Selasa, 22 September 2015

What the Facts #11

 
Pengetahuan adalah obat yang paling manjur
- Drs. Aggy Tjetje


361. Di Jepang, bunuh diri dengan kereta sebenarnya tidak terlihat mudah di film-film, bunuh diri dengan meloncat ke depan kereta membuat perusahaan kereta rugi besar karena kereta menjadi delay dan jadwal kacau balau, karena itu perusahaan diperbolehkan menuntut keluarga pelaku bunuh diri hingga 100 juta yen atau setidaknya 10 Miliar Rupiah.
362. Memakai sepatu hak tinggi sangat populer bagi gadis jepang, rata-rata mereka menggunakan hak 4cm.
363. Jepang adalah negara dengan Vending Machine paling banyak dan beragam, dari yang umum seperti rokok dan minuman kaleng sampai celana dalam, telur bahkan kondom.
364. Berbeda dengan Indonesia, Jalan-jalan di jepang rata-rata tidak memiliki nama.
365. Belayar menyetir di Jepang adalah yang paling mahal di dunia, dimulai dari 200 ribu yen ( Rp 20 juta)

366. Jika Jepang terkenal suka makan Sashimi (ikan mentah), mereka juga suka memakan daging kuda dan rusah mentah.

367. Musim pernikahan di Jepang adalah musibah, karena ketika datang ke pernikahan seorang teman, kita diwajibkan memberi amplop dengan nominal minimal 30.000 yen (sekitar Rp 3 juta). Bayangkan jika dalam satu bulan 5-6 orang yang mengundang.

368. Di Australia, memelihara kecoa jadi lebih murah daripada kucing dan anjing, sehingga populasi kecoa cukup besar disana. Kecoa yang dipelihara bukan kecoa yang biasa kita temui di rumah melainkan kecoa raksasa yang bisa hidup sampai 10 tahun. Mereka bisa sampai sebesar telapak tangan.

369. Di Thailand pernah ada pemakaman untuk 1000 kecoa raksasa yang dikembangkan secara ilegal. Pada acara ini, orang-orang yang mencintai kecoa datang dan mendoakan roh kecoa mereka.

370. Kecoa memiliki 53 juta jenis spesies yang hidup sejak permulaan zaman, yang biasa kita temui di rumah adalah Kecoa Jerman (Blatella Germanica)  yang bertubuh kecil dan kecoa amerika (Periplaneta Americana) yang bertubuh besar dan bisa terbang (Hii!).

371. Kecoa sudah ada sejak 3,5 Miliar Tahun SM, yaitu zaman Palaezoikum, lebih awal dari masa hidup dinosaurus (Mesozoikum). Maka dari itu kecoa merupakan fosil hidup tertua yang diyakini tidak akan pernah punah.

372. Kecoa memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat baik dan dapat hidup dimanapun di dunia ini. Selama ada makanan, suhu dan kelembaban yang cocok.

373. Kecoa adalah omnivora sejati, dia memakan apapun mulai dari kertas, kulit, chip komputer, sabun bahkan bangkai yang sudah busuk sekalipun. Belum ditemukan sesuatu yang tidak bisa dimakan kecoa.

374. Alasan kecoa tidak mungkin punah adalah karena mereka bertelur sepanjang tahun. Seekor kecoa betina saja bisa menghasilkan 400 ribu telur setiap tahunnya, mengerikan bukan?

375. Kecoa hampir tidak mungkin ditangkap dengan tangan, sebabnya adalah sensor yang dimiliki pada kedua ujung perut kecoa, berbentuk antena ekor (indera perasa) yang dapat mengetahui adanya gerakan kecil sekalipun.

376. Kecoa dapat hidup 90 hari tanpa air, tetap hidup walau kaki dan antenanya dipotong dan lebih parah lagi walau kehilangan kepalanya dan mati, dia masih bisa mengeluarkan telur yang ada di perutnya. Benar-benar keras kepala ya.

377. Parasit adalah sebutan bagi makhluk yang hidup menempel pada makhluk hidup lain sambil menghisap sari makanannya. Setiap manusia memiliki berbagai jenis parasit di dalam perutnya. Parasit yang dapat hidup dalam perut adalah cacing gelang, cacing keremi, cacing tambang, cacing pita dan lain-lain.

378. Parasit dalam perut manusia merupakan kelompok hewan hemaprodit (kelamin ganda).

379. Pada abad pertengahan cacing gelang dijadikan sebagai obat diet sementara telur cacing cambuk digunakan sebagai obat alergi.

