Jumat, 16 Oktober 2015

Makhluk Mitologi Sedunia : Makhluk Kerdil








Di berbagai belahan dunia, sangat banyak mitos mengenai makhluk kerdil. Bahkan kemungkinan besar apa yang disebut tuyul.

Abatwa

Abatwa adalah simbol perdamaian dan ketentraman bagi orang Afrika. Makhluk dengan ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan manusia dewasa ini sangat pemalu dan hanya mau menampakkan diri pada anak-anak balita, penyihir, dan perempuan hamil. Seorang perempuan hamil yang melihat Abatwa perempuan, dapat memastikan bahwa kelak akan melahirkan anak laki-laki. Begitu pula sebaliknya, jika ia melihat Abatwa laki-laki maka kelak akan mendapatkan bayi perempuan.


Agogwe

Agogwe adalah mahluk seperti manusia dan berukuran sangat kecil, mirip kurcaci. Makhluk ini sering ditemukan di Timur Afrika.

    Di sekitar Gunung Kerinci ada istilah dengan nama (Uhang Pandak) orang pendek. Orang pendek sendiri adalah hewan kriptid asal Sumatera dan telah dikenal sejak 100 tahun lalu oleh penghuni hutan, penduduk, kolonis belanda, dan ilmuwan. Penelitian menyebutkan bahwa orang pendek adalah primata berjalan yang meiliki tinggi badan antara 80-150 cm.


Domovoi

Domovoi adalah roh jahat yang menghuni rumah dalam cerita rakyat Slavia. Domovoi adalah makhluk jantan, berukuran kecil, dan kadang-kadang tubuhnya ditutupi rambut. Menurut beberapa tradisi, Domovoi mengambil wujud pemilik rumah saat itu taupun pemilik rumah sebelumnya. Ada kisah ketika tetangga melihat pemilik rumah di halaman, padahal sebenarnya sang pemilik rumah sedang tidur di kamarnya. Domovoi juga mampu berubah menjadi kucing atau anjing.


Dwarf

Dwarf adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman yang biasanya juga disebut dengan kurcaci. Dalam mitologi, penggambaran Dwarf seperti manusia, tetapi berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Disana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga pembuat senjatadan tukang besi yang handal. Mereka biasanya memperdangkan barang-barang dari logam. Penggambaran  Dwarf muncul dalam film The Lord of The Ring.

    Meskipun lari mereka lambat dan tidak mahir menunggang kuda, mereka mampu mempertahankan daerah kekuasaan dengan baik. Beberapa legenda menyebutkan bahwa mereka mahir dalam menciptakan barang-barang pusaka. Dalam mitologi Nordik, mereka menciptakan rantai pusaka yang mampu mengikat serigala ganas, Fenrir.


Gnome

Gnome muncul dalam dongeng-dongeng Jerman, termasuk dongeng karangan Grimm bersaudara, sebagai orang tua bertubuh kecil yang hidup di bgawah tanah untuk menjaga harta karun. Gnome juga muncul dalam kebudayaan negara Eropa lainnya sebdengan berbagaima seperti Kaukis dari Prusia; Barbagazi, makhluk mirip Gnome dengan kaki besar dalam ccerita rkayat Perancis Swiss; serta Vaettir, Sejenis Gnome dari Islandia.

    Kata’Gnome’ dihubungkan denga kata ‘gnomus’ (bahasa latin). Seringkali disamakan dengang kata ‘gnossis’ (bahasa Yunani), yang berarti pengetahuan tetapi asala kata yang lebih cocok adalah ‘genomos’ yang berarti “penghuni bawah tanah”

    Gnome adalah makhluk legendaris yang berukuran sangat kecil dan hidup di bawah tanah. Menurut Paracelcus, Gnome merupakan makhluk supernautural yang hidup dari unsur tanah. Mesikipun kecil mereka mampu berjalan dengan mudah mengikuti langkah seorang manuisia. Mereka biasanya memakai topi kerucut, dan sinar matahari dapat  mengubah mereka menjadi batu. Dalam beberapa kisah, mereka sering dilukiskan sebagai makhluk yang sangat kecil, mukanya jelek, dan diidentikkan sebagai bangsa peri Goblin. Mereka memiliki kekuatan ajaib untuk membuat orang merasa senang atau sedih. Ada juga yang menyebutkan bahwa Gnome adalah makhluk katai.


Kobold

Kobold adalah makhluk legendaris yang hidup dalam gua-gua atau dnia bawah tanah dalam mitologi Jerman. Kata ‘Kobold’ dakam bahasa Jerman berarti ‘jiwa jahat’, dan makhluk ini disamakan dengan Goblin dalam cerita rkayat dan dongeeng Inggris. Kobold merupakan makhluk yang berukuran kecil, penghuni tambang-tambang. Kobold merupakan makhluk yang sejenis dengan Leprechaun atau Gnome.

    Kata ‘kobold’ sering diterjemahkan sebagai Leprechaun. Menurut kepercayaan, unsur Kobalt berasal dari kata ’kobold’, dan diyakini merupakan unsur yang diciptakan oleh Kobold dengan mencampur logam dan ramuan sihir yang lain.





0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)