Rabu, 14 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Burung


Pada bagian ini alam disajikan bebearapa makhluk yang berwujud burung

Feng Huang

Burung ini dari mitologi China seringkali disamakan dengan ZhuQue (Suzaku). Namun Feng Huang adalah raja burung, sedangkan Suzaku adalah makhluk spiritual yang masuk dalam mitologi China. Menurut legenda, Feng Huang muncul hanya pada zaman kemakmuran atau kelahiran pemimpin yang agung. Feng Huang merupakan penguasa dari musik China dan melambangkan loyalitas, keindahan, serta keadilan dari ajaran Konfusius.

    Fenghuang adalah sebuah spesies burung dalama mitologi China. Feng Huang Jantan Disebut Feng, sedangkan yang betina disebut Huang. Dalam masa sekarang perbedaan kelamin tersebut jarang dipakai. Feng Huang kerap ditemukan berpasangan dengan naga yang memiliki konotasi jantan. Di dunia barat, Feng Huang sering dihubungkan dengan Feniks.

    Pada masa China Kuno, Feng Huang dan naga sering digunakan pada dekorasi pernikahan atau keluarga ningrat. Dalam tradisi China, naga dan Feniks dianggap simbol dari hubungan mesra antara suami dan istri. Sebuah bentuk metafora antara Yin dan Yang.

    Jika Huang Long (naga china) melambangkan kaisar China maka Feng Huang melambangkan permaisuri. Gambar yang menunjukkan kebersamaan antara naga China dan Feng Huang menggambarkan konflik atau keharmonisan


Garuda

Garuda adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Garuda adalah dewa kecil yang menjadi tanggungan (wahana) Dewa Wisnu. Dewa Wisnu adalah salah satu Trimurti atau manisfesti bentuk Tuhan dalam agama Hindu.

    Garuda merupakan seekor burung mitologi, setengah manusia setengah burung. Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kasyapa dan Winata. Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya.

    Garuda digambarkan memiliki kepala, sayap, ekor, dan moncong burung elang. Sementara tubuh, tangan dan kaki berwujud manusia. Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan. Ukuran tubuhnya sangat besar sehingga dapat menghalangi matahari.

    Ia memiliki putra bernama Sempati (Sampati) dan istrinya adalah Unnati atau Winayaka. Menurut Kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kekabasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum Brahmana. Ia menelan seorang Brahmana dan istrinya. Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia memuntahkan lagi.

    Garuda dikatakan pernah mencuri Amerta dari para dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur berat dengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak.

Bangsa Jepang juga mengenal Garuda, yang mereka sebut Karura. Di Thailand disebut sebagai Krut atau Pha Krut.


Harpies


Harpies atau sering juga disebut Harpy. Dalam mitologi Yunani, Harpies (si perenggut) adalah makhluk berwujud setengah wanita cantik dan setengah burung. Harpies terkenal sebagai perenggut dalam kisah Raja Fianes. Mitos menceritakan bahwa Harpies suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk, dan meracuni makanan di desa-desa yang dilewatinya. Para Harpies yang umumnya tinggal di Strofades menculik orang-orang dan mengambil benda-benda berharga.

    Harpies adalah anak dari Thaumas dan Okeanid Elektra. Para Harpies adalah saudara dari Iris, putri dari Tifon dan Ekhida. Ada dua Harpies, yaitu Aillo dan Okipites. Walaupun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa ada Harpies ketika.

    Sepasang Harpies ditugaskan oleh Zeus untuk terus mencari makanan dari jangkauan Fineas, sehingga ia tidak pernah mampu menuntaskan rasa laparnya. Suatu hari para Argonaut tiba di tempat Fineas, Dua orang Argonaut (Zetes dan Kalais) yang mampu terbang berusaha mengejar Harpies. Usaha ini dihentikan oleh Iris yang berjanji bahwa para Harpies tidak akan lagi mengganggu Fineas.


Jatayu

Jatayu adalah tokoh protagonis dari Wiracerita Ramayana. Putra dari Aruna dan keponakan dari Garuda ini adalah saudara dari Sempati. Ia adalah burung yang melihat saat Dewi Sita diculik oleh Rahwana. Ia berusaha melawan, namun kalah bertarung dan akhirnya mati. Namun, saat masih sekarat sempat melaporkan kepada Sri Rama bahwa Dewi Sita (Dewi Shinta) diculik.


