Rabu, 30 September 2015

September Melawan Asap

Ingatlah ini hanya hari yang buruk, bukan hidup yang buruk


Dalam hitungan menit, September tahun ini akan kita lewati. Indonesia pada bulan September ini mungkin disibukan dengan satu hal yang kental yaitu masalah kabut asap yang sudah berulang kali terjadi.

Aku yang bertempat tinggal di Kalimantan Barat sendiri sangat terganggu aktivitas hariannya dengan kabut ini. Berniat menghabiskan waktu online lebih lamapun terganggu karena koneksi yang lambat disebabkan tebalnya kabut asap.

Masalah ini telah berkali-kali terjadi sejak 10 tahun terakhir, dan sepertinya kedepannya kita masih akan mengalami hal yang sama. Teman-teman yang bertempat tinggal di Singapura dan Malaysia juga mengeluhkan ini, mereka yang masih terdaftar sebagai WNI ikut merasa malu dan menjadi pusat cemoohan orang-orang disekitarnya.

Sebenarnya jika dilihat dari situasinya, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara termasuk paling tebal diantara wilayah yang ditayangkan oleh saluran berita nasional. Ya mungkin karena sumbangan pajak daerah yang kecil atau tempat yang sulit terjangkau membuatnya cukup terabaikan.

Indonesia sendiri sudah memasuki musim hujan bulan ini, namun tidak setetes hujanpun turun sepanjang bulan September ini. Akibatnya masalah air dan kekeringan terus berlanjut.

Penerbangan juga mengalami delay dan batal, belum lagi resiko terbang di cuaca buruk dan pengaruhnya pada kinerja mesin pesawat yang masing menggunakan sistem baling-baling membuat keadaan kota persis seperti kota mati.

Ya, setiap orang akan mengalami hari-hari yang buruk dalam hidupnya, aku mengalaminya. Bukan hanya tidak jadi menerbitkan 100 tulisan bulan ini, juga alexa rank jatuh drastis tanpa alasan yang jelas. Mood menulis juga jadi buruk.

Akibatnya aku lebih banyak menghibur diri untuk memulihkan moodku, dengan menonton serial dan film-film yang kuanggap menghibur. Aku baru menonton Minions semalam dan filmnya bagus! Besok aku mungkin menonton Inside Out.

Aku juga kembali banyak membaca forum Kaskus, serta menonton pembicara-pembicara hebat dengan topik menarik yang disajikan oleh Ted Talk.

Aku berharap semua kondisi dapat segera membaik dan kebahagiaan juga menghampiri kita semua.

EDIT : 10 Menit setelah tulisan ini terbit, Hujan lebat! Semoga Asap besok hari telah berkurang bahkan hilang, Yay!

Kututup bulan ini dengan 5 tulisan terbaik di bulan September 2015.

2 komentar:

  1. Gw tinggal di KL, asep di sini juga cukup tebal dan parah, bahkan sempat mencapai status 'Tidak Sehat' dan sekolah diliburkan.

    Terus terang, malu dan bete banget sama Indonesia. Apalagi ini kan bukan kejadian yang pertama. Masa iya, tiap tahun ga ada perubahan? #sigh

    BalasHapus
  2. Itulah, ini sudah kesekian kali dalam 10 tahun terakhir.

    Banyak teman juga yang menyuarakan senada dengan sist Stef :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)