Selasa, 20 Oktober 2015

Fenomena Chip Pencuri Informasi pada Baterai Samsung

Kebohongan yang diucapkan seribu kali, akan mulai terdengar seperti kebenaran


Internet adalah sebuah media untuk belajar banyak hal dengan harga yang relatif terjangkau selain itu Internet juga mampu memberikan begitu banyak informasi yang bermamfaat, sebagai salah satu orang yang menggunakan Internet sebagai media belajar banyak hal, pelajaran paling besar yang kudapat darinya adalah jangan percaya semua yang ada di Internet.

Berawal dari dua hari yang lalu beberapa temanku mulai membagikan berita tentang Chip yang mencuri Informasi pada Baterai Samsung, karena penasaran aku menonton video yang di share oleh mereka, hasilnya aku cekikikan karena melihat kelucuan video itu. Pikirku, "Ya paling besok udah pada tahu yang sebenarnya."

Ternyata hal tersebut salah, berita ini justru menjadi sangat viral dan berhasil membuat orang ramai-ramai membongkar baterai hp samsung mereka. Hingga tadi pagi, seorang teman yang kutahu terpelajar dan cerdas juga tertipu dengan video tersebut berhasil membuatku Palm Face
 
Dalam mengolah berita dari Internet seperti ini, sebaiknya kita menggunakan common sense, apakah mungkin Samsung mencuri data pelanggannya selama bertahun-tahun dan berharap tidak ada seorangpun yang cukup pintar untuk mengetahui hal seperti itu?

Chip yang katanya bisa mencuri data pribadimu, mengakses foto-fotomu itu tidak lain adalah NFC atau Near Field Communication, hal ini juga tertulis dengan jelas di baterai Samsung itu. Pada dasarnya itu adalah sebuah antena yang memang menempel pada baterai, Beberapa HP jenis Blackberry yang pernah kupakai juga memilikinya.

Sesuai yang dikatakan oleh Video tersebut, setelah dicopot baterai tetap dapat digunakan tanpa kendala dan Handphone tetap bisa menyala, yang tidak disadari adalah itu membuat Smart Phonemu kehilangan banyak fitur yang bermamfaat.

Ini artikel yang kukutip dari kompas tentang NFC.

Fungsi NFC memungkinkan smartphone kita sebagai alat pembayaran, permainan multiplayer, atau berbagi musik, foto dan dokumen dengan lebih efisien. NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja. Pertanyaan yang muncul selanjutnya mungkin adalah mengenai apa perbedaan NFC dan Bluetooth.
Perbedaan NFC dan Bluetooth terletak pada jangkauan berkomunikasi dan mekanisme komunikasi. NFC hanya bisa berkomunikasi pada jarak yang lebih pendek daripada Bluetooth, yaitu pada kisaran kurang dari 10 cm saja atau dengan cara menyinggungkan dua jenis perangkat, sedangkan Bluetooth bisa tetap berfungsi dalam jarak sampai 10m. Kelebihan NFC dari Bluetooth adalah kemampuannya berkomunikasi tanpa proses pairing seperti halnya Bluetooth. Selain itu NFC menguras energi baterai lebih sedikit daripada Bluetooth. Hal yang paling mengesankan adalah NFC memungkinkan smartphone berfungsi sebagai alat pembayaran.


Jika kalian suka menonton drama korea, kalian mungkin sudah melihat promo terselubung dalam beberapa drama korea terbaru ini, bagaimana mereka menggunakan Samsung mereka untuk membayar bus atau membeli kopi.

Jenis transaksi ini disebut transaksi dengan alat pembayaran secara contactless atau tidak perlu adanya kontak yang berisi pertukaran informasi sensitif seperti nomer kartu kredit atau kehadiran secara fisik kartu kredit yang digunakan. Dengan NFC anda tidak perlu membawa dompet atau kartu kredit anda secara fisik untuk berbelanja cukup membawa smartphone anda yang memiliki fungsi NFC.

Di Indonesia sendiri mungkin sistem ini masih asing ya, tapi semoga segera bisa diaplikasikan disini ya.

Tulisan ini dibuat penulis atas rasa depresinya melihat teman-temannya merusak baterai HP mereka dan mencoba merusak baterai HP penulis.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)