Jumat, 25 September 2015

Burung Pembawa Keberuntungan dalam Tradisi Tionghua






Dalam tradisi Tionghua dikenal burung-burung yang menjadi simbol keberuntungan, mereka adalah...


Bangau

Dengan postur tubuh elegan dan anggun, Bangau seringkali dianggap burung yang abadi. Mereka biasanya dilukiskan dan dikisahkan menemani dewa-dewi. Ada legenda seseorang yang mempelajari ajaran Tao dapat merubah dirinya menjadi bangau.

Bangau seringkali menjadi simbol umur panjang. Lukisannya kadang disandingkan dengan kura-kura atau pohon cemara, keduanya melambangkan umur panjang.

Bangau sangat di hormati oleh bangsa China, mereka dilambangkan sebagai burung tertinggi. Pejabat Qing peringkat pertama memakai pakaian dengan motif bangau.

Orang China kuno percaya bahwa bangau memiliki sifat ksatria karena itu bangau sering menjadi simbol untuk memuji seseorang yang berbudi baik dan berbakat.

Magpie

Orang Tionghua kuno percaya jika burung magpie muncul maka dia selalu membawa berita baik, jika burung magpie berkicau maka jika bukan kekayaan maka akan ada saudara yang datang. Magpie menjadi petanda kabar baik.

Magpie juga diyakini bisa meramal cuaca dan dicintai para petani karena makanannya adalah hama tanaman.

Bebek Mandarin

Bebek mandarin selalu berpasangan, mereka menjadi simbol cinta dan kesetiaan suami-istri sejak dulu kala.

Konon bebek mandarin hanya kawin sekali seumur hidup dan takkan cari pasangan lain mesti salah satunya meninggal. Ini sebabnya mereka melambangkan cinta abadi dan kesetiaan.

Lukisan bebek mandarin biasanya ada di benda-benda pernikahan. Melambangkan berkah untuk pengantin baru.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)