Karura
Karura adalah seekor makhluk besar yang memiliki nafas panas dan merupakan bagian dari mitologi Hindu-Buddha di Jepang. Makhluk ini memiliki tubuh manusia dan kepala elang. Nakhluk ini terkenal seiring dengan penyebaran agama Buddha di Jepang. Dalam bahasa Jepang ‘Karura’ berarti Garuda. Namun, diperkirakan ‘Karura’ ini diambil dari bahasa Pali, yaitu ‘Garula’ Dalam mitologi, Karura seringkali dihubungkan derngan Hoo atau Phoenix.


Kinnara

Kinnara adalah makhluk surgawi berwujud setengah manusia setengah burung dalam mitologi Hindu dan Buddha. Meraka pandai memainkan alat-alat musik, seperti veena atau kecapi.

    Kinnara berjenis kelamin wanita disebut Kinnari. Kinnari berwujud wanita cantik dari kepala sampai pinggang, tetapi bagian tubuh ke bawah berwujud angsa. Mereka pandai bersyair, memainkan alat musik, dan menari. Mitologi tentang Kinnara banyak muncul di wilayah Asia Tenggara, khususnya yang mendapat pengaruh Hindu dan Buddha, seperti Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Indonesia. Di Candi Borobudur, Indonesia, terdapat relief yang menggambarkan Kinnara. Relief Kinnara juga dapat ditemukan di Candi Mendut, Pawon, Sewu, Sari, dan Prambanan.


Phoenix

Phoenix adalah burung api legendaris yang mirip seekor elang, tetapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang di angkasa. Phoenix berasal dari matahari.

    Phoenix banyak muncul di berbagai mitologi, seperti di Mesir dia disembah sebagai simbol dari Ra, dewa matahari. Dalam mitologi Mesir, Phoenix adalah burung api. Dia digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis, kemudian terbakar. Phoenix musnah oleh api, tetapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500 – 1461 tahun. Air mata Phoenix dipercaya dapat menyembuhkan luka.

    Phoenix juga muncul dalam mitologi Yunani sebagai hewan suci. Di jepang, Phoenix dipercaya salah satu dari empat binatang suci (Suzaku). Ada juga yang perca bahwa Garuda dan Phoenix adalah sama

Mitologi burung api diberbagai negara:
Bennu, Mesir Kuno
Huma, Persia
Simugh, Persia
Zhar-Ptitsa, Rusia
Feng Huang, China
Karura, Jepang
Phoenix, Mesir



Stimfalia

Dalam mitologi Yunani, burung Stimfalia (Stymphalian Bird) adalah sekawanan burung pemakan manusia dengan paruh dari perunggu dan bulu dari logam. Burung ini adalah hewan peliharaan Ares, dewa perang. Kotoran mereka sangat beracun.

    Mereka berpindah ke Danau Stimfalia di Arkadia untuk menghindari sekawanan serigala. Burung ini berkembang biak dengan cepat dan menghancurkan tanaman adn buah-buahan di daerah tersebut. Menurut beberapa sumber, burung ini juga adalah burung yang menyerang Argonaut. Mengusir burung ganas ini merupakan salah satu tugas dari Hercules.


Strix

Strix adalah burung pembawa pertanda buruk dalam legenda Romawi Kuno. Strix digambarkan memakan daging dan darah, seperti vampir. Namun, Strix bukan roh jahat atau mayat hidup, melainkan hasil dari perubahan wujud. Strix sering digambarkan sebagai burung hantu. Kehadiran dan suara burung hantu mempengaruhi orang Romawi dan menciptakan mitos ini.


Suzaku

Suzaku dikenal dengan sebutan Vermillion Bird yang merupakan sala satu “simbol empat” dari mitologi China. Menurut Wu Xing, ia mewakili elemen api, arah selatan, dan musim panas, sehingga kadang-kadang disebut Vermillion Bird of South (Nan Fang Zhu Que) dan juga dikenal Suzaku di Jepang dan Jujak di Korea. Hal ini sering salah artikan untuk Feng Huang karena kesamaan dalam rupa, tetapi sebenarnya adalah dua makhluk yang berbeda. Feng Huang adalah raja burung, sedangkan Vermillion Bird adalah makhluk mitologi China.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)