Kamis, 15 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Kuda







Terdapat cukup banyak makhluk mitologi yang menyerupai kuda, diantaranya adalah Centaurus, Pegasus, dan Unicorn.


Areion

Dalam mitologi Yunani, Aerion adalah kuda abadi keturunan dewa. Areion lahir dari pasangan Demeter dan Poseidon. Demeter berusaha melarikan diri dengan berubah menjadi kuda betina dan bersembunyi diantara kawanan kuda, tetapi Poeidon mampu melihat penyamaran Dementer. Poseidon lalu berubah menjadi kuda jantan dan mengawini Demeter. Dari hubungan tersebut lahirlah Areion yang larinya sangat cepat dan mampu berbicara bahasa manusia.


Centaurides

Dalam mitologi Yunani, Centaurides adalah Centaurus yang berjenis kelamin perempuan. Centaurides yang paling dikenal adalah Hilonome, istri Centaurus Killaros. Hilomone diceritakan oleh penyair Romawi, Ovidius, dalam karyanya Metamorphase. Meskipun jarang disebutkan dalam sastra Yunani, Centaurides ering digambarkan dalam seni Yunani dan juga mosaik Romawi.


Centaurus

Centaurus merupakan makhluk legenda berwujud kuda. Dalam mitologi Yunani, centaurus, (kadang juga Kentauros) adalah putra dari Iksion dan Nefele, Centaurus adalah saudara Lapithos, yang merupakan pendiri suku Lapith. Centaurus terlahir sebagai pemuda cacat dan tidak merasa nyaman tinggal bersama manusia. Dia lebih suka berada bersama kuda-kuda betina (Magenesia) digunung Pelion. Hubungan Centaurus dengan kuda-kuda ini melahirlah ras Centaur, yang berwujud setengah manusia setengah kuda.

    Menurut mitos, Centaurus hidup bersembunyi di dalam gelapnya hutan. Mereka memburu hewan seperlunya, serta berusaha sebisa mungkin untuk tidak tampil mencolok. Seluruh ras Centaurus adalah jantan. Mereka bereproduksi dengan menculik manusia perempuan kemudian ditawan sampai dia melahirkan. Setelah bayi Centaurus lahir, para wanita dikembalikan lagi ke desa masing-masing. Dalam beberapa mitologi juga terdapat Centaurus wanita, tetapi jumlahnya dsedikit.

    Centaurus sangat mahir dalam menggunakan panah serta lembing. Kecerdasan serta kebijakannya konon lebih unggul dari manusia. Hal inilah yang membuat mereka merasa arogan dan lebih senang hidup di hutan

    Para pemburu biasanya memburu Centaurus untuk diambil jantungnya. Centaurus memiliki dua jantung. Jantung (pada bagian tubuh manusia) memiliki efek kamuflase serta kemampuan kepada yang memakannya. Sementara jantung yang ada di tubuh kuda, membuat yang memakannya mampu berlari 3 hari 3 malam tanpa rasa lelah.

    Ceiron (Kheiron) adalah nama salah satu Centaurus yang paling terkenal dalam mitologi Yunani. Ceiron adalah anak dari Cronos ketika ia berwujud seekor kuda. Silsilah Ceiron ini berbeda dengan para centaurus lainnya yang lahir dari matahari dan awan hujan. Ceiron pandai karena diajari oleh Apollo dan Artemis ketika masih muda. Tidak seperti Centaurus lain yang gemar mabuk-mabukan, liar, dan tidak berbudaya, Ceiron justru adalah Centaurus yang cerdas, beradab, dan baik hati. Ceiro adalah guru bagi banyak pahlawan karena pengetahuan dan keahliannya dalam pengobatan, astrologi, pertarungan, juga kebijaksanaannya. Beberapa pahlawan yang pernah menjadi muridnya adalah Asklepios, Aristaios, Aias, Aineias, Aktaioon, Kaineus, Theseus, Akhilles, Lason(Jason), Peleus, Telamon, Herkules (Hercules) , Oileus, Foiniks, dan dalam beberapa cerita, Dionisos. Menurut Ptolemaios Khennos, Dionisos belajar menyanyi dan menari dari Ceiron.

    Menurut legenda, Hercules tewas di tangan Centaurus bernama Nessus ketika sang Centaurus berusahamerebut istrinya. Dan, Sagitarius merupakan contoh Centaurus yang dipasang Hera untuk menghiasi langit sebagai sebuah rasi bintang.


