Jumat, 25 September 2015

Binatang Peliharaan yang Membawa Keberuntungan dalam Tradisi Tionghua






Dalam tradisi Tionghua, ada beberapa binatang peliharaan yang juga dianggap menjadi pembawa keberuntungan, mereka adalah...

Ayam Jantan

Pengucapan huruf mandarin untuk ayam mirip dengan huruf keberuntungan, karena itu ayam jantan dianggap membawa keberuntungan. Menurut mitologi China, binatang pertama yang diciptakan Dewi Nuwa adalah ayam. Maka, hari pertama bulan pertama kalender bulan disebut hari ayam.

Di hari ayam, jika menempelkan lukisan ayam di pintu rumah maka dapat menghalau keburukan dan roh jahat.

Ayam diyakini memiliki lima sifat yaitu kesopanan, semangat juang, keberanian, kebaikan dan kepercayaan.

Kambing

Kambing juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan, karena penulisan keberuntungan dalam mandarin mirip dengan kambing keberuntungan. Selain itu Kambing juga merupakan simbol dari Datangnya nasib baik dan berakhirnya nasib buruk.

Sapi

Sapi dikenal dengan kerajinannya dan jasanya dalam pertanian, orang Tionghua kuno percaya bahwa sapi dapat mengendalikan banjir karena itu terkadang ada sapi perunggu atau logam lainnya di dekat sungai untuk mencegah banjir.

Sapi juga melambangkan hasil panen yang melimpah.

Ikan

Ikan seringkali disimbolkan dengan kelimpahan, karena pengucapannya sama dengan huruf mandarin untuk kelimpahan.

Ikan juga dianggap pembawa keberuntungan, konon saat putra Confusius lahir, bangsawan Zhao dari Lu memberi ikan gurame sebagai ucapan selamat. Confusius kemudian menamai anaknya Li yang berarti gurame.

Ikan gurame juga seringkali dianggap simbol keabadian.

Lain lagi dengan ikan mas koki yang anggun. Mereka disebut sebagai bunga peony air. Ikan mas koki berbunyi sama dengan emas dan giok, mereka melambangkan kekayaan melimpah.

Ikan lele biasanya dilukiskan dalam sebuah keranjang dan sepasang, memiliki arti tahun yang baik dan penuh keberuntungan.



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)