Rabu, 14 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Ikan


Dalam bagian ini disajikan bebarapa makhluk mitologi yang lebih menyerupai wujud ikan walaupun “dikombinasikan” dengan makhluk lainnya.


Bake-Kujira

Pada suatu ketika, sesosok tengkorak ikan paus muncul di Perairan Pefektur Shimane, dengan dipandu oleh seekor ikan aneh dan kumpulan burung. Orang jepang biasa memyebutnya Bake-Kujira. Beberapa nelayan yang melihat mencoba melemparkan tombak ke arahnya, tetapi tidak berpengaruh apapun. Hantu ikan paus tersebut kabarnya terus menyusuri perairan Jepang dengan keanehan-keanehan lainnya.


Ketos

Ketos adalah makhluk laut dalam mitologi Yunani, bertubuh mirip ular dan berekor seperti ikan. Selain itu, makhluk ini sering kali digambarkan memilki kaki depan seperti singa, kuda, dan terkadang juga seperti sirip ikan. Di dalam literatur-literatur klasik Yunani yang juga menyinggung tentang perang Trojan, Ketos digambarkan membawa Nereid, putri dari Nereus sang dewa laut, kepada Akhilles, putra dari Thetis. Selain penggambaran di dalam literatur-literatur klasik, Ketos juga digunakan sebagai simbol laut, ketika digambarkan bersama sosok dewa laut.

    Didalam tradisi Yahudi juga digunakan di dalam Alkitab, makhluk ini digambarkan sebagai binatang raksasa laut, sebagai ikan besar, maupum Leviatan. Bersama dengan banjir, Ketos dikirim oleh Poseidon untuk menghancurkan sebuah desa akibat kemarahnnya kepada Hesione, putri dari raja Troy, Laomedon.


Makara

Makara dalam mitologi Hindu adalah makhluk yang berwujud ikan berkepala gajah, seperti yang sering dilukiskan dalam candi-candi di Indonesia, khususnya di Bali dan Jawa. Orang Bali menyebutnya Gajah Mina, yang secara harfiah berarti “ikan gajah”. Kadangkala Makara dilukiskan sebagai makhluk berwujud separuh kambing dan separuh ikan sebagai simbol Capricornus dalam zodiak.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)