Rabu, 14 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Gorgon







Gorgon adalah tiga makhluk perempuan berambut ular hidup. Legenda mengatakan, jika seseorang melihat muka Gorgon maka akan berubah menjadi batu. Ketiga gorgon itu adalah Stheno, Euriale, dan Medusa.

Stheno dan Euriale adalah mahkluk abadi, sedangkan medusa tidak. Para Gorgon tinggal di Sarpedon, sebuah pulau berbatu. Stheno adalah Gorgon yang paling buas dan ganas, sedangkan Euriale memiliki tangisan yang menakutkan.

    Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa. Ia merupakan satu-satunya wanita yang paling besar diantara tiga bersaudara. Gorgon digunakan masyarakan Yunani sebagai simbol kejahatan.


Euryale

Euryale adalah salah satu anak Gorgon dari tiga bersaudari. Sama halnya dengan saudarinya, Euryale mampu mengubah makhluk menjadi batu hanya dengan melihatnya. Euryale hidup kekal (immortal) tidak seperti Medusa yang dibunuh oleh Perseus. Euryale terkenal dengan tangisannya yang sangat keras, terutama saat mengetahui saudarinya, Medusa, dibunuh oleh Perseus


Medusa

Medusa sendiri pada awalnya adalah seorang gadis cantik dan merupakan pendeta wanita di kuil Athena. Kecantikan Medusa menarik perhatian Poseidon. Dia merayu Medusa di kuil Athena. Hal ini membuat Athena sangat marah. Ia lalu mengubah Medusa menjadi Gorgon maka sang Dewi pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.

    Dirasa hukumannya belum cukup, Athena membantu Perseus untuk memburu dan membunuh Medusa. Medusa dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. Dengan bantuan Athena dan Hermes, yang memberinya sandal bersayap, helm gaib, pedang, dan perisai cermin, Perseus berhasil melaksanakan tugasnya. Perseus pun membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di perisai, agar tidak mengubahnya menjadi batu. Setelah itu, Perseus memisahkan kepala Medusa dari tubuhnya. Ketika Perseus memisahkan kepala Medusa dari tubuhnya, anak Medusa ( Pegasus dan Chrysaor ) dengan Poseidon terkuak karena keluar dari tubuh Medusa. Saat perseus membawa jasad kepala Medusa untuk diserahkan kepada Polidektes, darah Medusa jatuh di Padang Pasir Lybian dan berubah menjadi ular.

    Setelah Perseus menyelesaikan tugas dan membalas perbuatan Polidektes dengan mengubahnya menjadi batu, sang pahlawan menyerahkan kepala Medusa kepada Athena untuk kemudian dipasang pada Aegis (perisai milik Dewi Athena).


Stheno
Stehno adalah anak Gorgon tertua dari tiga bersaudari. Stheno lahir di sebuah gua di bawah Gunung Olympus. Ia juga hidup kekal sama halnya dengan Euryale. Di antara mereka bertiga, Stheno adalah pembunuh terbanyak, sekalipun dari total hasil bunuhan Euryale dan Medusa.



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)