Senin, 05 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Anjing dan Serigala



Legenda dan Mitologi sepertinya adalah topik yang tidak pernah bosan untuk dibahas, karena itu aku membuat serial tulisan tentang Makhluk Mitologi dari seluruh dunia. Tulisan kali ini membahas tentang Makhluk Mitologi berwujud Anjing dan Serigala.

Adlet

Adlet adalah monster peminum darah. Mereka keturunan manusia dan anjing merah. Adlet atau Erqigdlet dalam mitologi Inuit dari Greenland, Labrador dan Pantai Teluk Hudson adalah makhluk yang luar biasa. Berdasarkan suku-suku pedalaman Amerika, Adlet berwujud setengah manusia, setengah serigala atau anjing.

Dalam mitologi Inuit, para Adlet selalu bertentangan atau bermusuhan dengan manusia. Dalam beberapa cerita, mereka kanibal atau pemakan sesama.

Akhlut

Dalam mitologi, Akhlut adalah roh yang mempunyai dua bentuk yaitu bentuk serigala dan orca. Akhlut adalah makhluk ganas dan berbahaya. Akhlut adlaah naga serigala dari laut menuju ke darat. Saat mereka terlihat berjalan ke laut atau ke darat maka bencana pun akan datang.

Amarok

Amarok adalah nama dari raksasa serigala dalam mitologi Seruit. Bentuknya besar bersayap lebar, bergigi besar dan tajam. Makhluk ini sering mengejar dan membunuh manusia yang berburu sendiri di malam hari. Tidak seperti serigala yang umumnya berburu secara berkelompok, Amarok berburu sendiri.

Cerberus

Berdasarkan mitologi Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala tiga yang menjaga pintu masuk ke Tartarus (dunia bawah atau alam gaib). Cerberus adalah anak dari Typon dan Echidna. Dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah.

Cerberus adalah anjing peliharaan Hades yang menjaga gerbang dunia bawah. Cerberus bertugas menjaga arwah agar tidak keluar dari dunia bawah sekaligus menjaga manusia agar tidak memasuki dunia bawah, walaupun ada beberapa pengecualian. Cerberus juga memiliki kemampuan melacak dan menemukan arwah-arwah yang melarikan diri.

Tugas kedua belas Hercules adalah menangkap Cerberus. Hercules mendatangi Hades dan meminta izin menangkap Cerberus. Hades mengizinkan asalkan Hercules tidak menggunakan senjata. Pada akhirnya Hercules berhasil membawa Cerberus pada Euristheus yang ketakutan dan menyuruh Hercules membawa pergi Cerberus. Hercules lalu mengembalikan Cerberus ke dunia bawah.

Cerberus pernah membiarkan beberapa manusia memasuki dunia bawah, diantaranya adalah Theseus dan Pirithos, Orfeus serta Pische. Orfeus menggunakan musiknya untuk menjinakan Cerberus sedangkan Psiche dapat lewat karena memberi kue manis pada Cerberus.

Fenrir

Dalam mitologi Nordik, Fenrir/Fenrisulfr/Hroovitnir atau Vanagandr adalah seekor serigala raksasa. Fenrir diceritakan dalam puisi Edda, kumpulan puisi yang dikumpulkan pada abad ke-13 dari sumber-sumber tradisional dan Prosa Edda serta Heimskringla yang ditulis pada abad ke-13 oleh Snorri Sturluson.

Dalam Puisi maupun Prosa Edda, Fenrir merupakan Ayah dari serigala Skoll dan Hati Hroovitnisson. Fenrir adalah anak dari Loki dan diramalkan akan membunuh dewa Odin dalam Ragnarok, tetapi Fenrir akan mati dibunuh oleh putra Odin, Vidarr.

Dalam Prosa Edda, ada informasi tambahan mengenai Fenrir, salah satunya adalah mengenai tindakan para dewa yang berusaha mengikat Fenrir. Tujuannya supaya hewan tersebut tidak menimbulkan bencana. Dalam usahanya mengikat Fenrir, Dewa Tyr kehilangan tangan kanannya akibat gigitan sang Serigala.

Lailaps

Dalam mitologi Yunani, Lailaps adalah seekor anjing yang tidak pernah gagal menangkap buruannya. Lailaps merupakan hadiah dari Zeus untuk Europa. Anjing ini kemudian diwariskan pada Raja Minos. Minos pun memberikan Lailaps pada Prokris dan Kefalos. Kefalos menyuruh Lailaps untuk memburu Rubah Teumessia, seekor binatang yang tidak pernah dapat ditangkap. Lailaps pun yang tidak pernah gagal menangkap mangsanya berusaha memburu hewan yang tidak pernah dapat ditangkap. Zeus kemudian melihat peristiwa ini dan mengubah kedua makhluk tersebut menjadi batu.

Orthrus

Dalam mitologi Yunani, Orthrus (Orthros, Orthos, Orthus, Orth dan Orphus) adalah anjing berkepala dua, yang juga merupakan saudara kembar dari Cerberus. Orthrus juga merupakan anak Thypon dan Echidna. Orthrus adalah milik Titan berkepala tiga yaitu Geryon. 

Orthrus dan tuannya Eurytion bertanggung jawab menjaga Geryon's Herd of Red Cattle di Erytheia (The Sunset Land of Erytheia), salah satu pulau dari Kepulauan Hesperides, bagian barat Mediterrania.

Hercules membunuh Orthrus, Eurytion, dan Geryon sebelum mengambil (sapi merah) untuk menyelesaikan salah satu tugasnya.

Rubah Teumessia


Dalam mitologi Yunani, Rubah Teumessia adalah rubah raksasa yang ditakdirkan tidak akan pernah dapat ditangkap. Anak dari Ekhidna ini dikirim oleh para dewa untuk memangsa anak-anak di Kota Thebes sebagai hukuman atas kejahatan kota tersebut. Kreon menyuruh Amfitrion untuk membunuh hewan ini. Amfitrion menggunakan Lailaps, anjing yang selalu dapat menangkap buruannya untuk menangkap Rubah Teumessia. Pemburuan dua hewan ini membuat Zeus mengubah keduanya menjadi batu.

Werewolves dan Lycan

Werewolves pada dasarnya adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk "berubah wujud" ke bentuk serigala. Werewolves mampu berubah berdasarkan keinginan sendiri atau dorongan dari luar, seperti bulan purnama.

Orang dapat menjadi Werewolves akibat gigitan dari Werewolves atau keturunan dari lahir. Werewolves memiliki regenerasi yang sangat hebat, sehingga mereka tidak menjadi tua, tetapi tidak membuat mereka abadi. Menusuk jantung atau otaknya dapat membunuh mereka.

Selain itu, juga terdapat manusia serigala yang dikenal dengan sebutan Lycan, Likan atau Likantrof yang merupakan sebuah mitos dari eropa kuno.Lycan adalah makhluk monster setengah manusia setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah wujudnya saat bulan purnama tiba dan kekuatan mistiknya mencapai puncaknya. Dalam mitologi, manusia serigala senantiasa akan memburu manusia dan barang siapa yang tergigit atau terkena cakarnya akan menjadi salah satu dari mereka. Lycan hanya dapat dibunuh dengan peluru perak.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)