380. Cacing pita biasanya terdapat dan masuk melalui ikan, daging sapi, daging babi yang kurang matang, jika tubuh memiliki banyak cacing pita akan menyebabkan gizi buruk dan anemia.

381. Kutu bukan serangga tetapi masuk kerabat laba-laba. Mereka memiliki 4 pasang kaki.

382. Kutu memiliki 30 ribu spesies, sebagian besar tidak menyebabkan luka pada manusia, mereka bertugas menguraikan hewan dan tumbuhan mati.

383. Kutu betina yang hidup di Afrika Selatan akan menjadi haus darah saat mengandung, berat badannya naik sampai 100 kali lipat berat awalnya.

384. Di antara begitu banyak kutu, biasanya yang hidup di tubuh kita adalah tuma dan tungau. Tuma hidup di alis kita, setiap kita tidur mereka akan keluar dan kawin sehingga menyebabkan rasa geli, mereka tidak membuat luka besar. Tungau sebaliknya membuat tubuh sangat gatal karena memakan kulit dan melubanginya. Tungau mudah sekali menular hanya dari sentuhan antar kulit.

385. Kutu yang paling banyak menganggu manusia adalah kutu debu rumah tangga, mereka membangun sarang ditumpukan debu dan memakan kulit mati manusia yang jatuh ke lantai.

386. Kutu debu adalah kotoran yang melayang, saat makan dia mengeluarkan enzim pencernaan yang membahayakan manusia. Enzim inilah penyebab asma dan alergi seperti peradangan nasal (selaput lendir hidung), atau dermatitis atopi (gatal kemerahan pada kulit).

387. Jika pakaian atau mainan berjahit seperti boneka beruang dimasukan pada lemari pendingin selama seharian kemudian dibersihkan maka akan terbebas dari kutu debu.

388. Mencuci bedcover atau selimut sekali dalam seminggu dengan air panas sekitar 55C akan membunuh kutu debu.

389. Karpet, Matras dan kain lainnya dijemur di bawah panas matahari selama beberapa jam dapat membunuh kutu debu.

390. Kutu debu dapat dibersihkan dengan efektif menggunakan penghisap debu atau lap basah.

391. Nyamuk dalam bahasa inggris disebut Mosquito, nama itu sebenarnya berasal dari bahasa Spanyol yang berarti lalat kecil.

392. Nyamuk lebih suka air bersih, mereka bertelur di vas bunga atau kaleng kosong, bahkan bak mandi.

393. Nyamuk memakan madu pada bunga atau sari buah, hanya nyamuk betina yang menjadikan darah sebagai makanan utamanya.

394. Nyamuk hanya melakukan perkawinan sekali seumur hidup, sperma nyamuk jantan disimpan dalam tubuh nyamuk betina lalu nyamuk melakukan pengulangan proses fertilisasi dan kemudian bertelur.

395. Nyamuk betina membutuhkan protein untuk membentuk telur, karena itulah mereka menghisap darah.

396. Nyamuk sebenarnya lebih menyukai darah sapi, babi atau hewan ternak lainnya. Di kota mereka "terpaksa" menghisap darah manusia.

397. Jarum pada nyamuk walau terlihat hanya satu sebenarnya ada enam buah jarum lain di bagian bawah mulut nyamuk. Dua buah jarum (rahang yang besar) untuk memotong kulit dengan gigi gergaji. Dua jarum berikutnya (rahang yang kecil) melubangi pembuluh ulit seperti bor dan masuk ke dalam pembuluh darah. Kelenjar air liur dihubungan dengan jarum sehingga bisa mengalirkan air ke dalam pembuluh darah.

398. Pada jarum nyamuk terdapat zat yang mencegah darah membeku. Zat inilah yang membuat kulit menjadi gatal.

399. Setiap kali nyamuk bertelur, mereka akan menghisap darah dua sampai tiga kali berat badannya.

400. Indra penciuman nyamuk berkembang dengan mencari sasaran berupa bau keringat yang keluar dari tubuh manusia dan zat karbon dioksida. Nyamuk juga menyukai bau kaki, parfum dan hormon wanita.

401. Nyamuk lebih sering menyerang anak kecil yang tingkat metabolismenya tinggi sehingga mengeluarkan panas dan keringat, wanita yang banyak mengeluarkan hormon kewanitaannya, orang gemuk serta wanita hamil.

402. Mikroorganisme yang membahayakan manusia disebut bakteri patogen (bakteri jahat) yang menyebabkan penyakit.

403. Penyakit menular yang menjadi legenda dan terkenal diantaranya adalah Penyakit Pes pada abad ke-14, Cacar air pada abad ke-17 dan 18, kolera dan TBC berkembang di London dan Flu Spanyol pada abad 20.

