anda sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Segala sesuatu yang datang dari indra penglihatan, pendengaran, penciuman, dan peraba masuk ke otak ini, kemudian didistribusikan ke "otak pemikir" atau neokorteks.

3. Neokorteks

Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi-sisi otak mamalia. la merupakan 80% dari seluruh Tiateri otak Anda. Neokorteks terdiri dari sel-sel saraf, yang disebut neuron. Bentuknya seperti selimut setebal 3 mm dan memiliki 6 lapisan. Masing-masing lapisan tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda.

Tugas neokorteks adalah berpikir, berbicara, melihat, dan mencipta. Otak ini merupakan tempat kecerdasan Anda. Di otak ini pula bersemayam kecerdasan yang lebih tinggi intuisi. Apakah intuisi itu? Intuisi adalah kemampuan menerima informasi yang tidak dapat diterima oleh panca indra Anda.
 
Selain otak tripartit tersebut, otak juga dibagi menjadi Hemisfer kiri dan kanan, atau lebih populer disebut otak kiri dan otak kanan. Keduanya bertanggung jawab untuk pola pikir yang berbeda dan mengkhususkan diri pada kemampuan tertentu.
 
Hemisfer kiri bekerja sebagai logis, rasional, linear dan berurutan. Bagian ini bertanggung jawab atas hal-hal seperti tuturan, tulisan, detail, fakta dan pengaturan.
 
Hemisfer kanan bekerja secara tak teratur, acak namun lebih holistik. Bagian ini mengandalkan intuisi dan menangani perasaan, emosi, visualisasi dan aspek kreativitas.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)