Hippocampus

Hippocampus (kadang disingkat hanya Hippocamp) adalah makhluk mitologi yunani yang berwujud kuda air. Bagian depan tubuh makhluk ini berbentuk kuda dan bagian belakang ikan. Hippocampus sering digambarkan memiliki sisik berwarna hijau dan juga sirip. Poseidon menggunakan dua atau empat ekor Hippocampus untuk menarik keretanya melintasi lautan. Orang Yunani Kuno percaya bahwa Hippocampus merupakan makhluk dewasa dari kuda laut.


Kirin

Kirin atau Qilin adalah makhluk setengah kuda setengah naga. Awalnya berasal dari mitologi China, tetapi menyebar ke seluruh asia Timur. Dalam mitologi China, Kirin adalah hewan suci yang memiliki sifat baik, tetapi kirin mampu menjadi hewan yang liar dan mengerikan saat terancam. Kirin hanya muncul pada tempat-tempat yang dikuasai oleh penguasa yang baik dan bijaksana.


Mares of Diomedes

Dikenal juga dengan nama Mares of Thrace, merupakan empat kuda pemakan manusia. Kuda ini liar dan tidak terkendali. Mereka dimilki oleh raksasa bernama Diomedes. Selain itu, mereka juga memiliki nafas api. Bucephalus, kuda raja Alexander Agung disebut sebagai keturunan kuda-kuda ini.

    Ada berbagai versi mengenai bagaimana Hercules menangkap makhluk-makhluk ini, tetapi tiap versi memiliki kesamaan, yaituHercules memberi makan kuda-kuda tersebut dengan pemiliknya sendiri yaitu Diomedes.


Pegasus

Pegasus adalah seekor kuda jantan yang memiliki sayap putih lebar dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah anak Medusa dan Poseidon. Dalam mitologi Yunani disebutkan bahwa Pegasus lahir dari darah Menusa saat Perseus memenggal kepalanya.

    Satu-satunya manusia yang mampu menunggangi Pegasus adalah Bellerofon. Bellerofon mampu menjinakkan pegasus setelah memperoleh tali kekang emas dari Dewi Athena. Bellerofon menunggangi Pegasus dalam berbagai petualangannya, misalnya ketika membunuh Chimera, mengalahkan kaum Solimi, dan melawan bangsa Amazon. Suatu ketika Bellerophon inging menerbangkan Pegasus ke Gunung Olympus, sehingga para dewa menghukumnya dan dia dihempaskan oleh Zeus. Namun, Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di Gunung Olympus, disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

    Pegasus banyak dijumpai di dalam karya-karya seni, baik Yunani, Romawi maupun Mesopotamia, kata ‘egasus’ kini digunakan untuk merujuk kepada segala macam kuda bersayap secara umum.


Polkan

Polkan atau Palkan ( dari bahasa Italia, ‘Pulicane’) adalah makhluk setengah manusia setengah kuda ( dalam beberapa variasi setengah anjing) dari cerita rakyat dan legenda Rusia. Polkan sangat kuat dan cepat. Polkan pertama muncul sebagai musuh Bova Korolevich, tetapi kemudian menjadi sahabat dan sekutunya.

    Polkan berasal dari Pulicane, makhluk setengah anjing dari syair Andrea de Barberino, i Reali di Francia yang ternal di daerah-daerah Slavia.


Uccaihsrawa


Dalam mitologi Hindu, Uccaihsrawa atau Ucaisrawas, terkadang disebut On-cersrawa adalah seekor kuda putih berkepa tujuh milik Dewa Indra. Kuda tersebut muncul saat pengadukan “lautan susu”. Cerita tersebut muncul dalam kitab Adiparwa. Warna Uccaihsrawa menjadi bahan taruhan antara Winata (ibu Garuda) dan Kadru (ibu para ular). Akhirnya, ekor kuda Uccaihsrawa menjadi hitam karena disemprot oleh bisa para naga.


Unicorn

Unicorn biasanya digambarkan sebagai kuda degnan tanduk yang panjang di kepalanya, tetapi aslinya mempunyai jenggot seperti kambing, ekor singa, dan kuku yang membelah. Biasanya bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral.

    Unicorn adalah satu-satunya makhluk legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan sebagai makhluk yang halus, kata ‘cornus’ dalam bahasa Latin dihubungkan dengan kata ‘horn’ yang berarti tanduk. Tanduknya dikatakan mampu menetralkan racun. Darah Unicorn merupakan obat yang mujarab dan mampu membuat hidup abadi. Unicorn pertama kali diketahui ketika masa peradaban lembah indus (3300-1700 SM). Unicorn dianggap sebagai lambang kepolosan dan kesucian.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)