404. Penyakit Pes disebut "Black Death" karena menyapu 1/3 populasi Eropa saat itu.

405. Penyakit yang paling lama menganggu manusia adalah cacar, menelan 500 juta korban jiwa lebih banyak dari gabungan orang yang meninggal karena perang dan penyakit menular lainnya.

406. Dulu penyakit menular dianggap sebagai hukuman Tuhan sampai Louis Pasteur dan Robert Koch menemukan tentang bakteri patogen dan menciptakan vaksin serta antiobiotik yang mampu melawannya. Sayangnya sampai saat ini yang berhasil dibasmi hanya cacar air. Penyakit menular baru seperti AIDS, SARS, MERS dan lainnya masih dalam proses.

407. Pada tahun 1882, Dr. William Beaumont menyelamatkan remaja Prancis-Kanada yang terkena luka tembak tetapi dia meninggalkan sebuah lubang dibagian perut. Beaumont kemudian menggunakan lubang ini untuk mengamati bagaimana makanan dicerna, dengan cara memasukan makanan yang diikat dengan benang ke dalam lubang. Berkat uji coba inilah Beaumont jadi sedikit banyak tahu tentang lambung dan enzim pencernaan.

408. Lazzaro Spallanzani adalah ilmuwan Italia yang terkenal, dia menelan spons yang diikat tali untuk mengambil getah lambungnya. Spon yang berlumuran getah lambung itu kemudian diapit di ketiak bersama makanan untuk melihat apakah terjadi proses pencernaan terhadap makanan tersebut.

409. Ada ilmuwan yang melakukan uji coba dengan mencium bau berbagai bahan yang menjijikan misalnya Robert Bunsen yang meneliti zat "Cacodyl" yang mengeluarkan bau menyengat dan Emil Fischer yang mnemukan "skatole" yang merupakan unsur kimia pada kentut.

410. Carl Wilhelm Scheele, Ilmuwan Jerman yang menemukan oksigen memiliki kebiasaan aneh, dia sangat suka mencoba rasa obat-obatan kimia seperti antispetik, insektisida bahkan arsenik! Dia meninggal di usia 44 tahun.

411. Francis Bacon, filsuf Inggris penasaran dengan peran salju terhadap pembusukan daging. Dia mengubur ayam mati ke dalam timbunan salju pada suatu malam di musim dingin dan melakukan observasi semalaman sehingga meninggal karena serangan pneumonia.

412. Pada abad ke-18, anggota Royal Society di Inggris melakukan uji coba pengaruh panas pada tubuh manusia menggunakan diri mereka sendiri. Mereka masuk ke sauna dengan panas lebih dari 100C hasilnya mereka mati terbakar.

413. Penyebab kentut berbau busuk adalah Hidrogen Sulfida.

414. Setidaknya ada 100 miliar ekor bakteri dalam setiap tubuh manusia.

415. Basilus usus besar bekerja memproduksi vitamin dan menguraikan makanan atau sampah makanan yang tidak bisa kita cerna.

416. Ada banyak Basilus usus besar, ada juga basilus jahat yang suka menebar zat beracun yang berbahaya. Jika basilus ini masuk ke dalam tubuh otot pada usus besar akan berkontraksi sehingga menyerap air secara terus menerus dan mengeluarkan semuanya, kita mengenal ini dengan sebutan diare.

417. Basilus penyebab diare disebut Basilus patogen, diantaranya yang terkenal adalah Enterohemorrhagic E-coli yang menyebabkan diare berdarah.

418. Ada tiga jenis bakteri patogen yang paling sering menyebabkan keracunan makanan yaitu Staphylococcus, Salmonella dan Vibrio Parahaemolyticus.

419. Staphylococcus diambil dari bahasa yunani, Staphyle artinya sekelompok anggur dan coccus yang berarti granula. Basilus ini bentuknya bulat dan bergerombol seperti anggur dan banyak terdapat pada luka. Membuat racun pada makanan dan tidak mudah dihancurkan walaupun dipanaskan.

420. Salmonella berbentuk tongkat dan menginfeksi manusia melalui daging,susu, ayam, telur,dll. Dapat menular dari kulit dan hewan peliharaan.

421. Vibrio Parahaemolyticus berbentuk tongkat dan tumbuh pada makanan laut seperti ikan, kerang, gurita kecil dan lainnya. Memakan makanan laut secara mentah sangat mungkin terkena basilus ini.

422. Basilus hanya bisa hidup dalam usus besar manusia atau hewan, jika basilus terdapat pada makanan atau minuman. Itu karena telah terkena kotoran manusia atau hewan.

