Jumat, 25 September 2015

Makhluk Seram Pembawa Keberuntungan dalam Tradisi Tionghua



Makhluk-Makhluk yang seram, menjijikan atau mungkin terlihat buruk rupa bagi sebagian besar masyarakat, ada beberapa diantaranya yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan oleh tradisi Tionghua, mereka adalah..

Kelelawar

Jika di barat makhluk yang seperti tikus terbang ini identik dengan Vampire, berbeda dengan di China. Orang Tionghua menganggap Kelelawar sebagai lambang nasib baik dan keberuntungan.

Dulu pola kelelawar sering ditemukan pada furnitur, arsitektur dan pakaian.

Orang Tionghua dulu berpikir bahwa kelelawar adalah jelmaan dari tikus yang memakan garam. Di beberapa daerah China, mereka disebut tikus garam.

Pelafalan huruf kedua dalam kelelawar mirip dengan huruf kebahagiaan karena itu kelelawar disimbolkan sebagai kebahagiaan selain itu juga mewakili kebahagiaan yang tak tergoyahkan.

Ada lukisan lima kelelawar yang melambangkan lima berkat yaitu umur panjang, keberuntungan, kesehatan, kebajikan dan kedamaian.

Dalam mitologi China, Zhong Kui sang penangkap hantu konon ditemani oleh kelelawar merah yang bisa mendeteksi hantu. Itu sebabnya kelelawar juga lambang untuk mengusir kekuatan jahat dan menangkap hantu.

Katak

Konon, Orang Tionghua percaya bahwa katak dapat hidup hingga ribuan tahun bahkan sepuluh ribu tahun. Ini membuat katak menjadi simbol umur panjang. Selain itu katak sepuluh ribu tahun akan memiliki tanduk, diyakini tanduk ini adalah salah satu dari lima eliksir yang membuat peminumnya menjadi abadi.

Katak juga diyakini mampu melindungi seseorang dari bahaya senjata, konon di hari kelima bulan kelima kalender bulan (Hari yang dianggap paling berbahaya dan sial dalam setahun), katak akan memiliki kemampuan gaib. Jika membawa katak ke medan merah dia akan membuat pembawanya terhindar dari celaka karena senjata dan membuat panah musuh berbalik arah.

Katak emas berkaki tiga juga diyakini memuntahkan koin emas, karena itu patung katak seperti ini sering dilihat di toko atau rumah untuk membawa keberuntungan dan menambah kekayaan.

Laba-Laba

Di masa China kuno, laba-laba adalah lambang keberuntungan. Dinding yang dilukis dengan gambar laba-laba disebut tembok uang yang membawa keberuntungan.

Lukisan laba-laba jatuh atau bergelatungan dari sarangnya, melambangkan kebahagiaan yang jatuh dari langit.




0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)