Rabu, 14 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Griffin


Griffin atau Gryphon adalah hewan mitologi yang memiliki sayap elang, kaki singa, dan kepala rajawali. Griffin berasal dari dataran Hiperborea. Disebut sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk Dewa Apollo dan Griffin juga merupakan hewan penjaga matahari. Makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan.

Layaknya singa, makhluk ini menjadi “Raja hewan buas” dan sebagai burung rajawali, ia menjadi “raja di udara”. Oleh sebab itu, Griffin merupakan penggambaran makhluk yang paling berkuasa atas kedua hal tersebut dan dijuluki sebagai “raja hewan buas dan penguasa udara”. Dalam bahasa Akkadian, makhluk bertubuh singa, berkepala dan bersayap rajawali ini lebih dikenal dengan sebutan Kuribu. Kata ‘kuribu’ berasal dari kata ‘karabu’. Dari kata ‘kuribu’ ini kemudian muncul kata’keruv’(dalam bahasa inggris:cherub) yang digunakan dalam teks-teks Alkitab untuk menggambarkan makhluk surga yang bersayap. Di dalam tradasi Yunani, makhluk ini digambarkan sebagai makhluk yang cukup berbahaya dan tinggal di gunung-gunung.

Griffin juga dikatakan penjelmaan dari Nemesis, dewa balas jasa yang memutar roda keberuntungan.



Hippogrif

Hippogrif adalah makhluk legendaris yang masih berkerabat dekat dengan Griffin. Mskhluk ini seringkali dilukiskan sebagai makhluk yang berwujud setengah burung rajawali atau elang, dan setengah kuda. Kepala dan badan depannya menyerupai Rajawali, sedangkan tubuh bagian belakangnya berupa tubuh dan kaki kuda. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil perkawinan antara kuda dan Griffin.

Hippogriff memang seperti Griffin, tetapi ia lebih jinak sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Dalam dongeng-dongeng dan kisah fiksi fantasi, Hippogriff sering berperan sebagai peliharaan atu kendaraan kesatria maupum tukang sihir.


Opinicus

Opinicus atau Epimacus merupakan hewan yang meiliki hubungan keluarga dengan Griffin. Menurut ilmu Heraldik (persimbolan/keturunan) Opinicus memiliki tubuh singa dan empat kaki. Kepala dan sayapnya merupakan kepala dan sayap elang. Bedanya opinicus memiliki ekor unta. Terkadang, ada juga Opinicus yang tidak memiliki sayap.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)