423. Basilus juga digunakan untuk pembuatan insulin untuk diabetes mellitus.

424. Toilet pertama sudah ada sejak 5.000 tahun silam dan merupakan toilet bilas kota peradaban Mahenjodaro hanya saja toilet bilas ini menghilang cukup lama bersama dengan peradabannya sampai dikembangkan lagi di Eropa secara meluas di abad ke-19.

425. Sepatu hak tinggi awalnya diciptakan untuk para gadis berjalan di atas jalanan yang penuh tinja. Ini agar kotoran tidak menyentuh ujung gaun mereka.

426. Pada abad ke-17, Raja Prancis Louis XIV buang air di pispot duduk sambil menemui bawahannya. Dia minum obat mencret setiap hari karena menderita diare, setiap orang bertemu dengannya akan menutup hidungnya dengan sarung tangan yang sudah disemprot parfum. Bisnis parfum menjadi sangat berkembang pada masa itu, dan Raja Louis adalah salah satu yang paling sering disemproti parfum.

427. Lalat memakan sampah, kotoran hewan atau manusia, nanah, ludah bahkan bangkai hewan tetapi mereka paling suka makanan manis.

428. Sepasang lalat sepanjang musim panas dapat bertelur hingga 325 Triliun 923 Miliar 200 juta butir!

429. Lalat cuka yang banyak mengerumuni makanan asam digunakan menjadi bahan dasar untuk meneliti genetika sedangkan lalat hitam dan hijau digunakan oleh ahli forensik dalam pemecahan kasus pembunuhan.

430. Sigung bisa menyemprotkan cairan bau berwarna kuning sejauh 5 meter untuk melindungi dirinya. Jika sudah terkena cairan ini maka baunya akan bertahan cukup lama. Dalam cairan ini mengandung unsur yang sama dalam kentut manusia yaitu butyl mercaptan, bau yang paling mengerikan di dunia. Jika cairan ini terkena mata maka akan mengalami kebutaan sementara.

431. Cairan bau Sigung berasal dari dua buah sekretor pada dubur, masing-masing bisa menembak lebih dari 6 kali. Selain sigung, kepik kecil dan kutu busuk juga mengeluarkan cairan untuk mengusir musuh.

432. Bakteri yang paling berbahaya bagi gigi adalah bakteri Streptococcus mutans. Bakteri ini sangat suka gula. Tanda mereka muncul dengan jelas dan lengket pada permukaan gigi, biasanya dikenal sebagai plak gigi.

433. Plak adalah penyebab utama gigi hitam. Bakteri pada plak memakan sisa makanan dan berkembang biak. Plak kemudian menjadi sumber karies yang menghitamkan gigi.

434. Kata Karies mengandung arti "cacing yang memakan gigi" tapi sebenarnya karies adalah gigi yang rusak.

435.  Plak bisa juga berada di sela-sela gigi serta di antara gigi dan gusi. Plak ini terikat dengan mineral di dalam gigi sehingga berubah menjadi sekeras batu. Inilah yang disebut karang gigi.

436. Orang Mesir kuno menggunakan pasta gigi yang terbuat dari kulit telur yang dibakar dan batu api,debu, batu dan lain-lain yang dicampur dengan madu dan kemenyan. Karena belum ada sikat gigi biasanya mereka menggunakan jari atau semacam tusuk gigi dari kayu. Pada abad pertengahan mereka mulai menggunakan tulang hewan dan kulit kerang yang dicampur madu.

437. Pasta gigi orang Roma terbuat dari arang kayu dan bubuk kulit kayu yang dicampur dengan zat pewangi.

438. Pada awal era abad pertama, orang Roma menggosok gigi dan berkumur menggunakan air seni karena para bangsawan percaya bahwa dengan menggosok gigi menggunakan air seni, gigi dapat putih dan gusi menjadi sehat. Air seni yang paling pekat dan kental kala itu adalah air seni orang Portugis sebab itu para bangsawan rela mengeluarkan banyak uang demi membeli air seni orang Portugis.

439. Pada zaman primitif, jika seseorang sakit kepala maka dia akan menahan karena pengobatan yang dikenal saat itu adalah melubangi kepala. Diyakini itu dilakukan untuk mengusir roh jahat penyebab sakit kepala ini. Pada abad pertengahan praktik ini masih terjadi, jika sebelumnya mereka menggunakan alat pahat dari batu maka saat itu menggunakan semacam bor.

440. Ada masa di Eropa dimana orang yang sakit akan dipaksa menyumbangkan darahnya pada siapapun. Mereka berpikir bahwa seseorang sakit karena darah di dalam tubuh terlalu banyak atau kualitas darah yang buruk.

