Rabu, 14 Oktober 2015

Kenapa Pendidikan Soal Seks Penting?



Di Indonesia, pendidikan tentang seks masih tabu. Pendidikan ini dianggap melanggar moralitas atau sesuatu yang memalukan, nyatanya kehamilan di luar pernikahan dan pergaulan bebas angkanya terus naik dari tahun ke tahun.

Ada satu kejadian yang terjadi beberapa tahun yang lalu, membuatku berpikir betapa pentingnya pendidikan seks.

Saat itu aku dan beberapa temanku sedang duduk santai disebuah cafe, salah satu temanku membawa adik perempuannya yang masih duduk di bangku SMP, awalnya perbincangan masih hal-hal yang ringan saja sampai seorang temanku mengeluarkan candaan yang berbau seksual.

Satu temanku langsung mengatakan, "Hei ada anak kecil disini." sambil melihat ke arah adik temanku, "Aku minta maaf, kebawa saja." Ucap temanku yang melontarkan candaan itu.

Kalimat yang keluar berikutnya dari anak gadis ini membuatku tersedak saat minum, "Tidak apa-apa, aku sudah besar kok, aku suka oral seks."

Abangnya saat itu langsung histeris dan kami menjadi pusat perhatian di cafe tersebut. Setelah interogasi singkat, ternyata definisi dari oral seks yang adiknya maksud adalah berbicara tentang seks. Itu dia dapat dari teman sekelasnya.

Itu mungkin bisa menjadi sebuah kisah yang lucu, tetapi sebenarnya tidak juga. Kesalah pahaman tentang hal-hal yang berhubungan dengan seks membuat kejahatan seksual semakin tinggi. Pergaulan bebas juga terjadi sebagian besar karena keingintahuan remaja terhadap hal-hal seperti ini.

Jika memang masih mustahil untuk lembaga sekolah untuk memberikan pendidikan tentang seks pada anak usia dini, seharusnya keluarga bisa memberi pendidikan bukan hanya larangan tanpa alasan yang jelas. Sayangnya karena sebagian besar orang tua tidak mendapat pendidikan tersebut, mereka juga sulit memberikan pada anak-anak mereka.

Kurangnya pengetahuan tentang seks juga seringkali membuat remaja berpikir bahwa seks adalah bukti cinta atau suatu keharusan dalam hubungan percintaan. Hubungan intim seringkali disalah gunakan untuk kepuasan sesaat yang membuat kamu wanita dirugikan terutama di negara-negara timur seperti Indonesia karena virginitas masih sebuah nilai besar bagi seorang wanita di negara ini.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Pendidikan Seks penting?

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)