Selasa, 29 September 2015

Benda-Benda Keberuntungan dalam Tradisi Tionghua


Ada banyak benda-benda yang dianggap bisa membawa keberuntungan dalam tradisi Tionghua, diantaranya adalah..

Ruyi

Ruyi adalah hiasan berbentuk huruf S, seperti gambar pembuka tulisan ini. Ruyi menjadi simbol harapan kesuksesan dan hidup yang lebih mudah. Ruyi biasanya dibuat dari batu giok, bambu atau tulang.


Simpul Tali China

Gambar diatas merupakan contoh salah satu simpul tali China yang paling banyak ditemui. Simpul Tali China memiliki berbagai fungsi, awalnya seni mengikat tali simpul bermula dari zaman prasejarah sebelum ditemukan tulisan. Catatan disimpan dengan membuat simpul.

Mamfaat simpul Tali China antara lain, keberuntungan, simbol kesuksesan, berkah, kesatuan abadi, panjang umur dan masih banyak lagi.

Menara Kebijaksanaan

Menara Kebijaksaan atau menara Wenchang dulu dibangun diberbagai daerah China dengan harapan menghormati Dewa Sastra, Wenchang sehingga lahir banyak pelajar berbakat di daerah tersebut.

Benda-Benda Pelambang Kekayaan

Ada beberapa benda yang mewakili kekayaan, seperti Sempoa, alat hitung tradisional China. Ada sempoa khusus yang dibuat dari emas, perak dan perunggu dan dianggap pembawa kekayaan serta kemakmuran.

Mangkuk Harta adalah benda yang muncul dalam lengenda, mangkuk itu bisa menghasilkan benda-benda yang ditaruh di dalamnya. Jika menaruh emas maka dia akan menghasilkan emas.

Selain Mangkuk Harta, ada juga Pohon Uang, sebuah benda legenda yang diyakini bahwa uang tumbuh di cabang-cabangnya dan akan berjatuhan jika pohon itu digoyangkan. Pohon itu terus berbuah uang dan tak pernah layu.

Koin Tembaga yang seringkali digunakan sebagai nilai tukar zaman dahulu juga dianggap pembawa keberuntungan dan kekayaan, karena energi positif serta ukiran-ukiran di koin itu. Koin Tembaga juga diyakini bisa mengusir setan dan roh jahat, karena itu ada pedang yang dibuat dari koin tembaga.

Benda-Benda yang Mengusir Roh Jahat

Seperti Koin Tembaga, selain membawa kekayaan bisa mengusir roh jahat. Benda-benda pembawa keberuntungan ini juga bisa mengusir roh jahat.

Cermin dulu dibuat dari tembaga, selain dipakai untuk berdandan cermin juga diyakini punya kekuatan mengusir hantu dan melindungi dari bahaya. Cermin tembaga yang besar jika digantung di rumah bisa mengusir roh jahat.

Cap atau Stempel sangat banyak macam dan kegunaan pada masa China kuno, seringkali Cap digunakan untuk menunjukan posisi karena itu diyakini dapat mengusir roh jahat apalagi diatas cap tersebut ada ukiran seperti singa, harimau, kura-kura atau qilin. Ada satu Cap dalam ajaran Tao yang diyakini mampu mengusir roh jahat yaitu Cap Dewa Huang Yue yang artinya Uturan Kaisar Langit.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)