441. Zaman dulu ada juga pengobatan yang dilakukan karena berpikir luka yang menyebabkan bau harus dilawan dengan sesuatu yang bau. Pengobatan itu menggunakan kotoran (tinja), padahal bukan kotoran yang menyembuhkan tetapi belatung dalam kotoran itu.

442. Indian di Amerika Selatan menyembuhkan luka dengan semut hitam yang besar, mereka menjahit dengan benang lalu disatukan dengan rahang semut.

443. Bangsa Yunani kuno mengenal obat segala penyakit yang disebut "Theriaca", bahannya katak 2 ekor, kodok 3 ekor, ular 1 ekor, sedikit opium.. persis seperti penyihir yang membuat ramuan sihir. Bahannya tidak kurang dari 60 jenis.

444. Pada abad pertengahan di suatu kota Swedia, kutulah yang memilih walikota, Para kandidat walikota akan meletakan janggut mereka di atas meja, kemudian kutu akan merayap dan menempel ke salah satu jenggot para kandidat. Dialah yang menjadi pemenangnya.

445. Kutu juga menjadi tanda cinta, penduduk asli Siberia memiliki adat istiadat menyatakan cinta dengan melemparkan kutu, wanita kepada pria yang dia cintai.

446. Di China ada sup mata nyamuk, cara mengambil mata nyamuk adalah dengan mengambil dari kotoran kelelawar pemakan nyamuk. Konon setelah mengonsumsi nyamuk, matanya tidak diolah dan keluar bersama kotoran. Setelah dibilas dengan air dan dipilih matanya, baru dijadikan sup.

447. Jerawat disebabkan wajah yang berlebihan minyak, yang dimaksud adalah kelenjar minyak untuk kelembaban kulit dan tumbuhnya rambut.

448. Makanan berminyak tidak berhubungan dengan jerawat, memakan makanan berminyak berlebihan tidak mempengaruhi jerawat. Begitu pula minuman.

449. Di China dulu ketika Kaisar terkena wasir, metode pengobatan yang dipakai adalah menggoresnya menggunakan pisau kemudian menghisap darahnya. Lain lagi dengan orang Eropa, saat perang Waterloo, Napoleon terserang wasir sampai tidak bisa duduk di pelana, adiknya kemudian memberitahu untuk mengobatinya dengan menempelkan beberapa lintah di dubur untuk menghisap darahnya.

450. Raja Prancis Louis XIV hanya pernah mandi sekali seumur hidupnya, dan dua hari sekali mencuci mukanya dengan lap basah yang dicelupkan dalam minuman anggur.

451. Suku pegunungan Alpen di Himalaya dan Suku nomaden di wilayah Mongolia tidak mengenal mandi dalam kamus mereka. Seumur hidup mereka tidak mandi.

452. Air liur manusia keluar selama 24jam sehari tanpa henti, air itu dihasilkan oleh kelenjar air liur yaitu kelenjar parotis, kelenjar submandibula dan kelenjar sublingual. Dalam sehari ketiga kelenjar ini menghasilkan 1-2 liter air liur. Berbeda dengan sapi yang mencapai 190 liter dalam sehari.

453. Balita memproduksi air liur 9 kali lebih banyak daripada manusia dewasa, sebab itu mereka tidak bisa menelan semua air liur itu dan menetes kemana-mana.

454. Pemyakit kutu air disebabkan jamur Trichophyton rubum. Jamur ini menyukai tempat lembab dan bersuhu tinggi.

455. Kutu air dalam bahasa inggris dikenal sebagai Athlete's foot yang artinya kaki atlet. Ini karena para atlet olahraga selalu menggunakan sepatu yang membuat kaki mereka lembab dan mudah terserang penyakit kutu air.

456. Dalam bahasa medis, Kutu air disebut Tinea pedis. Kutu air yang terdapat pada kuku tangan dan kaki yang tebal dan rusak disebut tinea ungium. Yang membuat rambut rontok adalah tinea capitis (ringworm), sedangkan muncul pada pundak atau lengan disebut vitilogo.

457. Koreng adalah penyumbat alami yang dibuat trombosit. Koreng menjadi perban alami untuk melindungi luka.

458. Dahak memiliki istilah lain yang lebih keren yaitu Sputum dan Ekspektoran

459. Manusia biasanya berkeringat setidaknya 500-700ml karena itu penting untuk meminum cukup air.

460. Keringat memiliki fungsi untuk memperbaiki suhu tubuh yang hilang karena panas yang dikeluarkan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)